Sukses

Tagar Spotify Wrapped Puncaki Trending Topic Twitter Indonesia

Pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (!/12/2022), tagar #SpotifyWrapped sudah dicuitkan lebih dari 1,75 juta kali.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan streaming musik Spotify kembali merilis daftar rangkuman konten serta kebiasaan masing-masing pengguna, yakni Spotify Wrapped 2022.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Spotify Wrapped 2022 ini merupakan kilas balik konsen apa yang paling banyak dinikmati pengguna sepanjang tahun ini.

Karena tampil setahun sekali, kilas balik Spotify Wrapped ini disambut antusias oleh warganet, khususnya di Twitter.

Berbagai isi Spotify Wrapped pun banyak dibagikan oleh para warganet, sehingga #SpotifyWrapped langsung puncaki trending topic Twitter hari ini.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (!/12/2022), tagar #SpotifyWrapped sudah dicuitkan lebih dari 1,75 juta kali.

Seperti apa cuitan warganet di Tanah Air? Berikut ini adalah beberapa unggahan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Baru di Spotify Wrapped 2022

Spotify Wrapped 2022 kini sudah bisa diakses pengguna di iOS dan Android. (Dok: Spotify)

Seperti biasa, Spotify Wrapped ini bisa diakses melalui aplikasi Spotify di iOS (versi 8.7.87) dan Android (versi 8.7.86). Kali ini, perusahaan tidak sekadar menghadirkan daftar artis, genre, lagu, dan podcast teratas, serta ringkasan konten audio yang didengarkan.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (30/11/2022), Spotify mengembangkan konten story berbasis data, serta playlist yang dikurasi secara khusus oleh tim editorial. Nah untuk mengetahui deretan fitur dan update Spotify Wrapped 2022, berikut ini daftarnya:

Your Listening Personality

Lewat pembaruan ini, Spotify menghadirkan cara baru bagi pengguna mengetahui kepribadian mereka berdasarkan selera musik, serta kebiasaan mendengarkan sepanjang 2022. Ada 16 jenis Listening Personality yang dibuat oleh Spotify berdasarkan kebiasaan mendengarkan pengguna.

Audio Day

Melalui fitur interaktif di Spotify Wrapped kali ini, pengguna dapat mengetahui perkembangan selera musik mereka sepanjang hari. Pengguna dapat mengetahui kebiasaan mendengarkan mereka dari Matahari terbit hingga tenggelam.

Dekatkan Hubungan Artis dan Kreator

Selain playlist yang dipersonalisasi dan dikurasi tim editorial Spotify, Wrapped Hub dalam platform akan menampilkan merchandise dari artis yang paling banyak mereka dengarkan, termasuk event berikutnya dari artis favorit.

 

 

3 dari 4 halaman

Your Artist Messages

Spotify Wrapped yang berisi rangkuman kebiasaan mendengar sepanjang 2022 kini bisa diakses pengguna. (Dok: Spotify)

Pada Spotify Wrapped 2022, pengguna terpilih juga bisa menerima video pesan terima kasih dari artis yang paling banyak mereka dengarkan di tahun ini. Ada lebih dari 40.000 musisi yang bergabung dalam pesan ini, seperti Taylor Swift, Billie Eilish, J. Balvin, hingga Maneskin.

Bisa Berbagi di Luar Instagram

Hasil Spotify Wrapped 2022 kini juga bisa dibagikan di WhatsApp dan Line. Jadi, pengguna bisa bertukar hasil Wrapped melalui obrolan di chat dengan teman maupun orang tersayang. Pengguna Snapchat juga bisa menggunakan lensa yang dipersonalisasi berdasarkan Listening Personality-nya.

Wrapped ke Metaverse

Selain itu, Spotify juga akan mengambil alih Spotify Island dengan misi permainan, virtual merchandise, dan photo booth bersama 12 musisi, seperti Bizarrap, Black Sherif, CRO, Doechii, Eslabon Armado, Miranda Lambert, Niki, Stray Kids, Sunmi, dan Tove Lo.

Kolaborasi dengan Barcelona

Sebagai bagian dari kolaborasi pertama antara Spotify dan FC Barcelona, penggemar dapat menemukan video Spotify Wrapped dari beberapa pemain favorit, seperti Robert Lewandowski, Alexia Putellas, Pedri, dan Ansu Fati.

 

4 dari 4 halaman

Konsumsi Podcast di Indonesia Meningkat 5 Kali Lipat Sejak 2019

Gautam Talwar, General Manager Spotify APAC (Dok. Spotify)

Sebelumnya, Spotify mengungkapkan peningkatan jumlah konsumsi podcast atau siniar di Indonesia melalui platformnya. Hal ini diungkap dalam konferensi podcast pertama mereka di Asia tepatnya di Jakarta, pada Rabu pekan ini.

"Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia," kata Gautam Talwar, General Manager Spotify, Asia Pacific, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (19/11/2022)

"Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5 kali lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify," kata Gautam.

Ia menambahkan, sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar siniar di Spotify terbanyak secara global.

Perusahaan menyebut, pencapaian ini diperoleh karena upaya yang memungkinkan kreator lokal untuk terus berkarya, melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keahlian Spotify di industri tersebut.

Adapun, beberapa inisiatif ini termasuk kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli, serta melalui Video Podcast yang sudah tersedia di Anchor, secara gratis.

Spotify juga mengungkapkan, 95 persen podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor. Ini membuat Indonesia jadi negara teratas di seluruh dunia, yang mengadopsi penggunaan Anchor untuk membuat konten siniar.

"Kami percaya Indonesia siap untuk pertumbuhan yang lebih besar tahun depan. Bahkan, satu dari empat pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya," kata Carl Zuzarte, Head of Studios Spotify Southeast Asia.

Carl pun mengatakan bakal terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini