Sukses

Xiaomi Bakal Setop Fitur Gallery Sync di Layanan Cloud Miliknya?

Xiaomi dikabarkan bakal menyetop fitur Gallery Sync dengan Xiaomi Cloud di tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dikabarkan bakal menyetop fitur Gallery Sync dengan Xiaomi Cloud. Meski belum diumumkan secara resmi, informasi ini diketahui dari developer Kacper Skrzypek yang menemukan draft rencana ini.

Untuk diketahui, Gallery Sync merupakan fitur penyimpanan koleksi foto atau video pengguna perangkat Xiaomi di Xiaomi Cloud. Pengguna biasanya mendapatkan layanan ini secara gratis dengan kapasitas memori 5GB.

Sementara bagi mereka yang ingin menambah kapasitasnya tersedia pula versi berbayar. Namun seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (16/10/2022), fitur ini bakal disetop sehingga pengguna yang memakai layanan berbayar nantinya akan mendapatkan refund.

Belum diketahui kapan rencana layanan Gallery Sync ini akan dihentikan, tapi ada kemungkinan rencana tersebut akan dilakukan di tahun ini. Sebagai gantinya, pengguna disebut akan diminta memindahkan koleksi foto atau video mereka di Xiaomi Cloud ke Google Photos.

Meski kemampuan sinkronisasi foto dan video akan dihentikan, layanan lain yang memanfaatkan Xiaomi Cloud disebut masih akan berjalan, seperti kemampuan backup dan sinkronisasi kontak, pesan, serta catatan.

Kacper juga menemukan, Xiaomi telah menyiapkan pengumuman disetopnya layanan ini. Dalam pengumuman itu disebutkan pengguna diminta untuk mengunduh atau mentransfer data mereka ke layanan lain.

Disebutkan pula, pengguna HP Xiaomi diberi waktu hingga tahun depan untuk melakukannya. Setelah itu, Xiaomi akan menghapus layanan ini dan pengguna tidak bisa lagi mendapatkan data mereka lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pakai Android Go, HP Xiaomi Redmi A1 Terbaru Siap Meluncur di Indonesia

Di sisi lain, Xiaomi mengungkapkan bakal merilis smartphone Android Go terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Redmi A1. Kehadiran smartphone ini disebut sekaligus sebagai pencapaian anyar bagi Xiaomi dalam hal TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri).

Alasannya, Redmi A1 memiliki nilai TKDN sebesar 40,3 persen. Nilai ini melampaui ketentuan TKDN untuk perangkat telekomunikasi berbasis 4G dan 5G sebesar 35 persen seperti tertuang dalam Peraturan Menter Kominfo No. 13 Tahun 2021.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (11/10/2022), TKDN Xiaomi Redmi A1meliputi berbagai aspek seperti manufaktur (penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, termasuk penambahan proses SMT untuk perakitan PCB.

Tidak hanya itu, Xiaomi juga mengembangkan produk untuk software secara lokal, dan mengembangkan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal. Rencananya, Redmi A1 akan diperkenalkan pada 28 Oktober 2022.

Meski belum diumumkan secara resmi, informasi seputar smartphone ini sudah mulai diungkap. Salah satunya adalah Redmi A1 memiliki desain dengan tekstur kulit yang membuatnya tampil premium dan elegan untuk perangkat di kelasnya.

Sementara untuk spesifikasi lain, smartphone ini memiliki kamera ganda AI 8MP, baterai 5.000mAh, dan layar berukuran 6,52 inci. Xiaomi juga membekali smartphone ini dengan fitur ekspansi RAM hingga 5GB pada varian tertingginya.

Dalam keterangannya, Xiaomi menyebut smartphone ini bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin melakukan upgrade dari feature phone ke smartphone, serta mereka yang ingin memiliki smartphone untuk pertama kalinya.

Sebagai bagian dari peluncuran smartphone ini, Redmi A1 akan hadir dengan desain boks khusus bertema Indonesia karya Sigit Setyo Nugroho yang merupakan Xiaomi fans. HP Xiaomi ini juga dibekali tema khas dan wallpaper khusus Indonesia.

3 dari 5 halaman

Xiaomi 12T Pro dan 12T Diumumkan, Harga dan Spesifikasinya?

Xiaomi juga mengumumkan kehadiran HP Android terbarunya dengan kamera 200MP bersensor 1 inci.

Kedua ponsel baru tersebut adalah Xiaomi !2T Pro dan 12T, dimana lini T tampil bukan sebagai seri penerus atau peningkatan dari Xiaomi 12.

Lalu berapa harga Xiaomi 12T Pro dan 12T, seperti apa spesifikasi kedua ponsel baru tersebut?

Xiaomi 12T Pro tampil sebagai seri andalan dari kedua ponsel yang diumumkan oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut, kenapa?

Ini adalah ponsel pertama Xiaomi yang menggunakan kamera 200MP Samsung ISOCEL HP1, dan sudah dilengkapi dengan sensor 1/1.22 inci.

Selain lensa 200MP, Xiaomi juga melengkapi Xiaomi 12T Pro ini dengan kamera 8MP (ultrawide) dan 2MP (makro).

Perusahaan juga memasang lensa berkemampuan 20MP untuk urusan selfie, dan sebuah sensor sidik jari di bawah layar.

 

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Xiaomi 12T dan 12T Pro

Berbicara layar, Xiaomi 12T Pro tampil dengan panel AMOLED berukuran 6.67 inci, dan sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Xiaomi juga menyertakan teknologi HDR10+ dan Dolby Vision, yang diklaim akan menawarkan tampilan gambar lebih detail dan warna natural.

Agar tidak mudah tergores dan tahan benturan, perusahaan sudah menggunakan teknologi Gorilla Glass 5 di layarnya.

Untuk urusan performa, Xiaomi 12T Pro sudah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 dipasangkan dengan LPDDR5 RAM 8GB, dan memori UFS 3.1 sebesar 128GB.

Xiaomi juga menyediakan opsi 12T Pro dengan dua pilihan lainnya, yaitu RAM 8/25GB dan 12/256GB. Ponsel ini sudah langsung beroperasi dengan Android 12 (MIUI 13).

Agar bertahan seharian, Xiaomi 12T Pro ditenagai dengan baterai berkapasitas 5,000mAh dengan kemampuan fast charging 120W. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.