Sukses

Top 3 Tekno: Pemerintah Bredel Jasa Unlock IMEI Jadi Sorotan

Langkah pemerintah yang sudah menindaklanjuti jasa unlock IMEI menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Langkah pemerintah yang sudah menindaklanjuti jasa unlock IMEI menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (23/11/2022) kemarin.

Berita lain yang juga menyedot perhatian adalah mengenai imbauan untuk tidak membeli iPhone bodong dan harus lebih berhati-hati agar tidak tertipu.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Pemerintah Tindak Penyedia Jasa Unlock IMEI di Medsos dan Marketplace

Sudah menjadi rahasia umum, jasa unlock IMEI memang marak bermunculan di ranah media sosial (medsos) hingga e-commerce besar di Indonesia.

Cukup dengan mengetik "jasa unlock IMEI", kamu sudah dapat menemukan berbagai akun yang menawarkan layanan membuka IMEI ponsel yang tidak resmi dijual di Indonesia.

Nur Akbar Said, Analis Kebijakan Ahli Madya/Ketua Kelompok Kerja Harmonisasi Standar, Dit Standardisasi, Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo pun memberikan tanggapan.

"Kita sudah menindaklanjuti jasa unlock IMEI berdasarkan informasi dari APSI (Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia) tentang tindakan aktivasi ilegal yang ditawarkan lewat media sosial hingga marketplace," kata Nur Akbar Said.

"Saat ini kita juga sudah memanggil semua perwakilan dari operator, karena banyak penyedia jasa menyalahgunakan layanan pendaftaran IMEI jalur turis via operator," katanya.

Disebutkan, pendaftaran IMEI jalur turis via operator ini memang hanya berlaku selama 3 bulan. "Karena lewat jalur operator, kita meminta mereka untuk mengetatkan prosedur pendaftaran IMEI tersebut," jelas Nur Akbar Said.

Dia menuturkan, pemerintah berharap para operator agar lebih ketat bilamana ada pihak yang ingin mendaftarkan IMEI lewat jalur turis ini.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pikir Dua Kali Sebelum Beli iPhone Bodong, Kenapa?

Bagi kamu yang ingin membeli iPhone dengan harga murah di e-commerce ada baiknya untuk lebih berhati-hati agar tidak tertipu.

Walau banyak seller di e-commerce menjanjikan IMEI ponsel tersebut aman, dan bisa pakai semua nomor ponsel di Indonesia. Namun, penjual nyatanya memberikan persyaratan tertentu agar IMEI di iPhone bodong tersebut tetap aktif.

Salah satu syarat itu adalah pembeli harus memberikan rating bintang lima bila ingin IMEI di iPhone tetap aktif atau dibantu bilamana ada masalah.

Menanggapi hal tersebut, Nur Akbar Sadi Analis Kebijakan Ahli Madya / Ketua Kelompok Kerja Harmonisasi Standar, Dit Standardisasi, Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo pun buka omongan.

"Kita sudah mendapatkan informasi ini dari berbagai pihak dan APSI (Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia) juga, dan kami sudah melakukan tindakan terhadap jasa unlock IMEI ini," katanya.

Berdasarkan penelusuran, pelaku menggunakan modus jalur pendaftaran IMEI turis via operator. "Karena itu kebanyakan penyedia jasa unlock IMEI atau penjual iPhone bodong hanya menawarkan rentang waktu 3 bulan," ucap Nur Akbar Sadi.

Diketahui, registrasi IMEI jalur turis ini memang hanya berlaku selama 3 bulan sejak wisatawan menginjakkan kaki di Indonesia dan mendaftarkan diri dengan membeli nomor ponsel di operator.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Melihat Desain Mewah Oppo A17: Tampang Retro dengan Tekstur Kulit Premium

Oppo A17 dirancang dengan desain bergaya Retro Ultra Slim dan ditopang bingkai datar dan tepian halus.

Desain mengotak di tiap sisinya membuat smartphone ini terasa compact dalam genggaman sehingga tidak mudah lepas. Dimensinya pun cukup ramping sehingga terasa nyaman dimasukkan ke dalam saku.

Bodi Oppo A17 memiliki dimensi: tinggi 164,2mm, lebar 75,6mm, dan ketebalan 8,3mm. Sementara bobotnya 189 gram, cukup ringan sehingga tangan tak mudah lelah saat menggunakannya selama berjam-jam untuk main game atau menonton video.

Oppo A17 hadir dengan dua pilihan warna, Lake Blue dan Midnight Black. Unit yang Tekno Liputan6.com genggam adalah varian Lake Blue, tampil dengan warna soft yang merepresentasikan langit biru di malam hari.

Sektor desain lain yang juga menarik perhatian adalah smartphone Rp 2 jutaan ini memiliki tekstur kulit premium di bagian belakang bodinya.

Oppo merancang A17 dengan teknik pemrosesan cetakan dan pemanggangan. Kemudian, menambahkan lapisan UV untuk mencegah terjadinya perubahan warna bila perangkat digunakan dalam jangka waktu lama.

Hasilnya, tekstur kulit pada bodi belakang Oppo A17 tampak seperti kulit asli dan terasa lembut ketika disentuh.

Saat digenggam pun Oppo A17 tidak licin, terlebih Oppo memberikan ketahanan terhadap debu sehingga tidak mudah kotor.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.