Startup Lokal Callme Tailor Bangun Marketplace untuk Tukang Jahit dan Permak

Oleh M Hidayat pada 29 Okt 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 29 Okt 2022, 13:00 WIB
Jahit Menjahit
Perbesar
Ilustrasi Foto Menjahit (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Dengan tagline “Solusi Baju Masa Kini”, startup lokal Callme Tailor berambisi menawarkan solusi jahit dan permak untuk ikut berperan dalam memajukan ekonomi Indonesia di industri pakaian lewat pemberdayaan teknologi.

Sebagai supply chain management platform, Callme Tailor berfokus pada industri pakaian dengan konsep online marketplace yang menyesuaikan misinya dengan salah satu kebutuhan utama manusia, yakni Sandang (Pakaian).

Veryco Andrean, Founder di Callme menyatakan bahwa perkembangan industri pakaian yang begitu pesat tidak terlepas dari peran para pegiat UMKM terampil seperti tukang jahit.

"Kami berharap Callme dapat menjadi solusi dari hulu ke hilir sekaligus menjadi jembatan yang dapat menghubungkan seluruh pemangku kepentingan di industri ini dengan pemberdayaan teknologi yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat," ujar Veryco dalam keterangan resminya.

Sebagai salah satu elemen yang memberi dampak pada perkembangan tren fashion yang terus berubah, kebutuhan sandang dapat menimbulkan permasalahan baru dengan banyaknya produk yang beragam. Masalah itulah yang Callme Tailor coba selesaikan.

"Kami mengawali fokus kami terhadap komunitas penjahit dan seluruh perajin kain untuk dapat bersama-sama mengoptimalkan solusi teknologi dari Callme dengan adanya marketplace dan supply chain management," tutur Dini Fronitasari, Chief Technology Officer di Callme.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Solusi

Dini pun berharap solusi yang Callme Tailor tawarkan akan dapat mengoptimalkan potensi pasar di industri ini secara lebih luas dengan tidak terbatas hanya di pasar lokal, tetapi juga di skala internasional.

Secara garis besar, Callme menawarkan dua solusi utama, yaitu Layanan Jasa Jahit & Permak dan Layanan Belanja Produk Pakaian.

Layanan Belanja Produk Pakaian

Solusi ini bertujuan menjadikan Callme sebagai "Surga Belanja Online" untuk para penggemar kain nusantara (Batik, Tenun, Songket) dengan berbagai pilihan motif dan pola yang khas dari masing-masing daerah.

Di sini, Callme memiliki misi memperkenalkan Kain Nusantara secara lebih luas dan mengampanyekan pemakaian Eco Friendly Material di dalam prosesnya.


Layanan Jasa (Jahit & Permak)

Callme menghadirkan sistem Home Service yang memungkinkan para pelanggan mereka memperoleh layanan Jahit & Permak secara utuh. Layanan ini pada dasarnya didukung oleh komunitas mitra penjahit yang berpengalaman di seluruh Indonesia.

Layanan Home Service Callme ini adalah perpaduan antara Jasa Jahit dan Jasa Transportasi Penjemputan/Pengantaran Pakaian oleh mitra jahit.

Para pendiri Callme Tailor menyebut bahwa layanan ini berangkat dari kondisi sebagian besar tukang jahit di industri ini yang memiliki keterbatasan dalam hal jangkauan pelanggan.

Oleh sebab itu, Callme memiliki inisiatif dan berupaya memfasilitasi para penjahit untuk menerima layanan jahit dan permak dengan jangkauan potensi pelanggan yang lebih luas melalui solusi yang mereka tawarkan.


Infografis Journal: Fakta Fenomena Remaja Citayam di Fashion Week Sudirman (Trie Yasni/Liputan6.com)

Infografis Journal
Perbesar
Infografis Journal: Fakta Fenomena Remaja Citayam di Fashion Week Sudirman (Trie Yasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya