Sukses

Review Amazfit GTS 4 Mini: Dipakai Ringan, Fitur Olahraga Ratusan

Berikut ulasan dan pengalaman saya dalam menggunakan Amazfit GTS 4 Mini.

Liputan6.com, Jakarta - Amazfit GTS 4 Mini jadi salah smartwatch Amazfit yang dirilis di tahun 2022 ini. Tentu saja, fitur-fitur lengkap yang menunjang aktivitas dan gaya hidup sehat, masih jadi andalan di perangkat yang satu ini.

Untuk spesifikasi, GTS 4 Mini mengusung desain Ultra-slim dan ringan, menggunakan layar 1,65 inci HD AMOLED. Beratnya sendiri 19 gram tanpa strap (31,3 gram dengan strap), dan berukuran 9,1mm.

Dalam laman resminya, jam tangan pintar dengan baterai 270 mAh ini diklaim dapat bertahan sampai 15 hari penggunaan biasa, 8 jam penggunaan berat, 45 hari dengan Battery Saver Mode, dan 21 jam untuk penggunaan GPS secara terus menerus.

Amazfit juga menghadirkan lebih dari 120 Sports Modes dalam smartwatch yang satu ini, serta smart recognition untuk walking, indoor walking, outdoor running, treadmill, outdoor cycling, elliptical, dan rowing machine.

Perangkat ini juga memiliki tingkat ketahanan air 5 ATM atau dapat bertahan di tekanan air sampai 50 meter, serta sudah mendukung teknologi GPS.

Selama beberapa pekan ini, Amazfit GTS 4 Mini ada di meja redaksi Tekno Liputan6.com, di mana saya berkesempatan untuk menjajal sedikit lebih banyak soal fitur-fitur dan kemampuannya. Berikut ini ulasan singkatnya.

Untuk desain, Amazfit GTS 4 Mini punya desain yang cantik, stylish, tapi simple. Strap bawaan perangkat ini pun nyaman untuk kulit saya dan terbilang ringan saat dipakai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilihan Olahraga

Meski begitu harus saya akui, warna Moonlight White yang saya jajal kurang cocok buat saya yang lebih suka warna-warna gelap dan netral. Untungnya bagi orang yang satu selera dengan saya, Amazfit menghadirkan warna Midnight Black. 

Ada lagi yang keluhan minor saya untuk strap perangkat ini, yaitu cara pemasangannya yang harus memasukkan ujung strap ke lubang, sering kurang mulus karena ujung strap yang nyangkut di kulit saat dimasukkan.

Perangkat ini juga tahan percikan air dan keringat. Untuk kulit saya, bagian belakang dari jam ini juga tidak bikin tangan gatal atau iritasi. Jadi, enak dipakai.

Layar sentuhnya pun juga oke dengan sensitivitas yang cukup baik.  Touchscreen-nya sendiri mengusung tempered glass dan anti-fingerprint coating, yang memang tidak meninggalkan sidik jari saat disentuh.

Untuk fitur-fitur standar smartwatch seperti pengukur heart rate, oksigen, sleep monitor, cycle tracking, PAI, dan pengukur langkah pastinya hadir di perangkat ini. Begitu pula dengan one tap measure.

Namun, fitur olahraga yang dihadirkan jauh lebih lengkap dari smartwatch pada umumnya. Amazfit bahkan membawa beberapa olahraga non-fisik seperti esports, catur, hingga permainan kartu di perangkat ini.

 

3 dari 4 halaman

Fitur Menarik Lainnya

Latihan fisiknya juga jauh lebih banyak jika dibandingkan smartwatch lain, termasuk beragam olahraga bela diri, tarik tambang, main layang-layang sampai motion sensing game.

Dengan banyaknya pilihan latihan ini, kamu bisa menggunakan perangkat ini untuk berbagai kegiatan, termasuk yang seringkali tak diperhitungkan sebagai olahraga atau sekadar permainan fisik biasa.

Fitur GPS juga tentu dihadirkan di sini dengan cukup akurat. Ada juga fitur lain seperti Find My Phone, saat pengguna menyambungkannya dengan aplikasi di smartphone.

Kamu juga dapat melihat ketinggian matahari dengan fitur Sun and Moon, untuk menentukan kapan waktu yang baik buat berkegiatan di rumah.

Fitur menarik lainnya adalah Pomodoro Timer, di mana kamu bisa memanfaatkannya perangkat ini untuk menentukan waktu fokusmu dengan mengatur timer dari GTS 4 Mini, yang akan memberitahukan kapan kamu harus beristirahat.

Untuk waktu penggunaan selama dua pekan sejak saya menerima perangkat ini, Amazfit GTS 4 Mini terbilang cukup hemat. Jika digunakan untuk pemakaian harian atau olahraga intens sesekali, baterainya masih ada 78 persen dalam dua minggu.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tentu saja, bukan smartwatch jika tidak bisa dikoneksikan dengan smartphone. Di sini, aplikasi Zepp jadi aplikasi yang paling cocok untuk Amazfit GTS 4 Mini.

Lewat aplikasi Zepp, pengguna juga dapat membuat agenda untuk to-do list yang bisa dilihat dari smartwatch, sampai mengaktifkan lock screen smartphone dengan jam melalui bluetooth.

Kesimpulan, Amazfit GTS 4 Mini cocok buat kamu yang mencari smartwatch dengan fitur-fitur cukup lengkap, namun memiliki bobot yang ringan di tangan.

Sayangnya bagi penyuka warna kalem dan gelap seperti saya, hanya ada satu varian warna yang cocok buatmu. Selain itu, pemasangannya yang seringkali seret juga memang cukup menghambat kalau butuh dipakai dengan cepat.

Catatan, apa yang saya jabarkan di sini adalah ulasan dan pengalaman pribadi dalam menggunakan Amazfit GTS 4 Mini. Setiap orang mungkin memiliki pengalaman, preferensi, dan pengetahuan yang berbeda dalam menggunakan perangkat ini.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.