Sukses

XL Axiata Hadir di KTT G20 Tawarkan Solusi Digital untuk Korporasi dan UMKM

XL Axiata mendukung Konferensi Tingkat Tinggi/KTT G20 di Bali, dalam kesempatan itu perusahaan mengenalkan solusi digital yang akan siap disediakan di jaringan 5G.

Liputan6.com, Nusa Dua - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) melihat besarnya manfaat layanan 5G untuk kalangan korporasi dan UMKM.

XL Axiata mendukung Konferensi Tingkat Tinggi/KTT G20 di Bali, dalam kesempatan itu perusahaan mengenalkan solusi digital yang akan siap disediakan di jaringan 5G.

Salah satunya, berupa showcase solusi Smart Mining di arena Future SME’s Village, yang merupakan side event KTT G20, di Bali Collection, Nusa Dua, Bali.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, partisipasi XL dalam side even di sela acara KTT G20 tersebut sebagai upaya dukungan dan juga kesiapan dalam layanan XL 5G.

"Suatu kebanggaan bagi XL Axiata bisa ikut berpartisipasi mendukung penyelenggaraan KTT G20," kata I Gede Darmayusa di Bali, Minggu (13/11/2022).

Dia menambahkan, "Melalui penggelaran jaringan 5G. Event ini sekaligus merupakan bagian dari upaya kami untuk menunjukkan kesiapan kami dalam menggelar layanan 5G ke depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Era Transformasi Digital Dunia Bisnis

Pada kesempatan yang sama, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto menyampaikan XL mendukung digitalisasi koorporasi dan UMKM di Indonesia sebagai salah satu ajang promosi.

"Menyiapkan dan mengembangkan infrastruktur digital, sumber daya manusia (SDM), serta platform berbasis 5G untuk mendukung berbagai sektor usaha yang ada di Indonesia," tutur dia.

Menurutnya, transformasi digital di dunia bisnis sudah menjadi keharusan untuk mendorong efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk yang lebih baik. Transformasi digital secara tidak langsung juga akan mendorong peningkatan pendapatan negara. Digitalisasi dan ICT sektor pertambangan

"Sektor pertambangan, penerapan solusi digital berbasis 5G Smart Mining akan mampu mendukung pengurangan biaya operasional," ucap Feby.

 

3 dari 3 halaman

Smart Mining

Menurutnya, Smart Mining adalah layanan teknologi terintegrasi yang memungkinkan optimalisasi proses operasional pertambangan melalui implementasi teknologi Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Machine Learning, hingga big data.

"Tujuannya adalah meningkatkan tingkat keselamatan kerja, sustainability lingkungan, peningkatan produktifitas dan peningkatan efisiensi biaya," kata dia.

Sementara itu, Feby menambahkan jika efisiensi kendaraan eksplorasi bisa dijalankan dengan menerapkan solusi Fleetech (smart fleet management) khususnya di sektor pertambangan.

Digitalisasi dalam proses bisnis akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik, dengan cara bimbingan yang bisa dilakukan secara real time dari jarak jauh menggunakan sarana Remote Augmented Reality dan Troubleshooting.

"Dengan solusi 5G Smart Monitoring dan Positioning, keamanan tempat kerja bisa lebih dijaga,dan keamanan peralatan kerja melalui solusi 5G Smart Inspection," ucap Feby.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini