Sukses

Aplikasi FIFA Ini Bantu Pemain Pantau Performa di Piala Dunia 2022

FIFA beberapa waktu lalu meluncurkan aplikasi yang dapat membantu pemain di Piala Dunia 2022, untuk mengetahui kinerja mereka di lapangan

Liputan6.com, Jakarta - Dalam gelaran Piala Dunia 2022 tahun ini, FIFA banyak memanfaatkan teknologi yang dapat mendukung sepak bola. Salah satunya adalah dengan merilis sebuah aplikasi, yang ditujukan untuk para pemain.

Beberapa waktu lalu, FIFA meluncurkan sebuah aplikasi bernama FIFA Player App, di mana para pesepakbola yang berlaga di turnamen ini, dapat memperoleh wawasan lebih lanjut soal kinerja dan performa lapangan mereka.

Dikutip dari laman resmi FIFA, Jumat (25/11/2022), aplikasi ini dikembangkan berdasarkan masukan dari para pemain profesional, dan bekerja sama dengan FIFPRO, perwakilan global pesepakbola profesional.

Piala Dunia 2022 Qatar juga menjadi pertama kalinya aplikasi tersebut digunakan.

FIFA saat itu mengklaim, survei dan wawancara yang dilakukan menunjukkan para pemain sangat tertarik dengan data performa mereka, dan ingin mendapatkan akses mudah ke informasi ini.

FIFA Player App pun akan memberikan kesempatan bagi setiap pemain, untuk mengakses data kinerja mereka, segera setelah pertandingan.

Data yang dikumpulkan seperti metrik data sepak bola, yang dihitung dari data acara yang disempurnakan, diambil oleh tim analis performa sepak bola FIFA yang terlait, digabungkan dengan data pelacakan.

Di sini, data yang ada di aplikasi termasuk apakah pemain melakukan penawaran atau gerakan untuk menerima, apakah tindakan distribusi mereka melanggar garis lawan, dan tekanan yang mereka terapkan pada lawan yang menguasai bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Data yang Dikumpulkan

Data lain adalah metrik performa fisik, yang dikumpulkan melalui sistem pelacakan di dalam stadion yang akurat yang terdiri dari beberapa kamera yang ditempatkan di sekitar lapangan, untuk cakupan pemain yang maksimal.

Metrik mencakup jarak yang ditempuh pada berbagai ambang batas kecepatan, jumlah tindakan di atas 25 km/jam, dan kecepatan maksimum.

Ada juga metrik kecerdasan sepak bola. Ini memberikan cara yang inovatif dan menarik untuk menganalisa permainan, termasuk fase, line-breaking events, lokasi penerima, dan tekanan yang diterapkan pada pemain yang menguasai bola.

Data-data itu lalu disinkronikan dengan cuplikan pertandingan, memungkinkan pemain melihat semua momen penting dari penampilannya secara lebih rinci, menggunakan sudut kamera yang berbeda.

Aplikasi ini juga akan membagikan beberapa foto aksi yang diambil dalam momen-momen penting, di mana pemain dapat menyimpan atau membagikan foto itu di media sosial, bersama dengan statistik pertandingan favoritnya.

 

3 dari 4 halaman

Sudah Diuji

Adapun, aplikasi ini bisa diakses saat mereka tiba di Qatar. FIFA Player App sendiri sudah diuji coba dengan pemain dari berbagai tim di FIFA Arab Cup 2021.

Johannes Holzmüller, Director of Football Technology & Innovation, FIFA mengatakan, kali ini, pemain akan memiliki kesempatan untuk mengakses data kinerja mereka sendiri dan video klip terkait setelah pertandingan.

"Pengembangan yang berpusat pada pemain ini didasarkan pada umpan balik langsung dari para pemain dan merupakan contoh bagus lainnya tentang bagaimana FIFA menggunakan teknologi sebaik mungkin dengan meningkatkan pengalaman sepak bola untuk para pemain kunci di lapangan," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Cara Nonton Piala Dunia 2022 di TV Digital dan Vidio

Tekno Liputan6.com akan membagikan tips untuk menonton Piala Dunia 2022 melalui TV digital atau platform Vidio. Nah, seperti apa? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Nonton Piala Dunia di TV Digital

  • Siapkan TV digital yang sudah mendukung DVB-T2. Apabila belum memiliki TV yang mendukung siaran TV digital, kamu perlu menyiapkan STB (Set Top Box).
  • Hidupkan TV, termasuk STB apabila menggunakannya.
  • Buka Pengaturan, lakukan Auto Scan untuk memindai program yang tersedia.
  • Tunggu hingga seluruh siaran TV digital muncul.
  • Setelahnya, pastikan kamu telah mendapatkan SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV, karena empat saluran tersebut yang menyiarkan Piala Dunia 2022.

Nonton Piala Dunia di Vidio

  • Masuk ke akun Vidio yang sudah dimiliki.
  • Buka menu Berlangganan yang muncul di laman depan aplikasi atau situs.
  • Pilih menu FIFA World Cup Qatar 2022 yang muncul di bagian paket berlangganan.
  • Untuk menonton pertandingan di HP dan tablet, kamu bisa memilih paket berlangganan Rp 59.000.
  • Sementara untuk menonton di semua perangkat, kamu bisa membeli paket berlanggan Rp 89.000. Namun untuk sekarang, ada promo dengan harga Rp 79.000.
  • Setelahnya, kamu tinggal menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022. 

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.