Sukses

Acer Perkenalkan Notebook Mini dengan Prosesor AMD Tercanggih

AMD menggabungkan Central processing unit (CPU) dan Graphics Processing Unit (GPU) pada satu chip.

Tak hanya merilis jajaran perangkat hybrid, vendor komputer asal Taiwan Acer juga baru saja memperkenalkan notebook varian terbaru yang telah mendukung navigasi layar sentuh. Dengan nama Acer Aspire V5-112 Mini Touch, produk ini merupakan perangkat notebook pertama di dunia yang telah dibekali prosesor AMD generasi ketiga yaitu AMD Elite Mobility A6 quadcore APU. 

Acer menghadirkan V5 Mini Touch ini dengan kinerja optimal layaknya sebuah notebook, namun tetap memiliki keunggulan portabilitas karena mengusung desain berdimensi tipis dan ringan. Dengan ketebalan hanya 21,2 mm (rata-rata notebook 30 mm) dan bobot 1,4 Kg, V5 Mini Touch yang memiliki bentang layar seluas 11,6 inci ini diproyeksikan untuk menyasar segmen pengguna yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.

"Dengan notebook V5 Mini Touch ini kami berusaha menyediakan alternatif perangkat komputasi yang mengisi celah kosong antara tablet hybrid dan ultrabook. Dengan portabilitas layaknya tablet dan kinerja yang cukup bersaing dengan ultrabook, kami menyasar pasar pengguna yang memiliki tingkat mobilitas tinggi dengan budget terbatas," kata Hermanto Sung, Consumer Brand Manager Acer Indonesia, di acara konferensi pers yang berlangsung di Jakarta sore ini (30/5/2013).

Di sisi performa, menurut Victor Herlianto selaku Consumer Business Lead AMD Asia Pasific, keunggulan dari prosesor terbaru AMD yang disematkan pada V5 Mini Touch terletak pada konsep arsitekturnya. AMD menggabungkan Central processing unit (CPU) dan Graphics Processing Unit (GPU) pada satu chip.

Patut diketahui, di dalam prosesor AMD Elite Mobility A6 APU ini telah tersedia secara built-in GPU AMD Radeon Graphics D8250 untuk menyokong kebutuhan garfis mumpuni.

"Prosesor generasi ketiga kami, seri AMD Elite Mobility menggunakan konsep APU yang menggabungkan CPU dan GPU pada satu chip. Hal ini memungkinkan vendor untuk merancang perangkat yang memiliki daya tahan baterai lebih kuat. Selain itu, dengan satu chip, perangkat bisa memiliki tampilan modern dan ramping," jelas Victor.

Selain itu, Victor juga mengklaim bahwa baik CPU maupun GPU yang digunakan pada notebook terbaru besutan Acer ini serupa dengan komponen CPU dan GPU yang digunakan pada konsol game next-gen seperti Xbox One dan Sony PlayStation 4. 
 
Acer Aspire V5-122 Mini Touch yang hadir dengan sistem operasi Windows 8 rencananya akan segera dirilis untuk pasar Indonesia pada bulan Juni 2013 mendatang. Banderol harga sekitar Rp 5,699 juta. (dhi/gal/*)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.