Sukses

Telkomsel Rilis Kartu Perdana PraBayar Tourist untuk Delegasi Mancanegara di G20

Untuk mengoptimalkan kebutuhan komunikasi hingga aktivitas para delegasi di acara G20, Telkomsel menghadirkan kartu perdana Telkomsel PraBayar Tourist.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memastikan ketersediaan akses terhadap seluruh produk dan layanan digitalnya, terutama bagi pelanggan dan delegasi G20 dalam KTT G20 Indonesia yang berlangsung pada 15 hingga 16 November 2022 di Bali.

Telkomsel menyatakan siap memberikan pengalaman digital terdepan bagi para delegasi mancanegara yang hadir dalam konferensi tersebut. Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit menuturkan, layanan Telkomsel didukung pula dengan konektivitas broadband teknologi terdepan.

"Telkomsel mengambil peran dan terus berkontribusi terhadap kelancaran pelaksanaan rangkaian kegiatan Presidensi G20 sepanjang tahun 2022 di Indonesia, yang berfokus pada isu pemulihan ekonomi global," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (13/11/2022).

Untuk mengoptimalkan kebutuhan komunikasi hingga aktivitas para delegasi di acara tersebut, Telkomsel menghadirkan kartu perdana Telkomsel PraBayar Tourist. Kartu Perdana ini juga sudah didukung layanan 5G dari Telkomsel.

Oleh sebab itu, kartu perdana ini menawarkan kuota data 125GB yang terdiri dari 25GB di seluruh jaringan dan 100GB di jaringan 5G. Pemesanan kartu perdana ini dapat dilakukan dengan mengakses situs resmi Telkomsel atau mengunjungi gerai resmi yang tersebar di sejumlah lokasi acara.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga menggandeng mitra outlet reseller yang berada di kawasan Nusa Dua, Garuda Wisnu Kencana, hingga Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk membuka Toko Orbit yang menyedikan modem internet portabel Telkomsel Orbit.

"Kami berupaya memberikan kemudahan kepada seluruh delegasi G20 dalam mendapatkan pengalaman telekomunikasi dan aktivitas digital terbaiknya selama berada di Indonesia," tutur Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng.

Sebagai kesiapan untuk mendukung layanan international roaming bagi perwakilan delegasi G20, Telkomsel juga telah bekerja sama dengan 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia, dimana 48 di antaranya berasal dari seluruh negara delegasi G20 yang hadir di Bali.

Kerja sama tersebut mencakup 4G Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara, serta 5G Roaming Partnership dengan 12 perusahaan telekomunikasi dari Amerika Serikat, Arab Saudi, Kanada, Korea Selatan, Perancis, RRT, Rusia, dan Turki.

Telkomsel juga berkolaborasi dengan Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) dan Kementerian Perdagangan untuk menyediakan layanan asistensi di sejumlah titik untuk membantu proses registrasi IMEI perangkat yang digunakan perwakilan delegasi di G20 kali ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telkomsel Luncurkan G20 Connect, Aplikasi Informasi Seputar G20 2022

Di samping itu, Telkomsel juga merilis sebuah aplikasi untuk mendukung Presidensi Indonesia dalam G20 2022 bernama G20 Connect.

Aplikasi ini adalah platform aplikasi informatif untuk menampilkan perkembangan terkini dari presidensi Indonesia di G20 2022.

Bharat Alva, Direktur Information Technology, Telkomsel, mengatakan bahwa mereka selalu hadir dalam berkontribusi pada penyelenggaraan G20 2022 di Indonesia, dengan mengoptimalkan aset teknologi dan kapabilitas digitalnya.

"Salah satunya kini diwujudkan melalui aplikasi G20 Connect, yang menjadi hub bagi setiap informasi rangkaian kegiatan dari presidensi Indonesia di G20," kata Alva, melalui siaran pers, dikutip Jumat (11/11/2022).

Aplikasi ini sendiri dapat diakses oleh para delegasi, seluruh pengguna operator, maupun masyarakat luas. Ada beberapa fitur di G20 Connect, untuk menyajikan informasi secara lengkap bagi para pemangku kepentingan.

Fitur Schedule, Event Details, dan Venue Details menyediakan beragam informasi mengenai waktu, tempat, dan topik kegiatan yang dilakukan di rangkaian acara G20.

Fitur Latest News dan Gallery menghadirkan informasi terbaru seputar presidensi Indonesia di G20 serta kegiatan yang dilakukan, melalui format artikel, gambar, maupun video.

G20 Connect juga menerbitkan siaran pers yang dapat menjadi rujukan awak media dalam memuat pemberitaan seputar G20 2022.

Telkomsel menyebut, kehadiran Aplikasi G0 Connect ini juga didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

3 dari 4 halaman

Pamerkan Potensi Teknologi hingga Pariwisata

Aplikasi ini juga menjadi wadah untuk menunjukkan berbagai potensi Indonesia mulai dari segi teknologi hingga pariwisata.

Terdapat fitur fitur Content Hosting yang mengangkat sejumlah aplikasi unggulan karya anak negeri di berbagai bidang, seperti e-commerce, ride hailing, streaming service, hingga health & wellness.

Fitur lainnya adalah Tour Destination untuk mengeksplorasi berbagai keindahan alam Indonesia, keunikan budaya lokal, hingga aktivitas liburan seru di Tanah Air.

Perusahaan plat merah ini mengklaim, aplikasi G20 Connect digarap oleh talenta-talenta unggul di bidang digital di Telkomsel.

Lebih lanjut, Telkomsel juga menyatakan komitmennya untuk mendukung pemerintah dalam kesuksesan penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan G20 2022.

Sebelumnya, perusahaan telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan 4G/LTE dan memperluas cakupan jaringan 5G di sejumlah wilayah yang menggelar kegiatan G20 2022.

Hal ini guna menghadirkan pengalaman konektivitas digital terdepan bagi seluruh delegasi, termasuk pada puncak KTT G20 2022 yang berlangsung di Bali pada 15 sampai 16 November.

Aplikasi G20 Connect sendiri dapat diunduh secara gratis di platform Google Play Store dan App Store. 

4 dari 4 halaman

7.801 BTS untuk Dukung KTT G20 di Bali

Sebelumnya, Telkomsel membeberkan update tentang kesiapannya menjelang KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Perusahaan plat merah tersebut mengklaim infrastruktur termasuk kapasitas dan kualitas jaringan broadband yang mendukung G20 telah siap.

Hal ini dapat tercapai berkat infrastruktur tambahan yang dibangun Telkomsel, termasuk 88 BTS 4G/LTE dan 39 BTS 5G untuk menjangkau titik-titik rangkaian kegiatan Presidensi G20.

Secara total, saat ini sudah ada 7.801 unit BTS berada di Provinsi Bali dan diklaim akan mendongkrak kualitas jaringan selama KTT G20 lancar.

"Penambahan ini diharapkan tidak ada blank spot, dan cukup untuk melayani pelanggan yang meningkat jumlahnya saat G20 digelar," kata Nugroho, Direktur Network Telkomsel, saat konferensi pers di Bali, Rabu (19/10/2022).

Selain mengoptimalkan jaringan broadband, Telkomsel juga sudah menyiapkan sejumlah produk dan layanan untuk membantu tamu G20 saat berada di Bali.

"Kami sudah siapkan outlet khusus bagi tamu G20 dari luar negeri, di mana mereka bisa beli starter pack. Nantinya, mereka dapat mendaftarkan IMEI ponsel dengan lebih mudah dibantu tim dari Telkomsel," ujarnya. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.