Sukses

East Ventures Teken MoU dengan KADIN Net Zero Hub dan WRI Indonesia untuk Emisi Nol Bersih

East Ventures meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Net Zero Hub dan World Resources Institute (WRI) Indonesia dalam rangka kemitraan dan kolaborasi strategis untuk memajukan komitmen menuju target emisi nol bersih (net zero).

Liputan6.com, Jakarta East Ventures meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Net Zero Hub dan World Resources Institute (WRI) Indonesia dalam rangka kemitraan dan kolaborasi strategis untuk memajukan komitmen menuju target emisi nol bersih (net zero).

Penandatanganan MoU ini berlangsung pada 11 November 2022 dalam breakout session East Ventures di Indonesia Net Zero Summit 2022 yang merupakan sideline event B20 Summit.

"Kami senang dapat berkolaborasi dengan KADIN Net Zero Hub dan WRI Indonesia untuk berinvestasi dan mendukung berbagai solusi teknologi iklim untuk membantu bisnis dan pemerintah dalam mencapai target net zero," ujar Avina Sugiarto, Partner East Ventures dalam keterangan pers.

Kemitraan strategis ini, menurut Avina, semakin memperkuat komitmen perusahaan untuk mendorong investasi dalam solusi teknologi iklim yang berpotensi tinggi dan skalabel, serta menjadi "katalis untuk lebih banyak investasi dalam solusi climate tech di Indonesia dan Asia Tenggara."

WRI Indonesia akan menjadi penasihat strategis dalam merekomendasikan produk/solusi melalui transfer pengetahuan dan memastikan implementasi produk/solusi tersebut untuk memaksimalkan dampak positif bagi masyarakat.

Sementara KADIN Net Zero Hub akan mengawasi keseluruhan kemitraan, menjembatani semua pihak, termasuk kelompok usaha, dalam berkontribusi menuju masa depan yang inklusif dan berkelanjutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perlu kerja sama lintas institusi

“Untuk mencapai target net zero, diperlukan kerja sama lintas institusi. Kami senang untuk menyambut East Ventures dalam bergabung dalam ekosistem dan menjalin kolaborasi dengan KADIN Net Zero Hub dan WRI Indonesia," tutur Muhammad Yusrizki, Ketua di KADIN Net Zero Hub.

Yusrizki meyakini bahwa inisiatif ini akan membuka jalan menuju target net zero dan masa depan yang lebih baik bagi seluruh umat manusia.

Sementara itu, Arief Wijaya, Program Director WRI Indonesia, menyebut bahwa pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi kolaborasi antara WRI Indonesia, East Ventures, dan KADIN Net Zero Hub.

"Kami yakin dan bersemangat untuk bekerja sama dengan East Ventures dalam mengimplementasikan berbagai solusi terbaik untuk memberdayakan seluruh portofolionya untuk berkembang secara berkelanjutan," kata Arief. 

3 dari 4 halaman

Principles for Responsible Investment

East Ventures telah menjadi bagian dari KADIN Net Zero Hub; perusahaan berkomitmen pada target net zero dengan tujuan untuk menjadi perusahaan net zero paling lambat pada 2060.

Kini, East Ventures akan bekerja sama dengan KADIN Net Zero Hub untuk menegakkan prinsip dan jalur yang sama seperti yang ditetapkan oleh Science Based Target Initiative (SBTi), yang akan berfungsi sebagai prinsip-prinsip panduan untuk memastikan bahwa semua rencana-rencana perusahaan selaras dengan ilmu sains iklim.

Sebelumnya, East Ventures mendeklarasikan diri sebagai perusahaan venture capital pertama di Indonesia yang menandatangani Prinsip Investasi Bertanggung Jawab (Principles for Responsible Investment / PRI).

Selain itu, East Ventures telah meluncurkan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) perdananya yang menyediakan kerangka kerja dan pedoman yang dapat diterapkan menuju masa depan yang berkelanjutan dan inklusif.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Penyebab Buruknya Kualitas Udara di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.