Sukses

Telkomsel Optimalkan Jaringan 4G dan 5G untuk Dukung World Superbike 2022 di Mandalika

Telkomsel mengungkapkan sejumlah upaya untuk mendukung gelaran WSBK 2022 di Mandalika bulan November ini

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menyatakan kesiapannya untuk memastikan ketersediaan jaringan mobile broadband 4G/LTE dan 5G di kawasan Mandalika, dalam rangka mendukung perhelatan World Superbike atau WSBK 2022.

WSBK 2022 sendiri akan digelar di Mandalika International Street Circuit pada 11 sampai 13 November 2022 yang akan datang.

Telkomsel menyebut akan berusaha agar seluruh pembalap, official team, panitia penyelenggara, jurnalis, pengunjung dan turis mancanegara, hingga masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa mendapatkan pengalaman akses komunikasi dan aktivitas digital yang optimal.

Mengutip siaran persnya, dikutip Kamis (10/11/2022), Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, mereka sebagai bagian dari TelkomGroup, telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan broadband 4G/LTE dan 5G Telkomsel di kawasan Mandalika.

"Tentu kami berharap dukungan ini dapat memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat yang hadir untuk menikmati dan mengabadikan keseruan perhelatan event olahraga otomotif balap motor internasional, yakni WSBK 2022," kata Nugroho.

Dukungan sendiri dilakukan dengan cara penguatan kapasitas dan kualitas jaringan untuk 392 BTS 4G/LTE, serta tambahan enam unit Compact Mobile BTS (Combat) di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Hal ini demi memastikan kelancaran aktivitas internet dan digital tim operasional Mandalika Grand Prix Association, pengunjung, dan tim peserta balap motor WSBK 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penambahan 57 BTS 4G/LTE

Di sektor pariwisata, dukungan dilakukan dengan penambahan 57 unit BTS 4G/LTE yang menjangkau area penginapan, lokasi kuliner, medical center, titik transit transportasi seperti bandara, serta tempat wisata, termasuk yang menjangkau jalur jalan utama di kawasan Mandalika

Telkomsel juga menyediakan kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist bagi turis mancanegera yang berkunjung ke Indonesia, untuk mengoptimalkan kebutuhan komunikas hingga aktivitas digitalnya.

Kartu perdana ini menawarkan kuota data sebesar 25 GB, kuota telepon lokal 25 menit, dan kuota telepon internasional (IDD Call) 25 menit untuk masa aktif 30 hari, dengan harga Rp 100 ribu.

 

3 dari 4 halaman

Kesuksesan di MotoGP dan WSBK 2021

Nugroho mengklaim, pada MotoGP 2021 dan WSBK 2021 lalu, mereka telah sukses memastikan kenyamanan aktivitas digital masyarakat dan pengunjung Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB.

Perusahaan mencatat, total payload trafik komunikasi layanan broadband Telkomsel secara keseluruhan mencapai lebih dari 297 TB (Terabyte) atau melonjak hingga 96 persen dibanding hari biasa.

Sementara, khusus layanan data jaringan 5G, tercatat terjadi lonjakan trafik payload mencapai lebih dari 7815 persen.

Kemudian, sebanyak lebih dari 30 ribu wisatawan mancanegara memanfaatkan layanan roaming dari Telkomsel, yang mendorong tumbuhnya pengguna layanan 4G/LTE Telkomsel mencapai lebih dari 123 persen dan layanan 5G Telkomsel hingga 3.900 persen.

Seperti diketahui, sebelumnya, Telkomsel juga sempat memberikan dukungan serupa terhadap perhelatan MotoGP 2021, yang digelar di Mandalika.

 

4 dari 4 halaman

Target 50 Ribu Penonton per Hari di WSBK Mandalika 2022

Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sendiri bakal kembali mendapat kesempatan untuk menghelat ajang World Superbike (WSBK) 2022 pada 11–13 November mendatang.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengaku pihaknya menargetkan 50 ribu penonton per hari untuk hadir meramaikan kompetisi tersebut.

“Kita inginnya 50.000 (penonton) per hari (di WSBK 2022). Kita juga sudah bicara (pada) Gubernur (NTB), Dinas Pariwisata. Kemarin saya ketemu (dengan mereka),” ujarnya saat diwawancarai di Sirkuit Mandalika pada Sabtu (15/10/2022), dikutip dari Bola Liputan6.com.

Terkait hal ini, Priandhi juga membeberkan rencana untuk mengatasi antrean yang terjadi selama pelaksanaan WSBK. Menurutnya, penyelenggara nantinya akan menyediakan fast lane dan regular lane bagi pengunjung.

“Kita rapikan lagi (antrean penonton). Nanti di setiap pintu, kita akan ada fast lane dan regular lane. Kalau (penonton) yang mau cepat, datangnya tidak usah bawa tas, supaya tidak usah diperiksa,” bebernya.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.