Sukses

Sudah Coba 5 Fitur Baru Instagram? Interaksi dengan Followers Makin Seru, Lho!

Begitu populernya Instagram, membuat para marketer dan content creator memanfaatkan instagram sebagai media branding dan juga meningkatkan brand awareness.

Liputan6.com, Jakarta Instagram menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbesar di seluruh dunia. Berdasarkan data Hootsuite (We are Social), aplikasi ini menempati urutan ke-empat dunia, di bawah Facebook, Youtube, dan WhatsApp. Tapi di Indonesia, Instagram berhasil menjadi aplikasi kedua terbanyak yang digunakan oleh warga +62.

Begitu populernya aplikasi ini, membuat para marketer dan content creator memanfaatkan instagram sebagai media branding dan juga meningkatkan brand awareness. Dengan semakin banyaknya aplikasi kompetitor dan untuk meningkatkan jumlah pengguna, Instagram terus berbenah dan mengembangkan beberapa fitur yang semakin menarik. 

Yuk, intip fitur terbaru yang diluncurkan oleh Instagram seperti dilansir dari embedsocial.com.

1. Instagram Stories 60 detik (1 Menit)

Salah satu fitur Instagram terbaru yang dihadirkan adalah durasi Instagram Stories yang diperpanjang menjadi 60 detik. Faktanya, Instagram sendiri diketahui sudah melakukan uji coba untuk durasi Stories yang lebih panjang sejak 2021 yang lalu.

"Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman Stories," kata juru bicara Meta kepada TechCrunch.

Dengan pembaruan ini, pengguna Instagram khususnya content creator dan influencer bisa mengunggah sebuah konten Stories berdurasi 60 detik tanpa harus dipecah ke dalam beberapa bagian. Ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin berinteraksi dengan followers melalui Instagram stories tanpa harus terpotong setiap 15 detik.

So, bagaimana? Sudah terbayang akan memanfaatkan fitur Instagram ini untuk konten bisnis kamu? Yuk, coba ikutan!

2. Penggunaan Stiker ‘Add Yours'

Stiker ‘Add yours’ memungkinkan kamu untuk memposting konten atau cerita yang menarik dan orang lain dapat melanjutkan cerita dengan pandangan mereka sendiri tentang konten yang kamu posting.

Kabar baiknya, stiker ‘Add yours’ yang sebelumnya hanya ada di Instagram stories sekarang sudah tersedia juga di Instagram Reels. Dengan cara yaitu mengundang orang lain untuk membagikan cerita mereka sendiri tentang topik apa pun yang kamu inginkan. 

Stiker ini adalah cara yang bagus bagi orang-orang untuk terhubung dan berbagi kreativitas mereka satu sama lain. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membuat orang terlibat dalam konten kamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Baru Instagram

3. Fitur “Pin” pada Instagram

Pin pada Instagram juga merupakan fitur yang belum lama ini hadir. Pembaruan ini memungkinkan kamu untuk menyematkan postingan ke bagian atas grid Instagram.

Dengan begitu, kamu bisa menempatkan hingga 3 postingan yang diinginkan berada di paling atas ketika orang mengunjungi profil Instagram. FYI, fitur Instagram ini juga sudah ada di platform social media lain seperti Twitter dan TikTok.

Untuk mulai memasang pin, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pergi ke postingan yang ingin di pin
  2. Ketuk 3 titik di pojok kanan atas
  3. Pilih 'Sematkan ke profil Anda'

4. Durasi Video Reels

Fitur baru instagram selanjutnya adalah durasi video reels. Seperti yang kamu tahu, fitur yang dihadirkan Instagram melalui reels menjadi salah satu bentuk konten yang paling diminati dalam menaikkan reach konten.

Dulu reels hanya mampu membuat video dengan durasi 15 detik, 30 detik, atau 60 detik. Durasi yang begitu singkat, membuat para pengguna, para marketer, dan content creator tidak bisa menunjukkan lebih kreatifitasnya. Durasi ini sangat membatasi dalam pembuatan suatu video yang menarik audiens.

Untuk mengatasi keresahan dan mengejar ketertinggalannya dengan pesaing terberatnya yaitu Tiktok, Instagram menambahkan durasi video yang ada di Reels. Update fitur terbaru Instagram 2022 memperpanjang durasi video Reels, menjadi 90 detik.

5. Penambahan Fitur ‘Add Music’

Kebanyakan orang sangatlah mengatur Feed pribadi mereka semenarik mungkin. Keestetikan sangat menjadi perhatian penting baik bagi pengguna Instagram maupun para content creator.

Instagram menambahkan fitur “Add Music” yang memungkinkan pengguna atau para content creator membuat Feed yang disertai dengan musik dapat membuat konten – konten semakin menarik.

Fitur musik ini hampir sama dengan penggunaan fitur yang ada di Reels. Audio atau musik yang ditambahkan maksimal 90 detik atau 1,5 menit. Namun, audio yang ditambahkan hanya berasal dari direktori Instagram. Tidak sama dengan Reels yang bisa menggunakan audio pribadi.

 

3 dari 3 halaman

Mau Jadi Content Creator?

1. Membuat Konten Sesuai Passion

Membuat suatu konten tidak bisa seenaknya, jika ingin mensukseskan konten yang dibuat. Pikirkanlah konsep yang matang dan apa manfaatnya untuk orang lain. Mulailah dengan mengenal passion yang kamu miliki. Gali lagi bakat atau hobimu agar dapat membuat konten yang berbobot dan sukses di media. Kamu bisa pilih konten mulai dari beauty, travelling, fotografi, gaming, dan sebagainya.

Pengembangan konsepnya dapat diciptakan dengan mengikuti tren yang sedang hangat diperbincangkan atau yang relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Kemaslah konten tersebut secara menarik dan gunakan gaya penyampaian yang atraktif dan komunikatif.

2. Punya Karya dengan Ciri Khas

Keaslian karya itu sangat penting dan perlu dipertahankan agar kontenmu dapat dipercaya orang lain. Buatlah karya yang lahir dari ide sendiri. Dengan mencari inspirasi dari konten orang lain yang menarik, tetapi usahakan sebagian besarnya adalah idemu sendiri. 

Untuk menciptakan konten yang keren, gunakanlah gaya sendiri dengan sentuhan unik yang berbeda. Dengan itu, kontenmu akan semakin dikenal dan seseorang akan mengenali bahwa itulah konten buatanmu.

3. Multitasking is Good Choice

Kemampuan multitasking merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin jadi content creator yang sukses. Sebagai contoh, kamu harus mampu membuat wording yang readable, menghasilkan potret yang hidup, menghasilkan editing yang menarik, mengatur feed yang keren, dan mampu menggunakan setiap fitur media secara optimal. 

Selain itu, kamu perlu memiliki gaya penyampaian dalam video yang menarik, komunikatif, dan unik. Pasti, akan banyak orang yang menyukai kontenmu.

Itulah fitur – fitur terbaru yang diluncurkan Instagram di tahun 2022. So, jangan sampai ketinggalan dalam memanfaatkan fitur dan tren yang ada di social media!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.