Sukses

BUMN Kunci Transformasi Keuangan Digital Negara

Menurut Managing Director CICC (China Internationatl Capital Corporation) Singapore Stephen Ng, BUMN merupakan kunci dalam tranformasi keuangan digital di suatu negara.

Liputan6.com, Jakarta - Managing Director CICC (China Internationatl Capital Corporation) Singapore Stephen Ng menyebut BUMN merupakan kunci dalam tranformasi keuangan digital di suatu negara. Menurt Stephen, kemajuan sektor keuangan harus dimulai dari perusahaan pelat merah.

"BUMN memimpin porsi terbesar bagaimana inisiatif dalam digitalisasi, karena BUMN memiliki peran penting bagi negara," ujar Stephen dalam DOE International Conference di BNDCC Nusa Dua, Bali seperti dikutip dari siaran pers yang diterima, Minggu (23/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Stephen juga mencontohkan, transformasi keuangan digital di Tiongkok yang dimulai dari perbankan milik negara. Ia menuturkan, perusahaan swasta jangan sampai mendominasi suatu negara.

Oleh sebab itu, BUMN perlu melakukan inovasi agar transformasi digital bisa berjalan beriringan antara perusahaan swasta dan BUMN.

"Anda tahu, di Tiongkok itu fintech sebagian besar didominasi perusahaan swasta, ekonomi digital. Untuk itu, BUMN harus menempatkan diri, bank-bank di Tiongkok bukan hanya menjadi pembangunan ekonomi, tapi juga transformasi digital," jelasnya.

Tak hanya inovasi, BUMN juga harus memiliki pendanaan atau modal yang kuat. Stephen mencontohkan, tiga bank terbesar di Tiongkok seperti ICBC, Bank Of China, dan Bank Konstruksi China menggelontorkan investasi sekitar USD 1,3 miliar di fintech untuk memperkuat pemanfaatan teknologi di sektor perbankan.

"Dalam dua tahun terakhir, bank besar juga telah menyesuaikan grafik struktur untuk mencapai transformasi. Misalnya, Bank Konstruksi China, Bank of China, menetapkan tingkat digitalisasi keuangan yang bagus. Mereka memiliki komite terkait serta departemen teknologi untuk mengelola pusat data," ujarnya.

Namun tidak hanya itu, Stephen menuturkan hal terpenting untuk melakukan transformasi keuangan digital adalah meningkatkan SDM, baik dari sisi perbankannya maupun nasabahnya. Terlebih, pelaku UMKM yang saat ini juga masih banyak yang belum tersentuh perbankan.

"Hasilnya, pada akhir paruh pertama tahun 2022 pinjaman kepada UMKM pedagang China benar-benar tumbuh menjadi sekitar USD 93 miliar. Tingkat pertumbuhan industri perangkat lunak dan layanan TI telah menjadi yang terdepan dalam pembangunan kawasan selama tiga tahun berturut-turut. Ekonomi digital telah menjadi bagian penting dari transformasi pembangunan ekonomi digital," ujarnya menutup pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transformasi Digital Bisa Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Di samping itu, akselerasi transformasi digital atau digitalisasi dinilai perlu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Studi terbaru Kearney menunjukkan, pemerintah Indonesia perlu menerapkan sistem yang dapat mendukung terciptanya tenaga kerja yang adaptif, kolaboratif, dan siap dengan perkembangan teknologi di berbagai industri.

Indonesia sendiri memiliki visi untuk menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia, yang diprediksi akan mencapai era keemasannya di tahun 2045.

Potensi ekonomi Indonesia menunjukkan, ambisi tersebut bisa dicapai dengan meningkatkan kualitas sistem pendidikan.

Bonus demografi yang akan dialami pada tahun 2045 dengan jumlah 70 persen populasi berada di usia produktif, dinilai bisa dioptimalkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Digitalisasi sistem pendidikan merupakan langkah yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," kata Shirley Santoso, Presiden Direktur dan Partner Kearney.

Dalam pemaparannya studi bertajuk Unleashing a digital transformationfor equitable, high-quality education ini, Shirley mengatakan, inisiatif tersebut akan memiliki implikasi positif bagi kualitas sumber daya manusia.

Menurut Kearney, digitalisasi di bidang pendidikan juga akan mendukung akses yang lebih mudah dalam implementasi layanan pembelajaran yang merata, dan mempersiapkan pasokan talenta digital yang berkualitas tinggi.

"Peningkatan sektor pendidikan juga harus merata, tidak hanya di pulau Jawa, tetapi juga di seluruh negeri," imbuhnya seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (2/9/2022).

 

3 dari 4 halaman

Empat Pondasi yang Harus Dibangun

Kearney menyebut, ada empat pondasi yang harus dibangun untuk mempercepat transformasi digital untuk menguntungkan sistem pembelajaran di Indonesia.

Pertama adalah meningkatkan kualitas layanan pembelajaran digital. Peningkatan layanan e-learning dengan fitur yang beragam dinilai sangat diperlukan.

Mewajibkan digitalisasi di semua sekolah dan mengembangkan database pendidikan nasional yang terintegrasi dapat menjadi langkah awal percepatan transformasi digital di sektor pendidikan.

Kearney mencontohkan, Singapura menjadi salah satu negara yang sudah mengembangkan platform e-learning nasional yang bernama Singapore's Student Learning Space.

Platform ini telah diimplementasikan di setiap sekolah dan menyediakan berbagai sumber berkualitas tinggi yang selaras dengan kurikulum.

Singapore's Student Learning Space juga memiliki spesifikasi produk berstandar tinggi, termasuk pengalaman belajar, tampilan yang ramah pengguna, dan pembelajaran pribadi yang didukung AI.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Akses

Kedua, harus ditingkatkan juga infrastruktur dan kurikulum sekolah dengan menghubungkan pondasi industri digital dengan sektor pendidikan.

Peningkatan akses sekolah terhadap penggunaan internet dan perangkat pintar, kompetensi keahlian guru di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan kurikulum pelajar yang memasukkan program matriks keterampilan digital.

Untuk mendapatkan lebih banyak akses ke layanan e-learning, siswa harus memiliki akses yang mudah ke perangkat pintar dan koneksi internet yang baik.

Selain itu, keterampilan TIK di masyarakat, khususnya pada siswa, guru, dan tenaga kerja, sangat penting untuk akses universal ke infrastruktur TIK.

Ketiga adalah digitalisasi di ekosistem pendidikan. Kolaborasi dengan pihak ketiga seperti perusahaan swasta, dapat membantu digitalisasi ekosistem pendidikan.

Hal ini bisa dicapai dengan memfasilitasi ekspansi perusahaan teknologi informasi untuk mendukung digitalisasi sektor pendidikan. Ekosistem digital yang kuat dalam pendidikan dapat membantu pemerintah mempromosikan pembelajaran digital kepada siswa dan pengguna.

Ekosistem pendidikan digital yang andal juga bisa menarik pelaku di bidang teknologi pendidikan untuk berinvestasi dalam digitalisasi dan mendukung pertumbuhan sektor ini.

Terakhir adalah pendanaan dan regulasi. Hal ini dirasa sangat penting untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.