Sukses

Layanan WhatsApp Down, Meta Janjikan Perbaikan Segera

Juru bicara Meta menyebut pihaknya telah mengetahui mengenai layanan WhatsApp down dan berjanji akan segera mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan WhatsApp down tengah dikeluhkan para pengguna di seluruh dunia. Akibatnya, pengguna tidak bisa mengirimkan atau menerima pesan, termasuk berkomunikasi dalam grup WA.

Berdasarkan informasi WaBetaInfo yang dikutip dari Tech Crunch, Selasa (25/10/2022), masalah ini terjadi karena persoalan server. Karenanya, ini hanya bisa diselesaikan oleh Meta secara jarak jauh.

Adanya masalah ini juga sudah diketahui oleh Meta sebagai pemilik WhatsApp. Untuk itu, saat ini perusahaan tengah berupaya untuk mengatasinya.

"Kami menyadari beberapa orang saat ini mengalami masalah saat mengirimkan pesan dan kami tengah berupaya memulihkan WhatsApp untuk semua orang secepat mungkin," tutur juru bicara Meta pada TechCrunch.

Perlu diketahui, dari laporan Downdetector, masalah pada WhatsApp sudah terjadi sejak 13.35 WIB. Hingga berita ini ditayangkan, ada lebih dari 2.800 laporan yang melaporkan aplikasi chatting ini tidak bisa diakses.

Mayoritas pengguna melaporkan tidak bisa mengirimkan pesan melalui WhatsApp. Adapun masalah ini diketahui terjadi berbagai wilayah, seperti Asia Tenggara, India, Eropa, hingga Afrika.

Matinya layanan WhatsApp ini terjadi di hampir semua akses, mulai dari aplikasi hingga situs web. Saat diakses melalui WhatsApp Web, aplikasi chatting ini hanya memunculkan pesan "Connecting to WhatsApp, Retrying...".

Selain di Downdetector, pembahasan soal WhatsApp down juga ramai di linimasa Twitter. Pantauan di Twitter hingga saat ini, ada lebih dari 794 ribu tweet yang menggunakan keyword WhatsApp.

Lalu, keyword lain yang masih berhubungan dengan keyword tersebut adalah WA Down dan Ini WA. Ketiga keyword itu pun kini masuk dalam trending topic Twitter di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

WA Group Eror

Sebelumnya, grup WhatsApp atau WA Group eror sehingga banyak pengguna yang tak bisa mengirim pesan apapun, Selasa (25/10/2022).

Saat Tekno Liputan6.com mencoba mengirim pesan di sebuah WA group, kami tak bisa mengirim pesan apapun, baik teks, foto atau video.

Terkait hal ini banyak pengguna yang mengeluh di Twitter.

"Group chat WA lagi eror ya??," tanya seorang warganet.

"Wa group eror ges," tulis warganet lainnya, mengumumkan masalah ini.

"Wa group eror padahal kerjaan bergantung pada wa," tulis pengguna WhatsApp, mengeluh.

Pantauan di Twitter, keywords WhatsApp menjadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 300 ribu cuitan.

Belum diketahui, apa yang menyebabkan WA Group eror, tapi kemungkinan ada masalah dengan server.

Downdetector mendeteksi sedang terjadi masalah pada WhatsApp sekitar sejak 13.35 WIB. Hingga berita ini naik, terpantau sudah ada lebih dari 2.800 laporan. 76 persen pengguna melaporkan tidak bisa mengirim pesan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.