Sukses

Bongkar 3 Teknologi iQOO 11 untuk Hasilkan Performa Mumpuni

iQOO mengungkap tiga teknologi yang dibenamkan pada iQOO 11 untuk menghasilkan performa mumpuni.

Liputan6.com, Jakarta - iQOO 11 resmi menjadi smartphone perdana iQOO untuk pasar Indonesia. Smartphone ini dijadwalkan meluncur pada 8 Desember 2022.

Menjelang peluncurannya, iQOO mengungkap smartphone ini disokong dengan tiga teknologi terkini untuk menghasilkan performa mumpuni, seperti chipset Snapdragon 8 Gen 2, LPDDR5X, dan UFS 4.0. iQOO 11 diklaim sebagai smartphone pertama yang menggunakan tiga teknologi tersebut.

Selain itu, berdasarkan hasil benchmark di AnTuTu mendapatkan skor 1.323.820. Dengan kata lain, iQOO disebut akan menjadi smartphone Android dengan skor benchmark tertinggi di Indonesia.

"Powerful performance selalu menjadi fondasi dari produk flagship iQOO, karena penting untuk mendukung aktivitas berat pengguna mulai dari multitasking hingga bermain game," tutur Head of Product iQOO Indonesia Praditya Putra dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (8/12/2022).

Sebagai informasi, Snapdragon 8 Gen 2 pada iQOO 11 mengadopsi teknologi proses 4nm TSMC dengan efisiensi kerja hingga 40 persen. Chipset ini juga hadir dengan RAM LPDDR5X baru untuk menghadirkan start-up dan cache speed lebih cepat.

Memori LPDDR5X memiliki kecepatan teoritis hingga 8.533Mbps, 33 persen lebih tinggi dari LPDDR5 generasi sebelumnya, dan konsumsi daya juga lebih hemat. Lalu, dibandingkan dengan UFS 3.1 yang menggunakan Solvit Controller, teknologi UFS 4.0 di iQOO 11 telah ditingkatkan kemampuannya dengan Serra Controller.

Berbekal kemampuan tersebut, sequential write speed pada UFS 4.0 meningkat hingga 100 persen dengan kecepatan mencapai 4200Mbps. Semua aktivitas pun dapat dieksekusi dengan daya 40 persen lebih hemat.

"Dengan 3 Powerful Iron Machine ini, iQOO 11 akan menjadi sebuah monster performance yang memberikan pengalaman menakjubkan kepada pengguna," tutur Praditya. Rencananya, peluncuran smartphone ini akan dilakukan melalui kanal YouTube resmi iQOO.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Melihat iQOO 11 Lebih Dekat, Bakal Meluncur di Indonesia 8 Desember 2022

iQOO memastikan akan meluncurkan smartphone perdananya untuk pasar Indonesia, yakni iQOO 11. Rencananya, smartphone ini akan diperkenalkan secara resmi pada 8 Desember 2022.

Meski belum diperkenalkan secara resmi, iQOO sudah mengungkap penampakan smartphone ini ke publik. Salah satu desain yang ditunjukkan merupakan hasil kolaborasi dengan BMW Motorsport.

<p>Tampilan iQOO 11 yang akan meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Desain itu menampilkan garis ikonik dari BMW motorsport yang berada di atas bodi berwarna putih. Menurut iQOO Brand Team Robiat Pahlevi, kolaborasi dengan BMW motorsport menjadi bentuk pendekatan yang dilakukan iQOO untuk merengkuh pasar Indonesia.

<p>Tampilan iQOO 11 yang akan meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Selain warna putih dengan balutan garis ikonik BMW motorsport, iQOO 11 juga tersedia dalam pilihan warna hitam. 

 "Kami kombinasikan semangat kami yang menunjukan iQOO fokus pada performa tinggi, tanpa meninggalkan sisi premium yang mana kami bekerja sama dengan BMW Motorsport. Sisi itu yang ingin kami rengkuh di pasar Indonesia," tutur Robiat melanjutkan.

3 dari 5 halaman

Bocoran Spesifikasi iQOO 11 5G, Seperti Apa?

Seperti diketahui, iQOO (baca: Aiku) sedang bersiap untuk meluncurkan HP Android terbarunya, iQOO 11 5G, secara global, termasuk di Indonesia.

Setelah teaser kehadiran iQOO 11 5G ini lewat akun media sosial mereka, diketahui ponsel ini sudah mengantongi sertifikat TKDN dari Kemenperin dan Kominfo.

Jelang peluncurannya tersebut, beredar bocoran tentang spesifikasi iQOO 11 5G di internet.

Meski sudah dikonfirmasi ponsel flagship-nya tersebut akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2, iQOO masih tutup mulut tentang spesifikasi hardware lainnya.

Kini, bocoran informasi spesifikasi HP iQOO 11 5G pun sudah marak beredar di internet via aplikasi benchmark Geekbench. 

4 dari 5 halaman

Spesifikasi iQOO 11

Adapun ponsel yang terdaftar di Geekbench menggunakan RAM 12GB--kemungkinan RAM LP-DDR5X, dan menggunakan memori UFS 4.0.

Dikutip GSM Arena, Selasa (22/11/2022), iQOO 11 5G menggunakan layar Samsung E6 berukuran 6,78 inci dan beresolusi 1,440 x 3,200 piksel.

Layar HP iQOO ini sudah mendukung refresh rate 144Hz dan sensitivitas hingga 300Hz. Dalam hal kamera, seri 11 ini tampil dengan kamera utama 50MP.

Sementara lensa lainnya, termasuk 13MP (ultra wide) dan 8MP (makro). Untuk keperluan selfie, perusahaan menyematkan sensor 16MP.

Berdasarkan bocoran sebelumnya, iQOO 11 5G menggunakan baterai berkapasitas 5,000mAh dan sudah mendukung kemampuan fast charging 120W.

Disebutkan, iQOO 11 5G akan tersedia dalam dua pilihan warna tempa balap, yaitu Isle of Man Edition dan Track Edition. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.