Sukses

Telkomsel Luncurkan G20 Connect, Aplikasi Informasi Seputar G20 2022

Aplikasi G20 Connect Telkomsel adalah platform aplikasi informatif untuk menampilkan perkembangan terkini dari presidensi Indonesia di G20 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel merilis sebuah aplikasi untuk mendukung Presidensi Indonesia dalam G20 2022 bernama G20 Connect.

Aplikasi ini adalah platform aplikasi informatif untuk menampilkan perkembangan terkini dari presidensi Indonesia di G20 2022.

Bharat Alva, Direktur Information Technology, Telkomsel, mengatakan bahwa mereka selalu hadir dalam berkontribusi pada penyelenggaraan G20 2022 di Indonesia, dengan mengoptimalkan aset teknologi dan kapabilitas digitalnya.

"Salah satunya kini diwujudkan melalui aplikasi G20 Connect, yang menjadi hub bagi setiap informasi rangkaian kegiatan dari presidensi Indonesia di G20," kata Alva, melalui siaran pers, dikutip Jumat (11/11/2022).

Aplikasi ini sendiri dapat diakses oleh para delegasi, seluruh pengguna operator, maupun masyarakat luas.

Ada beberapa fitur di G20 Connect, untuk menyajikan informasi secara lengkap bagi para pemangku kepentingan.

Fitur Schedule, Event Details, dan Venue Details menyediakan beragam informasi mengenai waktu, tempat, dan topik kegiatan yang dilakukan di rangkaian acara G20.

Fitur Latest News dan Gallery menghadirkan informasi terbaru seputar presidensi Indonesia di G20 serta kegiatan yang dilakukan, melalui format artikel, gambar, maupun video.

G20 Connect juga menerbitkan siaran pers yang dapat menjadi rujukan awak media dalam memuat pemberitaan seputar G20 2022.

Telkomsel menyebut, kehadiran Aplikasi G0 Connect ini juga didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pamerkan Potensi Teknologi hingga Pariwisata

Aplikasi ini juga menjadi wadah untuk menunjukkan berbagai potensi Indonesia mulai dari segi teknologi hingga pariwisata.

Terdapat fitur fitur Content Hosting yang mengangkat sejumlah aplikasi unggulan karya anak negeri di berbagai bidang, seperti e-commerce, ride hailing, streaming service, hingga health & wellness.

Fitur lainnya adalah Tour Destination untuk mengeksplorasi berbagai keindahan alam Indonesia, keunikan budaya lokal, hingga aktivitas liburan seru di Tanah Air.

Perusahaan plat merah ini mengklaim, aplikasi G20 Connect digarap oleh talenta-talenta unggul di bidang digital di Telkomsel.

Lebih lanjut, Telkomsel juga menyatakan komitmennya untuk mendukung pemerintah dalam kesuksesan penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan G20 2022.

Sebelumnya, perusahaan telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan 4G/LTE dan memperluas cakupan jaringan 5G di sejumlah wilayah yang menggelar kegiatan G20 2022.

Hal ini guna menghadirkan pengalaman konektivitas digital terdepan bagi seluruh delegasi, termasuk pada puncak KTT G20 2022 yang berlangsung di Bali pada 15 sampai 16 November.

Aplikasi G20 Connect sendiri dapat diunduh secara gratis di platform Google Play Store dan App Store.

3 dari 4 halaman

7.801 BTS untuk Dukung KTT G20 di Bali

Sebelumnya, Telkomsel membeberkan update tentang kesiapannya menjelang KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Perusahaan plat merah tersebut mengklaim infrastruktur termasuk kapasitas dan kualitas jaringan broadband yang mendukung G20 telah siap.

Hal ini dapat tercapai berkat infrastruktur tambahan yang dibangun Telkomsel, termasuk 88 BTS 4G/LTE dan 39 BTS 5G untuk menjangkau titik-titik rangkaian kegiatan Presidensi G20.

Secara total, saat ini sudah ada 7.801 unit BTS berada di Provinsi Bali dan diklaim akan mendongkrak kualitas jaringan selama KTT G20 lancar.

"Penambahan ini diharapkan tidak ada blank spot, dan cukup untuk melayani pelanggan yang meningkat jumlahnya saat G20 digelar," kata Nugroho, Direktur Network Telkomsel, saat konferensi pers di Bali, Rabu (19/10/2022).

Selain mengoptimalkan jaringan broadband, Telkomsel juga sudah menyiapkan sejumlah produk dan layanan untuk membantu tamu G20 saat berada di Bali.

"Kami sudah siapkan outlet khusus bagi tamu G20 dari luar negeri, di mana mereka bisa beli starter pack. Nantinya, mereka dapat mendaftarkan IMEI ponsel dengan lebih mudah dibantu tim dari Telkomsel," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Permudah Penggunaan Nomor Sendiri

Bagi tamu G20 yang ingin tetap memakai nomor mereka sendiri, dan menggunakan roaming internasional, hal tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah.

"Bagi yang ingin tetap pakai nomor sendiri, Telkomsel sudah bekerjasama dengan 48 operator luar negeri sehingga para tamu VIP, delegasi, dan tamu lain dapat berkomunikasi dengan bebas," papar Nugroho.

Kerjasama tersebut mencakup 4G Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara, serta 5G Roaming Partnership dengan 12 perusahaan telekomunikasi seluler.

Ke-12 perusahaan tersebut, dari Amerika Serikat, Arab Saudi, Kanada, Korea Selatan, Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, Rusia, dan Turki.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.