Sukses

DANA Dukung Digitalisasi Keuangan di Kepulauan Natuna

DANA melihat salah satu bentuk perkembangan yang hadir di Kepulauan Natuna adalah inovasi masyarakat lokal melalui NatunaMart, hingga adopsi sistem pembayaran QRIS

Liputan6.com, Jakarta Platform dompet digital DANA menyatakan dukungannya untuk mendorong digitalisasi keuangan sampai ke pulau terdepan di Indonesia, dalam hal ini adalah Kepulauan Natuna.

Dalam pernyataannya, DANA menilai Kepulauan Natuna memiliki potensi yang berlimbah seperti kelestarian alam, migas, hingga perikanan yang memajukan berbagai sektor seperti pariwisata, perdagangan, sampai kelautan.

Menurut laporan yang tercatat dalam Kepulauan Natuna Dalam Angka 2021, di tahun itu, terdapat lebih dari 5.650 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Pemerintah sendiri juga memberikan dukungan bagi wilayah ini, termasuk dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam hal ini, bantuan pemerintah yang dimaksud adalah penyediaan infrastruktur telekomunikasi, Palapa Ring, sehingga masyarakat Natuna sekarang sudah dapat mengakses internet.

Dikutip Kamis (20/10/2022), DANA melihat salah satu bentuk perkembangan yang hadir di Kepulauan Natuna adalah inovasi masyarakat lokal melalui NatunaMart, hingga adopsi sistem pembayaran QRIS.

DANA pun melihat bahwa bentuk inovasi ini adalah bentuk dari semangat kemandirian masyarakat di wilayah tersebut.

Mereka menyatakan, telah ikut memberdayakan lebih lebih dari 500 ribu UMKM mitra DANA Bisnis, dan berpartisipasi aktif dalam memperluas akses layanan keuangan digital di Kepulauan Natuna selama setahun terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Digandeng untuk Literasi Keuangan

Sejak tahun lalu, DANA sendiri telah menggandeng Pemda Kabupaten Natuna, sebagai mitra untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat, dan memfasilitasi transaksi nontunai di aplikasi NatunaMart melalui QRIS

Selain itu, DANA juga digandeng untuk memperkaya pengetahuan UMKM lewat pendampingan mengenai kewirausahaan di era digital.

Puncaknya, DANA menginisiasi sekaligus mempersiapkan Kepulauan Natuna menjadi Kepulauan Digital lewat pencanangan Natuna Digital Islands pada 16 Oktober 2022.

Inisiatif DANA untuk memberdayakan Kepulauan Natuna lewat teknologi yang inklusif juga mendapat dukungan oleh pemangku kepentingan di daerah dan juga pusat.

Bupati Kabupaten Natuna Wan Siswandi mengatakan, Kabupaten Natuna semakin hari, semakin maju dengan berbagai inovasi, serta pembangunan di berbagai sektor. Wan Siswandi mengatakan.

"Kehadiran DANA di Natuna juga merupakan indikator majunya Kabupaten Natuna dengan mengoptimalkan era digital untuk transaksi keuangan, baik untuk transfer, maupun jual beli barang," kata Wan Siswandi.

3 dari 4 halaman

Melihat Digitalisasi Sebagai Solusi

Pencanangan Natuna Digital Islands digelar di Ruang Terbuka Hijau, Pantai Piwang, dan dihadiri Pemda Kabupaten Natuna beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Natuna.

Hadir juga jajaran dari Kementerian/Lembaga, antara lain Bank Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Kementerian Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi.

Salah satu startup lokal besutan putra-putri Natuna yang mendapatkan apresiasi di sini adalah NatunaMart. Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM M. Riza Damanik pun berharap agar semakin banyak UMKM yang dapat go digital sesuai dengan kearifan lokal.

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia mengatakan, pencanangan ini jadi momentum untuk melihat digitalisasi sebagai salah satu solusi perekonomian secara menyeluruh, dan mendistribusikan manfaat bagi daerah-daerah terdepan di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Dapat Diperluas ke Daerah Lain

"Besar harapan kami agar kolaborasi sinergi antara pelaku usaha yang mendukung UMKM lokal dapat diperluas ke wilayah-wilayah lain di Indonesia dan memberikan bukti bahwa digitalisasi menjadi kunci pertumbuhan ekonomi lokal ke depannya," kata Samara.

Selama acara peresmian, DANA juga menyiapkan beberapa program menarik, demi meningkatkan adopsi sekaligus mengedukasi manfaat dompet digital.

DANA juga menghadirkan produk kuliner terpilih dalam Pojok Kuliner Rakyat, yang berisi UMKM, yang telah mendapatkan pendampingan digitalisasi dan wirausaha dari mereka.

DANA juga menyiapkan penghargaan khusus bagi 10 UMKM NatunaMart dan tiga driver NatunaMart teratas.

Demi mendukung Natuna Digital Islands yang berkelanjutan, DANA juga merangkul operator telekomunikasi Smartfren sebagai mitra telekomunikasi.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.