Sukses

Hasil IESF 2022 Mobile Legends: Timnas Indonesia Taklukkan Filipina

Timnas MLBB Indonesia berhasil menumbangkan tim Filipina dengan skor 2-0, dalam laga menegangkan World Esports Championships 14th Bali 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional (Timnas) Indonesia meraih kemenangan pertamanya pada nomor Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) di laga World Esports Championships 14th Bali 2022.

Timnas yang diwakili oleh Evos Legends ini berhasil menumbangkan tim Filipina dengan skor 2-0, dalam laga menegangkan IESF 2022.

Adapun anggota timnas diisi oleh Jabran “Branz” Wiloko, Adriansyah “Claw” Baihaqi, Darrel “Tazz” Jovanco, Rizqi “Saykots” Awandi, Dalvin “Hijume” Ramadhan, dan Rachmad “DreamS” Wahyud

Pada awal pertandingan, timnas Tanah Air mendapatkan tekanan dari Filipina yang diwaliki oleh Tim Blacklist.

Tidak ingin terbawa gaya permainan dari timnas Filipina, Branz dkk pun bermain lebih sabar dan mengatur strategi terbaik yang telah disiapkan oleh Coach Zeys.

Pertarungan kedua tim berlangsung sengit, sebelum Filipina mengambil alih kendali, dimana Villaluna dan tim mampu mendominasi permainan.

Mendapatkan roaster hero yang sesuai, tim Filipina terus menekan DreamS dkk hingga menit ke-7 unggul dengan 6 jumlah kill.

Baru dimenit kesembilan, timnas Indonesia mulai bangkit dan mengejar ketertinggalan dengan mengalahkan dua player lawan dan memimpin jalannya pertandingan hingga memenangkan babak pertama.

Babak kedua, timnas langsung memulai pertandingan dengan mendominasi keadaan sehingga tim Filipina tak mampu mengelak dari kekalahan.

Pada menit ke-11 menjadi waktu emas bagi keberhasilan timnas MLBB Indonesia memastikan kemenangan di game kedua.

Dengan minimnya damage dari lawan, Indonesia menumbangkan satu persatu player Filipina sebelum memastikan kemenangan di menit ke-12 dengan skor kill 12-1.

Lewat kemenangan ini, Indonesia melaju ke babak semifinal upper bracket MLBB IESF 2022 dan menghadapi Tim Argentina pada 5 Desember 2022 pukul 10.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sambut Gembira Kemenangan Atas Filipina

Live Streaming IESF 14th World Esports Championship 2022 Mobile Legends Bang-Bang di Vidio

Coach Bjorn mengungkapkan kegembiraannya atas kemenangan dengan mengalahkan tim Filipina.

“Kami merasa senang dapat mengalahkan tim Filipina dan harus bersiap kembali untuk pertandingan nanti malam melawan Argentina,” ungkapnya.

Kepala Pelatih Tim Nasional Indonesia Yohannes P. Siagian juga menyatakan rasa bangganya kepada tim.

“Keberhasilan tim MLBB pada pertandingan hari ini merupakan hasil dari kerja keras mereka selama beberapa bulan terakhir," katanya.

"Kemenangan ini merupakan langkah awal yang sangat penting bagi kontingen Indonesia untuk memenuhi target Juara Umum IESF 14th World Esports Championships.”

Pada saat yang bersamaan, ia menekankan prestasi jangka panjang masih menjadi prioritas tim.

“Semua atlet sadar perjalanan kami baru dimulai, dan satu kemenangan, atas tim sekelas Filipina sekalipun, masih saja langkah pertama dan fokus ke pertandingan-pertandingan berikutnya.”

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Frengky, S.E., S.H. turut mengucapkan selamat dan apresiasnya kepada timnas Mobile Legends: Bang-Bang.

“Kemenangan yang luar biasa pada babak pembuka ini tentunya menjadi motivator, namun kami juga mengingatkan kepada tim untuk terus mempertahankan performanya,” pesannya.

3 dari 4 halaman

IESF World Esports Championships 2022 Resmi Dibuka

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali membuka Kejuaraan Dunia Esports ke-14 tahun 2022 di Merusaka Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali (2/12) malam (YouTube PB ESI)

Kejuaraan Dunia Esports ke-14 tahun 2022 di Bali dibuka pada Jumat (2/12/2022). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka kompetisi ini.

Indonesia Esports Summit: The 14th World Esports Championship sendiri digelar oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), dan akan diadakan pada 2 sampai 11 Desember 2022.

Untuk enam kategori game yang dipertandingkan di ajang ini adalah Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), PUBG Mobile, eFootball 2022, Counter Strike: Global Offensive (CS: GO), Dota 2, dan Tekken 7.

Mengutip laman resmi Kemenpora, IESF World Esports Championships 2022 ini adalah ajang yang sangat luar biasa dan bergengsi. Adapun, peserta yang ikut di kejuaraan ini berasal dari setidaknya 105 negara.

Menpora mengatakan, ajang ini menjadi momen istimewa bagi esports Indonesia, untuk melakukan lompatan besar dalam visinya, sebagai kekuatan terdepan di Asia dan dunia.

"Semoga perhelatan ini, menjadi titik awal dimulainya sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar esports bagi bangsa dan negara, serta dunia tentunya," kata Amali.

Mengutip YouTube PB ESI, Sabtu (3/12/2022), Amali juga memberikan pesan kepada para atlet dari Indonesia.

"Bertandinglah dengan sportif, tunjukkan sportifitas, pererat persahabatan bersama negara-negara di dunia yang menjadi peserta Kejuaraan dunia ini. Dan jadilah Anda semua membanggakan Indonesia," kata Menpora.

4 dari 4 halaman

Industri Esports Tumbuh Pesat

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali membuka Kejuaraan Dunia Esports ke-14 tahun 2022 di Merusaka Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali (2/12) malam (YouTube PB ESI)

Amali juga menyampaikan selamat datang ke Bali bagi para peserta dari negara yang bertanding, serta mengucapkan terima kasihnya atas berpartisipasi di IESF World Championships 2022.

Dalam upacara pembukaan tersebut, Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo mengatakan, esports saat ini tumbuh pesat dan sedang berkembang menjadi sebuah industri dengan potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang besar.

"Cabang olahraga baru tidak saja mampu menjadi wadah aktualisasi dan pencapaian prestasi kelas dunia anak-anak muda dari seluruh bangsa, namun juga berpotensi sebagai penggerak pulihnya perekonomian pasca pandemi Covid-19," kata Bambang.

Bambang menambahkan, menurut data World Economic Forum, esports mampu membawa industri gim tumbuh kuat ke level berikutnya, sejak Covid-19 melanda dunia.

"Bahkan ekonomi dapat terus bergulir dengan salah satu penggeraknya adalah industri gim dan esports," imbuh Bambang.

Selain itu, Bambang mengatakan, berkembangnya esports juga membuka jenjang karir yang luas, serta menciptakan profesi-profesi baru yang menuntut berbagai kecerdasan, ketangkasan, kedisiplinan, intelektualitas, dan integritas.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.