Sukses

Deretan Fitur Android 12L yang Kini Hadir di Samsung Galaxy Tab S8

Samsung resmi menggulirkan Android 12L untuk seri Galaxy Tab S8 dan membawa sejumlah perubahan untuk mengoptimalkan pemakaian di layar besar.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung resmi meluncurkan pembaruan Android 12L untuk lini Galaxy Tab S8. Dengan pembaruan ini, Samsung menghadirkan pengalaman penggunaan yang lebih dioptimalkan pada layar besar.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (16/10/2022), perubahan utama yang dihadirkan Android 12L di Galaxy Tab S8 Series adalah penambahan taksbar di bagian bawah layar, sehingga tampilan antarmukanya lebih intuitif dan user-friendly dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, pembaruan ini menghadirkan beberapa kemampuan lain, seperti Split Screen View yang dapat mendukung hingga tiga layar, taksbar dapat disembunyikan sementara tampilan layar agak lebih imersif, notifikasi dapat diseret menjadi layar baru, dan semua aplikasi bisa dilihat dalam bentuk grid.

Untuk mendukung kemampuan multasking melalui taskbar, pengguna dapat melakukan kustomisasi taskbar dengan aplikasi favorit. Taskbar ini juga dapat mengingat dan menampilkan dua aplikasi terakhir yang digunakan, sehingga lebih mudah diakses.

Lalu untuk mengoptimalkan potensi split screen di Samsung Galaxy Tab S8 Series, kini pengguna dapat menampilkan hingga tiga aplikasi sekaligus. Pengguna dapat pula mengatur layout dan mengubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan.

Fitur lain yang juga dihadirkan Samsung adalah peek-through. Dengan kemampuan ini, pengguna bisa 'mengintip' melewati jendela pop-over dengan menahan layar di sekitar.

Cara ini akan mengubah pop-over menjadi transparan untuk sementara, sehingga pengguna dapat melihat aplikasi lain di belakangnya. Fitur ini dapat digunakan pada sejumlah aplikasi seperti clock dan reminder.

Android 12L juga memperluas cakupan aplikasih pihak ketiga pada Galaxy Tab S8 dengan membuat semua aplikasi biasa dibuka dalam tampilan pop-up atau Split Screen View. Dengan demikian, semua aplikasi bisa ditampilkan secara proporsional dan optimal di layar lebih besar.

Dalam beberapa bulan ke depan, aplikasi pihak ketiga yang bisa dioptimalkan untuk pengalaman layar lebih besar juga akan bertambah. Selain Galaxy Tab S8, Android 12L akan hadir pula ke lini Galaxy Tab S7, Tab S7 Fe, Tab S6, Tab S6 Lite, Tab Active3, dan Tab A7.9.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Samsung Sebut Galaxy Z Fold4 5G dan Flip4 5G Terjual Lebih Banyak dari Pendahulunya

Di sisi lain, Samsung mengungkapkan, smartphone foldable mereka yaitu Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G diterima dengan baik di Indonesia. Hal ini terlihat dari sisi penjualan, dua bulan setelah peluncurannya.

Informasi disebutkan oleh Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Electronics Indonesia, dalam workshop di Seminyak, Bali, Senin awal pekan ini (10/10/2022).

Verry mengklaim, dari sisi penjualan, kedua perangkat tersebut lebih besar dua kali lipat dibandingkan tahun lalu alias jika dibandingkan dengan smartphone pendahulunya, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip4.

"Hasil penjualan kami dua kali dibandingkan tahun lalu, dan memegang urutan nomor dua dunia," kata Verry, meski tidak merinci lebih lanjut mengenai data penjualan tersebut.

Selain itu, disebutkan Samsung Galaxy Z Flip4 5G memiliki penjualan sedikit lebih besar ketimbang Galaxy Z Fold4 5G, di mana untuk Flip4 penjualannya sebesar 52 persen sementara Fold4 sebesar 48 persen.

Verry menambahkan, pasar untuk para pengguna HP layar lipat di Indonesia masih sangat luas, apalagi kebanyakan pengguna smartphone menggunakan ponsel yang berbentuk bar atau batangan.

Untuk spesifikasi, Samsung Galaxy Z Flip4 5G memiliki layar utama Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,7 inci dengan kemampuan Adaptive Refresh Rate mulai dari 1-120Hz. Sementara di bagian depan, ada layar cover Super AMOLED 1,9 inci yang beresolusi 512x260 piksel.

Untuk dapur pacu, Samsung menyematkan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 8GB. Ada tiga pilihan memori yang tersedia, yakni 128GB, 256GB, serta 512GB.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi Galaxy Z Flip4 5G

Untuk fotografi, ada dua kamera belakang yang dibenamkan Samsung di Galaxy Z Flip4 5G, yakni lensa ultra-wide 12MP dengan dengan aperture f2.2 dan wide-angle 12MP dengan aperture f1.8. Soal selfie, ada kamera depan 10MP dengan aperture f2.4.

Meski menggunakan konfigurasi yang tidak jauh berbeda dari Z Flip3 5G, Samsung menyebut sensor kamera Galaxy Z Flip4 5G lebih besar, yakni 1.8 micron dari sebelumnya 1.4 micron.

Pikselnya 65 persen lebih terang dan disebut cocok untuk aktivitas Nightography (memotret di malam hari).

Samsung Galaxy Z Flip4 5G juga memiliki kapasitas baterai lebih besar, jika dibandingkan pendahulunya. Kini, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 3.700mAh yang mendukung pengisian daya cepat 25W dengan kabel dan 15W secara nirkabel.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Galaxy Z Fold4 5G

Galaxy Z Fold4 5G sementara itu hadir dengan sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya. Salah satu yang menjadi andalan adalah smartphone ini mengggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1.

Smartphone ini hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci saat dibuka. Layar tersebut memiliki resolusi resolusi 2176 x 1812 piksel, kepadatan 374 ppi, kecepatan refresh 120Hz, dan perlindungan Gorilla Glass Victus+.

Sementara saat dilipat, ada layar sekunder yang berupa Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,2 inci dan memiliki resolusi 2316 x 904 piksel. Layar tersebut sudah mendukung refresh rate 120Hz yang adaptif.

Untuk fotografi, HP ini mengandalkan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dengan apertur f/1.8, OIS, dan autofokus Dual Pixel, lensa ultrawide 12MP dengan aperture f/2.2, dan lensa telefoto 10MP dengan aperture f/2.4 OIS, PDAF, dan 3x optical zoom.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.