Sukses

292 Kabupaten Kota Belum Beralih ke Siaran TV Digital

Pemerintah akan melakukan penghentian siaran TV analog sesuai kesiapan wilayah di 292 Kabupaten/Kota yang belum beralih ke siaran TV digital.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam konferensi pers yang digelar bersama Menkopolhukam, Senin (24/10/2022), Menkominfo Johnny G. Plate menyebut saat ini sudah ada 222 Kabupaten/Kota di Indonesia yang tinggal menghitung hari menjelang ASO (Analog Switch Off) atau penghentian siaran TV analog.

Itu termasuk Jabodetabek dan 173 Kabupaten/Kota non-teresterial. Untuk diketahui, penghentian siaran TV analog akan dimulai pada 2 November 2022 secara bertahap.

Sementara 292 Kabupaten/Kota lain belum beralih ke siaran TV digital. Menurut Menkominfo, pihaknya akan melakukan ASO sesuai kesiapan wilayah di 292 Kabupaten/Kota tersebut.

"292 Kabupaten/Kota lain akan dilakukan ASO sesuai kesiapan wilayahnya," ujar Johnny.

Kendati demikian, ia menyebut infrastruktur multipleksing, baik yang disiapkan penyelenggara MUX swasta, termasuk pemerintah dan TVRI sudah tersedia.

Namun, distribusi STB (Set-Top-Box), menurut Johnny masih harus disempurnakan. Ia menjelaskan, pembagian STB Jabodetabek hingga sekarang sudah mencapai 479 ribu atau 98,44 persen, dengan rasio pemerintah sekitar 359 ribu dan 112 ribu dari penyelenggara MUX.

"Dengan kata lain, pemerintah menyiapkan 76 persen STB Jabodetabek dan penyelenggara MUX 24 persen," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan Posko Pengaduan

Menjelang ASO Jabodetabek, Menkominfo menyatakan pemerintah menyiapkan posko apabila nanti ada TV yang belum bisa menerima siaran digital.

Dalam konferensi pers tersebut, Johnny juga mengingatkan masyarakat kelas menengah yang masih memiliki TV tabung atau belum memenuhi standar TV digital bisa segera memasang STB di TV-nya masing-masing.

Dengan demikian, pada saat dimulainya siaran TV digital nanti pada 2 November nanti, masyarakat bisa menikmati siaran TV yang lebih jernih dan kanal lebih banyak.

"Pada saat penyelenggaraan Piala Dunia November nanti, masyarakat kelas menengah sudah menyiapkan STB-nya sehingga bisa menonton Piala Dunia di siaran TV digital, dan masyarakat miskin yang sudah mendapatkan STB juga bisa menonton Piala Dunia di di TV digital," tutur Johnny menutup pernyataannya.

 

 

3 dari 4 halaman

Mahfud MD: Penghentian Siaran TV Analog Mulai 2 November 2022 Secara Bertahap

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan pembaruan informasi soal Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog, yang rencananya dilakukan pada 2 November 2022.

"Dari analog ke digital itu akan dilaksanakan 2 November dan dimulai secara bertahap karena masih beberapa hal harus disiapkan," kata Mahfud MD dalam konferensi pers di Jakarta dan disiarkan dari YouTube Kemenko Polhukam RI, Senin (24/10/2022).

"Infrastrukturnya dalam bentuk MUX semuanya sudah selesai, tetapi Set Top Box (STB)-nya itu pemerintah sudah menyelesaikan, yang TV swasta baru 4,4 persen, sehingga ini harus diatur kembali," Mahfud MD menjelaskan.

Meski begitu, Mahfud menegaskan secara umum penghentian siaran TV analog akan tetap memenuhi ketentuan yang sudah diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja, yaitu tetap pada tanggal 2 November 2022.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menjelaskan, dari 514 kabupaten/kota yang melakukan penghentian siaran TV analog, 8 kota/kabupaten di 4 wilayah siaran sudah melakukannya pada April 2022 lalu.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.