Sukses

Top 3 Tekno: Harga iPhone 11 Dkk Turun 22 Persen Sedot Perhatian

Setelah peluncuran iPhone 14, harga untuk sejumlah model yang jauh lebih lama seperti seri iPhone 8, iPhone 11 dan iPhone XR turun sekitar 22 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah peluncuran iPhone 14, harga untuk sejumlah model yang jauh lebih lama seperti seri iPhone 8, iPhone 11 dan iPhone XR turun sekitar 22 persen.

Informasi ini menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (15/10/2022) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari PB ESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) mengumumkan digelarnya Liga Esports Nasional Pelajar 2022 untuk pelajar SMA/SMK/MA sederajat di seluruh Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. iPhone 14 Bikin Harga iPhone 11 dan Model Lama Lainnya Turun 22 Persen

Peluncuran seri Apple iPhone 14 pada 7 September lalu membuat dampak besar pada pasar smartphone baru secara global.

Perusahaan riset pasar Counterpoint Research melaporkan, ada permintaan yang tinggi, khususnya untuk model Pro. Bahkan, pasar sekunder juga terkena dampaknya; model iPhone lebih lama mengalami penurunan permintaan.

Menurut laporan Refurbished Smartphone Tracker terkini, Counterpoint Research menyebut bahwa Apple memimpin pasar refurbished smartphone secara global dan di Amerika Serikat. Menurut laporan itu, model iPhone lama seperti seri 8, X dan 11 menjadi mayoritas di pasar sekunder Amerika Serikat.

Harga jual rata-rata iPhone (average selling price, ASP) di pasar refurbished smartphone sedang mengalami transisi. Itu menyebabkan model-model lama dengan cepat kehilangan pangsa pasar karena model-model lebih baru dijual.

Dalam hal ini, menurut Counterpoint Research, faktor 5G memiliki peran besar di sini. Karena semakin banyak konsumen memilih 5G, pengiriman smartphone 5G baru menyalip smartphone 4G di Amerika Serikat.

Itu menyebabkan konsumen yang ingin membeli iPhone refurbished kemungkinan besar ingin menggunakan uang yang mereka hemat untuk perangkat 5G.

"Itu mengurangi permintaan untuk seri iPhone 4G. Dengan ekonomi yang sedang lesu, beberapa konsumen mungkin memilih seri iPhone 13 di pasar sekunder daripada seri iPhone 14 baru," kata Counterpoint dalam laporannya.

Setelah peluncuran iPhone 14, harga untuk sejumlah model yang jauh lebih lama seperti seri iPhone 8, iPhone 11 dan iPhone XR telah turun sekitar 22 persen.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. PB ESI Gelar Kompetisi Liga Esports Nasional Pelajar 2022

PB ESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) mengumumkan digelarnya Liga Esports Nasional Pelajar 2022 untuk pelajar SMA/SMK/MA sederajat di seluruh Indonesia. Kompetisi ini akan dijalankan oleh akademi esports resmi PB ESI, Akademi Garudaku.

Kompetisi ini digelar pada 28 Oktober hingga 22 November 2022 dan akan memperebutkan total hadiah Rp 200 juta serta beasiswa pendidikan senilai Rp 3 miliar. Dalam kompetisi ini, PB ESI menargetkan 1.000 sekolah atau 15.000 tim yang setara dengan 75.000 pemain yang akan berpartisipasi.

Liga ini akan mempertandingkan dua game, yakni Free Fire dan Mobile Legends: Bang Bang. Dua game ini dipilih karena berdasarkan peminatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, Free Fire dan Mobile Legends: Bang Bang menjadi yang banyak diminati.

"Selain untuk menemukan bibit-bibit atlet profesional untuk masa depan, Liga Esports Nasional Pelajar yang menggandeng dunia pendidikan menjadi upaya strategis dalam mengembangkan potensi esports masa depan yang cerdas dan berkarakter," tutur Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi PB ESI, Ashadi Ang dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (14/10/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Program Akademi/Ketua Pelaksana Liga Esports Nasional Robertus Aditya menuturkan, Liga Esports Nasional Pelajar akan menjadi program yang digelar secara rutin.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Toleransi Penting untuk Komunikasi Antarbudaya di Media Sosial

Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi menggelar webinar bertajuk "Kesadaran Komunikasi Antarbudaya di Era Digital."

Webinar yang berlangsung pada Kamis, 13 Oktober 2022 itu diikuti oleh kelompok masyarakat dari berbagai komunitas Digital di DKI Jakarta dan Banten. Kegiatan itu bertujuan mendukung peningkatan kecapakan masyarakat di media digital.

Menurut penyelenggara, peran masyarakat yang cakap digital sangat penting dan itu diharapkan akan membantu mencapai target kumulatif 50 juta orang terliterasi pada tahun 2024.

Merujuk pada laporan We Are Social Hootsuite, terdapat 204,7 juta pengguna internet per Februari 2022 di indonesia . Di antara angka itu, ada 191,4 juta pengguna media sosial aktif.

Kemudian, Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 berada pada level “sedang” dengan skor 3,49. Sebagai informasi, pengukuran dengan Kerangka Indeks Literasi Digital 2021 menggunakan empat pilar, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital.

Tersebab Indonesia masih berada di level “sedang”, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital melakukan sejumlah inisiatif, termasuk webinar ini, dalam rangka meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.