Sukses

Pijar Telkom Dukung Bitung Jadi Kota Pintar

PT Telkom Indonesia (Telkom) melalui layanan digital Pijar mendukung Kota Bitung, Sulawesi Utara, untuk menjadi kota pintar.

Liputan6.com, Bitung - PT Telkom Indonesia (Telkom) melalui layanan digital Pijar mendukung Kota Bitung, Sulawesi Utara, untuk menjadi smart city.

Salah satu bentuk dukungan Telkom adalah dengan menggelar Seminar Nasional dan Peluncuran Program Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Masyarakat (PIKM) tentang 'Transformasi Digital Menuju Bitung Kota Pintar' di Sekolah Tinggi Bisnis Manajemen (STBM) Dua Saudara Bitung, baru-baru ini.

Head of Education Ecosystem Telkom Indonesia, Sri Safitri, mengatakan bahwa era digitalisasi saat ini ada yang kerap luput perhatian dari generasi muda.

“Ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh semua orang, khususnya anak muda, yaitu jangan mem-forward informasi apapun tanpa mengetahui referensinya secara jelas. Selain itu, sebisa mungkin hindari menyebarkan hoaks dan hal yang berbau pornografi," katanya dalam seminar tersebut, dikutip Kamis (27/10/2022).

Berkembangnya teknologi tak dipungkiri memungkinkan seseorang menyebarkan informasi dengan mudahnya, tanpa memeriksa keaslian berita tersebut sehingga terkadang menjadi sisi negatif proses digitalisasi.

Meskipun begitu, proses digitalisasi harus dilakukan di suatu daerah agar semua masyarakat tidak ketinggalan informasi terbaru yang bisa bermanfaat untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Hal inilah yang kemudian akan coba diterapkan dalam mewujudkan Bitung menjadi smart city.

Seminar nasional ini juga turut dihadiri Billy Mambrasar selaku Staf Khusus Presiden, Maurits Mantiri (Walikota Bitung), Sri Widodo (GM Witel Sulut Malut), Alfred Salindeho (Ketua STMB Dua Saudara), dan Djufri Ardian (Tribe Leader of Education Telkom Indonesia).

Saat ini, PIKM berdiri selain di STBM Bitung, juga di Universitas Teuku Umar Aceh, Universitas Panca Bhakti Kalimantan Barat, Universitas Sulawesi Barat, dan Politeknik Negeri Fakfak Papua. Dalam waktu dekat akan dirilis di Universitas Bangka Belitung.

”Kami gandeng Pijar Mahir karena selalu menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya," kata Billy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Digitalisasi

Sementara GM Witel Sulut, Malut Sri Widodo, menuturkan pihaknya siap mendukung terwujudnya Bitung Kota Pintar melalui kolaborasi antara Telkom Indonesia melalui Pijar dengan Pemkab Bitung. 

Untuk mendukung proses digitalisasi dan terwujudnya Bitung sebagai kota pintar, Djufri Ardian selaku Tribe Leader of Education Telkom Indonesia, menyampaikan pihaknya juga siap  mendukung proses digitalisasi di Kota Bitung dengan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin.

Hal ini dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Bitung untuk menggunakan semua platform Pijar.

“Pijar memiliki banyak platform yang bisa digunakan untuk setiap lapisan lapisan masyarakat, mulai dari Pijar Belajar yang bisa digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar, Pijar Sekolah yang bisa digunakan untuk memudahkan guru melakukan proses mengajar, dan Pijar Kampus yang bisa digunakan dosen dalam proses digitalisasi kampus," paparnya.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah Pijar Mahir yang memang sudah secara aktif digunakan oleh ribuan pemuda di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang.

Pijar sendiri merupakan bagian dari Leap Telkom Digital atau umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Selain itu, Pijar juga merupakan produk dan layanan ekosistem edukasi di Indonesia secara end-to-end berupa platform pembelajaran berbasis digital untuk mendukung terciptanya SDM unggul. 

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.