Sukses

Apple Belum Tentukan Bakal Pakai Layar OLED atau LCD untuk iPhone SE 4

Disebutkan, Apple sedang mempertimbangkan ukuran layar dan menggunakan panel berbeda untuk iPhone SE 4.

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut-sebut masih kebingungan untuk memutuskan bakal pakai layar OLED atau LCD untuk iPhone SE 4.

Analis layar Ross Young mengatakan, ukuran layar iPhone SE 4 yang akan meluncur pada tahun 2024 ini belum final.

Disebutkan, perusahaan berbasis di Cupertino sedang mempertimbangkan ukuran layar berbeda untuk iPhone SE 4.

"Apple masih belum memutuskan bakal menggunakan panel dan ukuran layar di iPhone SE 4," ungkap Ross, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Rabu (2/11/2022).

Ross mengatakan, perusahaan sedang kebingungan untuk menggunakan layar OLED 6.1 inci atau LCD berukuran 5.7 inci dan 6.1 inci di iPhone SE 4.

Informasi, iPhone SE saat ini dilengkapi dengan panel LCD. Dari laporan terkini, desain iPhone SE 4 akan mirip dengan iPhone XR--debut pada tahun 2018.

Karena itu, ponsel baru Apple tersebut akan dilengkapi dengan notch di layar dan satu kamera dengan flash LED di bagian belakang.

Untuk iPhone SE 4, Apple sedang mempertimbangkan panel LCD 5,7 inci hingga 6,1 inci dari dua pemasok, serta panel OLED 6,1 inci dari dua pemasok.

Oleh karena itu, tidak jelas apakah iPhone SE 4 akan menggunakan layar berukuran 5,7 inci atau 6,1 inci dengan teknologi OLED atau LCD.

Laporan lain mengklaim, iPhone SE 4 bisa menjadi ponsel pertama perusahaan dengan pemindai sidik jari dibagian samping bodi ponsel.

Selain itu, berdasarkan render iPhone SE 4 yang muncul bulan lalu menunjukkan kemungkinan ponsel ini masih menggunakan port Lightning.

Terkait hardware, iPhone SE generasi keempat ini kemungkinan bakal dilengkapi dengan Apple A15 atau chipset A16 Bionic terbaru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone SE Generasi Terbaru Mirip iPhone XR

Apple luncurkan iPhone SE 2022 dengan kemampuan 5G. (Doc: Apple)

Apple dikabarkan akan mengubah desain iPhone SE yang dikenal masih sama hingga saat ini. Informasi ini diungkapkan oleh salah seorang pembocor Jon Prosser dalam sebuah siaran podcast.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (1/9/2022), Jon menyebut Apple tidak lagi menggunakan desain yang sama untuk iPhone SE generasi terbaru. Kali ini, perusahaan akan memakai desain mirip iPhone XR yang rilis pada 2018.

Perlu diketahui, iPhone SE yang ada saat ini memang masih mengadopsi desain iPhone lawas. Salah satunya ditunjukkan dengan kehadiran tombol fisik Home, berbeda dari desain iPhone anyar yang sepenuhnya layar.

Oleh sebab itu, apabila informasi ini benar, seri iPhone SE jelas akan mendapatkan penyegaran dari sisi desain. Jon sendiri dikenal kerap memberikan bocoran yang dapat dipercaya, sehingga tidak tertutup ada kemungkinan hal ini memang terjadi.

Kendati demikian, iPhone SE dengan desain baru ini besar kemungkinan tidak akan rilis dalam waktu dekat. Alasannya, iPhone SE generasi ketiga baru saja diperkenalkan pada Maret 2022.

Lalu menilik pola perilisan iPhone SE yang biasanya dilakukan dua tahun sekali, Apple kemungkinan baru akan merilis iPhone SE generasi keempat pada 2024. Sementara di tahun ini, Apple disebut-sebut akan merilis iPhone 14.

Apple juga telah menyebar undangan ke berbagai media untuk event yang digelar tahun ini. Diketahui, Apple event iPhone 14 akan digelar pada 7 September 2022 jam 10 pagi waktu setempat atau 8 September pukul 00.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Bocoran iPhone SE 4

iPhone SE 5G diumumkan dengan chipset A15. (Doc: Apple)

Ross mengatakan ke MacRumors, dia merevisi ekspektasinya untuk iPhone SE generasi keempat tersebut.

Pada Oktober 2021, Ross mengatakan Apple berencana untuk merilis model baru iPhone SE pada 2024 dengan ukuran layar LCD antara 5.7 hingga 6.1 inci.

Selain itu, dia juga menyebut iPhone baru milik Apple ini akan mengusung lubang di layar--tempat sensor dan kamera selfie.

Informasi ini juga menandakan kemungkinan, Apple sedang menjajaki untuk menyematkan Dynamic Island ke iPhone SE 4 ini.

Toh, jika ponsel ini melunucr pada 2024 maka Dynamic Island akan tampil di seluruh model iPhone, terutama di seri iPhone 15.

Meski sudah direvisi, masih belum diketahui secara pasti apakah Apple bakal menyematkan kamera TrueDepth di iPhone SE 4 untuk fitur FaceID.

Beberapa rumor menunjukkan, iPhone SE 4 tidak akan memiliki FaceID dan tetap mempertahankan Touch ID untuk menekan biaya produksi.

4 dari 4 halaman

Layar iPhone SE 4

iPhone SE 2022. Dok: Apple

Lebih lanjut, beberapa pihak Apple memilih untuk memindahkan tombol Home Touch ID yang biasanya di bawah layar ke sisi ponsel.

Hal ini dilakukan Apple untuk lini iPad Air dan iPad mini, sebagaimana diungkap oleh MyDri dan analis Apple, Ming-Chi Kuo.

Selain itu, masih belum diketahui ukuran notch di iPhone SE‌ generasi keempat ini. Namun, kemungkinan ukurannya akan lebih kecil daripada di iPhone‌ XR.

MyDrivers dan dan leaker Jon Prosser juga meyakini, iPhone SE‌ diatur agar serupa dengan iPhone XR dalam hal desain--tanpa tombol Home.

Informas, iPhone‌ XR tampil dengan layar LCD 6,1 inci. Ming-Chi Kuo mengatakan, Apple sedang mengerjakan iPhone SE‌ dengan ukuran layar ini.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.