Sukses

Ulang Tahun Keempat, Mitra Tokopedia Gelar Kompetisi Apresiasi Pegiat Usaha Tradisional

Tokopedia menggelar kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia sebagai bagian dari kampanye Semangat Ku4t yang digagasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia melalui Mitra Tokopedia menghadirkan kampanye Semangat Ku4t yang digelar bersamaan dengan perayaan ulang tahun keempat layanan ini.

Menurut Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo, kampanye ini ditujukan sebagai apresiasi mitra usaha tradisional yang selama ini sudah menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia untuk mulai dan mengembangkan usahanya.

"Mitra Tokopedia memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha tradisional agar bisa beradaptasi dengan perubahan era lewat pemanfaatan teknologi," tutur Karina dalam konferensi pers yang digelar virtual, Kamis (3/11/2022).

Dijelaskan lebih lanjut, kampanye ini hadir dengan menggelar kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia. Dalam kompetisi ini, para mitra menceritakan kisah mereka selama menggunakan Mitra Tokopedia untuk mendukung bisnis yang mereka jalankan.

"Jadi, beberapa di antara mereka sudah merasakan manfaat dari Mitra Tokopedia dan bisa menceritakannya," tutur Karina menjelaskan. Sebagai hadiah, Tokopedia akan melakukan renovasi warung bagi mitra yang keluar sebagai pemenang.

Untuk penilaian dalam kompetisi ini, Tokopedia fokus pada kisah para mitra yang berusaha bangkit di masa pandemi dengan Mitra Tokopedia. Lalu, mereka yang memiliki kisah tentang eksplorasi berjualan produk fisik ke produk digital.

Hasilnya, dalam kompetisi ini, ada dua pemenang yang sudah terpilih. Ada Marfour Syam pemiliki Toko Si Kembar asal Bogor, lalu ada Titin Lestari pemilik Toko Gibran dari Medan, Sumatera Utara.

Keduanya menceritakan mengenai kisah bisnis mereka sejak bergabung dalam Mitra Tokopedia. Baik Mansyour dan Titin mengungkap bagaimana Mitra Tokopedia bisa membantu meningkatkan bisnis warung yang mereka lakoni. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah Para Mitra

Dalam kisahnya, Marfour menceritakan, awal menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia adalah untuk mencari pendapatan tambahan setelah sang suami berhenti kerja.

Awalnya, ia terpikir untuk memulai usaha tanpa modal. Dari situ, pada 2018 ia menemukan layanan Mitra Tokopedia dan mulai berjualan produk digital.

Sejak saat itu, ia menuturkan bisnis yang dijalankan ternyata berkembang. Banyak konsumen yang membeli sejumlah layanan digital, seperti pulsa telepon, paket data, voucher games, dan token listrik padanya.

"Selain saya dapat untung, saya juga bisa membantu keuangan untuk keluarga saya dan bisa berbagi pada sesama di Jumat Berkah," tuturnya menjelaskan.

Ia pun tidak segan memberikan kesempatan konsumen yang benar-benar membutuhkan untuk bisa membayar belakangan. Untuk memudahkannya, ia memakai fitur Catat Hutang yang ada di aplikasi Mitra Tokopedia.

Sementara Titin menceritakan kisahnya yang telah memiliki warung sejak 2017 dan memiliki omzet tambahan sejak bergabung di Mitra Tokopedia pada 2019. Ia banyak memanfaatkan fitur Grosir untuk bisa menstok kebutuhan jualan dan ditambah dengan produk digital.

"Jadi, setelah saya bergabung dengan Mitra Tokopedia, ada perkembanga, saya tidak pernah kehilangan stok barang. Dan, produk digital yang saya juga semakin beragam," tuturnya menceritakan.

Ia pun mengatakan, omzet yang dihasilkan terbilang baik. Bahkan, ia menuturkan, penghasilan di warung yang didukung Mitra Tokopedia bisa mencukup kebutuhan keluarganya.

Sama seperti Marfour, ia juga memanfaatkan warungnya untuk bisa berbagi dengan orang-orang sekitar. Jadi, ia memungkinkan warga di sekitar untuk menitipkan barang dagangan di warungnya.

 

3 dari 4 halaman

Tokopedia Luncurkan Paket Berlangganan Plus, Apa Itu?

Sebelumnya, Tokopedia mengumumkan kehadiran paket berlangganan pertamanya yang diberi nama Plus. Sebagai langkah awal, layanan ini hadir untuk pengguna yang berdomisili di Pulau Jawa.

Secara garis besar, paket berlangganan ini memudahkan para pengguna setia Tokopedia bertransaksi di platform marketplace tersebut.

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan pengguna, mulai dari pengiriman bebas ongkir tanpa batas dengan waktu pemrosesan lebih cepat dan layanan prioritas.

Selain itu, pengguna juga bisa mendapat keuntungan eksklusif lain dari sejumlah mitra strategis grup GoTo, seperti Halodoc dan Vidio. Menurut Direktur/Head of Marketpalce Grup GoTo, Anthony Wijaya, Plus by GoTo merupakan contoh sinergi strategis antar ekosistem dalam grup GoTo.

"Sebagai satu-satunya pelaku e-commerce yang didukung platform on-demand terkemuka, kami dapat menghadirkan layanan yang lebih baik dan meningkatkan pengalaman pengguna," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (23/8/2022).

4 dari 4 halaman

Biaya Tokopedia Plus

Paket berlanggan Plus ini dibanderol dengan harga Rp 150.000 per enam bulan selama periode promo. Dengan kata lain, pengguna hanya menghabiskan sekitar Rp 25.000 per bulan untuk menikmati beragam keuntungan yang ditawarkan paket ini.

Nantinya, pelanggan Plus bisa mendapatkan kupon eksklusif Tokopedia NOW!, layanan pelanggan prioritas dari Tokopedia Care, serta kemudahan dari mitra strategis yang terhubung dengan grup GoTo di masa depan. 

"Plus by GoTo hadir sebagai solusi yang bisa mempermudah pengguna berbelanja di Tokopedia tanpa harus memikirkan ongkos kirim," tutur Head of Product Tokopedia, Gabriella Kawilarang.

Lebih lanjut Gabriella menuturkan, layanan ini nantinya juga akan tersedia untuk lebih banyak pengguna marketplace ini di berbagai wilayah dan diperluas mencakup anggota ekosistem Grup GoTo lainnnya. Ia berharap, layanan ini bisa meruntuhkan tembok penghalang dalam transaksi online.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.