Sukses

Gol Portugal ke Gawang Uruguay Jadi Bahasan Warganet, Ronaldo Trending Topic di Twitter

Gol Portugal ke gawang Uruguay di Menit ke-54 menjadi pembahasan warganet di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Gol Portugal ke gawang Uruguay di Menit ke-54 menjadi pembahasan warganet di Twitter. Banyak warganet mengira kalau Cristiano Ronaldo yang mencetak gol, padahal sebenarnya adalah Bruno Fernandes.

Hal ini cukup wajar karena di layar seolah-olah bola masuk lewat sundulan (menyentuh) kepala Ronaldo. Terlebih, dia sempat melakukan selebrasi di matchday kedua grup H Piala Dunia 2022 tersebut.

Kemudian, fakta di lapangan langsung diperjelas dengan tayangan lambat, dan terlihat kalau bola tidak menyentuh kepala Ronaldo. Alhasil, pencetak gol jatuh pada Bruno Fernandes.

Mengetahui hal itu, beberapa warganet yang tadinya mengelu-elukan Ronaldo, berubah untuk memuji Bruno Fernandes dan mengunggah meme. Tapi ada juga warganet yang bersikeras kalau gol tersebut dicetak Ronaldo.

Terkait hal ini, nama Ronaldo pun menjadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 430 ribu cuitan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Portugal Bungkam Uruguay 2-0

Timnas Portugal meraih hasil positif ketika menghadapi Timnas Uruguay pada matchday kedua grup H Piala Dunia 2022. A Selecao das Quinas menang 2-0, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Bruno Fernandes menjadi kunci kemenangan Portugal. Gelandang Manchester United tersebut memborong dua gol dalam laga di Lusail Stadium.

Terlepas dari dua golnya, Bruno Fernandes memang tampil bagus kontra Uruguay. Dia layak didapuk sebagai man of the match berkat kontribusinya untuk Portugal.

Selain Bruno Fernandes, ada sejumlah pemain yang juga punya pengaruh di balik kemenangan A Selecao das Quinas, seperti kiper Diogo Costa dengan penyelamatannya.

Termasuk Bruno Fernandes dan Diogo Costa, berikut 5 pemain terbaik Portugal saat membungkam Uruguay 2-0. Pemilihan berdasarkan rating tertinggi di laman WhoScored.

3 dari 5 halaman

Bukan Ronaldo, Ini Sosok Man of the Match Piala Dunia 2022 Portugal vs Uruguay

Cristiano Ronaldo gagal menunjukkan sinarnya pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022 Qatar antara Portugal melawan Uruguay di Lusail Iconic Stadium, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Portugal berhasil meraih kemenangan 2-0 sekaligus memastikan tempat di babak 16 besar. Adalah Bruno Fernandes yang menjadi pahlawan pada laga ini.

Gelandang Manchester United tersebut memborong dua gol Portugal sekaligus membuatnya menjadi Man of the Match pada laga itu.

Khusus untuk gol pertama, pada awalnya sempat tercatat atas nama Cristiano Ronaldo yang membuatnya sejajar dengan pencetak gol terbanyak Portugal di Piala Dunia Eusebio (9 gol).

Namun, meski sang striker bintang mengisyaratkan bahwa ia melakukan sentuhan akhir, tayangan ulang menunjukkan bahwa kapten Portugal itu, tidak menyentuhnya dan gol tersebut diberikan kepada Fernandes.

Gol kedua Fernandes, kemudian tercipta melalui tendangan penalti. Gol tersebut sekaligus mengubur ambisi Uruguay pada pada meit-menit terakhir gencar melakukan serangan.

Kemenangan 2-0 pun menempatkan Portugal di puncak klasemen dengan poin enam dari dua pertandingan. Pada laga pamungkas, Portugal bakal menghadapi Korea Selatan.

Sementaraitu, Uruguay harus mengalahkan Ghana dalam upaya mereka untuk mendapatkan tempat di babak 16 besar. Luis Suarez dan kolega kini berada di dasar klasemen dengan poin satu dari dua pertandingan.

Cuma kemenangan yang mampu mengantarkan Uruguay ke babak 16 besar. Selain itu, mereka juga berharap agar Portugal mpu mengalahkan Korsel.

4 dari 5 halaman

6 Tembakan

Bruno seolah berada di segala penjuru lapangan di laga ini. Dia total melepaskan enam tendangan pada laga ini. Ia melakukannya dari kiri, kanan, tengah, luar kotak penalti, dan dalam kotak penalti.

Sentuhannya di pertandingan ini pun yang paling banyak di lapangan. Bruno melakukan 83 sentuhan yang membuktikan bahwa dirinya menjadi pusat serangan Portugal di laga melawan Uruguay.

Kemampuannya mendikte permainan juga sangat ampuh. Akurasi umpannya secara keseluruhan di atas 80 persen, sedangkan akurasi umpan panjangnya hanya sekali meleset dari enam percobaan.

Berikut ini adalah statistik pilihan Bruno yang dinukil dari Fotmob:

Menit bermain: 90

Gol: 2

Akurasi tendangan: 3/6 (50%)

Sentuhan: 83

Akurasi umpan panjang: 5/6 (83%)

Pemulihan: 8

Menang duel darat: 3/6 (50%)

5 dari 5 halaman

Infografis Grup H Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.