Sukses

Spotify Instafest Viral, Ini Cara Bikin Poster Festival dengan Line Up Musisi Favorit

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat Spotify Instafest yang lagi viral di medsos.

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial seperti Instagram dan Twitter, sedang viral mengenai poster ala festival musik, yang berisi line-up dari musisi yang sering didengarkan di Spotify yaitu Spotify Instafest.

Di sini, selain menunjukkan musisi yang sering kamu dengar di Spotify, kamu juga bisa memamerkan musisi favorit jika karya-karya mereka sering kamu dengarkan di platform tersebut, ke media sosial.

Rupanya, cara membuatnya tidaklah sulit karena cukup menggunakan aplikasi yang bernama Instafest.

Sekadar informasi, Spotify Instafest ini adalah aplikasi yang dibuat oleh seorang pembuat aplikasi bernama Anshay Saboo dari Irvine, California, Amerika Serikat.

Nah, berikut ini Tekno Liputan6.com berikan cara membuat Spotify Instafest.

  1. Buka peramban (browser) baik melalui ponsel atau di perangkat komputer, kemudian masuk ke situs instafest.app
  2. Masuklah dengan akun Spotify-mu dengan mengklik Sign in with Spotify, dan masukkan email atau nama akun serta kata sandi Spotify
  3. Setelah berhasil masuk, secara otomatis kamu akan disuguhkan sebuah poster mirip poster festival, di mana isinya adalah musisi-musisi atau artis yang kerap kamu dengarkan di Spotify
  4. Kamu dapat memilih memasukkan artis yang sering kamu dengarkan dalam empat minggu terakhir, enam bulan terakhir, atau secara keseluruhan. Style dari poster juga bisa diubah sesuai keinginanmu
  5. Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk menyembunyikan username-mu, serta skor Basic-o-meter.
  6. Jika ingin menyimpan atau membagikannya ke medsos, pilih Save and Share, di mana kamu selanjutnya bisa membagikannya ke akun Instagram, Twitter, dan lain-lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsumsi Podcast di Indonesia Meningkat 5 Kali Lipat

Sebelumnya, Spotify mengungkapkan peningkatan jumlah konsumsi podcast atau siniar di Indonesia melalui platformnya. Hal ini diungkap dalam konferensi podcast pertama mereka di Asia tepatnya di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

"Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia," kata Gautam Talwar, General Manager Spotify, Asia Pacific, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (19/11/2022).

"Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5 kali lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify," kata Gautam.

Ia menambahkan, sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar siniar di Spotify terbanyak secara global.

 

3 dari 4 halaman

Spotify Dukung Industri Podcast Indonesia

Perusahaan menyebut, pencapaian ini diperoleh karena upaya yang memungkinkan kreator lokal untuk terus berkarya, melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keahlian Spotify di industri tersebut.

Adapun, beberapa inisiatif ini termasuk kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli, serta melalui Video Podcast yang sudah tersedia di Anchor, secara gratis.

Spotify juga mengungkapkan, 95 persen podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor. Ini membuat Indonesia jadi negara teratas di seluruh dunia, yang mengadopsi penggunaan Anchor untuk membuat konten siniar.

"Kami percaya Indonesia siap untuk pertumbuhan yang lebih besar tahun depan. Bahkan, satu dari empat pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya," kata Carl Zuzarte, Head of Studios Spotify Southeast Asia.

Carl pun mengatakan bakal terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Video Podcast

Dalam gelaran tersebut, Spotify juga mengumumkan bahwa fitur Video Podcast saat ini sudah tersedia untuk semua kreator.

Awal tahun, Spotify juga meluncurkan serangkaian Video Podcast Original dan Exclusive untuk memperluas katalog konten di platform dan kini, semua kreator dapat memanfaatkan fitur tersebut melalui Anchor.

Spotify mengatakan, dengan koleksi lebih dari 4,7 juta judul podcast secara global, kreator selalu menjadi motor penggerak pertumbuhan platform ini di Indonesia.

Untuk mempererat hubungan antara kreator dan pendengar, Spotify juga merilis fitur terbaru seperti Q&A dan Polls.

Fitur lainn yang dihadirkan adalah Music + Talk, di mana pendengar bisa menjelajahi dan mendengarkan lagu dalam satu episode podcast, sebagaimana mereka mendengarkan sebuah playlist.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.