Sukses

Ternyata Mudah! Begini Langkah Pasang dan Setting Set Top Box TV Digital di Rumah

Untuk bisa menikmati siaran TV digital, set top box (STB) menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta Untuk bisa menikmati siaran TV digital, set top box (STB) menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan. Set top box (STB) merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan para pengunanya untuk melihat dan menikmati konten video dari berbagai penyedia yang memerlukan koneksi internet.

Dengan perangkat tersebut, kalian dapat menikmati berbagai siaran yang jangkauannya jauh lebih luas dan berkualitas tanpa mengeluarkan biaya bulanan. Sejauh ini, STB memiliki lebih dari dari 12 saluran DTT Aerial, dengan jumlah lebih dari 160 saluran satelit, dan 260 saluran radio.

Saat ini, sudah banyak produsen yang menghadirkan perangkat STB dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya di pasaran. Salah satu produsen yang menghadirkan perangkat STB tersebut adalah Evercross. Perusahaan elektronik asal Indonesia tersebut, menghadirkan ragam varian produk STB yang unik dan harga yang menarik.

Untuk kalian yang menggunakan STB Evercross dan masih terjebak dalam kebingungan terkait perangkat tersebut atau mengalami berbagai kendala pada STB Evercross, kalian bisa simak pembahasan yang menarik di bawah ini!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Haruskah STB Evercross Pakai HDMI?

STB sendiri umumnya dilengkapi dengan berbagai port standar seperti HDMI, LOOP, dan AV. Dalam penggunaan port HDMI, kalian dapat menggunakannya sesuai dengan TV yang terdapat di rumah. Namun, jika TV di rumah kalian tidak memiliki HDMI, maka bisa menyambungkan STB dengan kabel AV atau Audio Video yang umumnya ditandai dengan warna merah, kuning, dan putih.

Bisakah STB Evercross Dipakai di TV Digital?

Ketika ingin mengubah saluran TV analog ke TV digital, STB dapat digunakan. Akan tetapi, semua itu tergantung daerah tinggal masing-masing. Karena masih ada beberapa daerah yang tidak tercakup dalam area jaringan TV digital.

Selain itu, STB juga dapat menangkap siaran digital jika kalian memiliki antena UHF. Secara umum, STB digunakan pada TV analog karena perangkat tersebut tidak memiliki komponen untuk menangkap sinyal digital.

3 dari 4 halaman

Review Evercoss STB

STB dari Evercoss yang satu ini cukup terkenal, perangkat yang berisikan dekoder ini dapat berguna untuk mengatur saluran televisi yang akan diterima, kemudian para penggunanya dapat memilih sesuai kebutuhan. Selain itu, STB ini juga akan memeriksa hak akses penggunanya atas saluran tersebut.

Sama halnya dengan STB pada umumnya, Evercoss juga lengkap dengan berbagai port standar, seperti port HDMI, AV, dan lain sebagainya. Menariknya, STB ini sudah dilengkapi dengan pemutar video yang sudah disematkan secara otomatis. Namun, untuk memaksimalkannya kalian harus memastikan bahwa koneksi internet berjalan dengan lancar ya!

Untuk spesifikasinya, Evercoss STB Pro ini tidak jauh berbeda dengan beberapa pesaingnya yang memiliki spesifikasi Full HD, DVB-T2, EWS, dan masih banyak lagi. Perangkat Evercoss STB Pro bisa menjadi pilihan terbaik, karena memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dibanding para pesaingnya yang memiliki spesifikasi yang sama.

Untuk segi pengecasan, STB ini juga tidak begitu terlalu ribet karena hanya menggunakan charger-an HP pada umumnya. Selain itu, fitur menarik dari STB ini adalah dapat merekam siaran TV yang sedang tayang menggunakan flashdisk atau perangkat eksternal lainnya.

Ketika membelinya kalian tidak usah ragu, karena Evercoss STB Pro ini dapat digunakan pada semua TV, baik itu itu Smart TV atau TV LED biasa. Perangkat satu ini juga dapat terhubung dengan jenis TV tabung lho! Untuk bisa menikmati segala fiturnya, kalian hanya perlu menghubungkan kit converter dari HDMI ke VGA.

4 dari 4 halaman

Cara Pasang

Jika kalian tertarik dengan STB Evercross atau bahkan sudah memiliki perangkat tersebut, untuk memasangnya, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini ya!

1. Sambungkan STB Evercoss ke TV

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan STB Evercoss. Untuk langkah ini, tidak ada ketentuan khusus mengenai tipe apa yang akan digunakan. Kalian bisa menggunakan semua tipe STB Evercross.

Setelah itu, sambungkan kabel RCA atau HDMI ke TV sesuai dengan jenis yang digunakan. Jika TV tabung, kalian hanya perlu menggunakan kabel RCA saja. Sedangkan untuk TV LED, kalian membutuhkan kabel HDMI.

2. Hubungkan STB ke Arus Listrik

Langkah selanjutnya ketika sedang melakukan pemasangan STB Evercross, kalian perlu menghubungkan perangkat tersebut dengan cara memasukkan kabel antena pada port RF in yang sudah disediakan di bagian belakang STB.

Setelah berhasil memasukkan port tersebut, kalian harus menghubungkan STB dan TV ke arus listrik ya! Untuk menyalakan STB Evercoss, kalian perlu menekan tombol power.

3. Lakukan Setting Pada TV

Yang harus kalian lakukan untuk pertama kalinya dalam langkah ini adalah memindahkan atau mengubah setting-an pada TV. Kalian bisa ubah itu pada TV LED dengan masuk ke dalam mode HDMI. Jika pengguna TV tabung, kalian dapat mengganti mode biasa menjadi mode AV dengan menggunakan remote. 

Setelah itu, dalam tampilan awal akan muncul beberapa setting-an seperti di bawah ini:

  • Bahasa OSD: Indonesia.
  • Negara: Indonesia.
  • FTA Saja: Semua.
  • Mode Pencarian: DVB-T2.
  • Daya Antena: Off.
  • Location Code: isi sesuai dengan kode pos.

4. Lakukan Pencarian Siaran

Langkah terakhir yang perlu kalian lalui adalah dengan melakukan pencarian siaran. Proses pencarian siaran ini memakan waktu beberapa menit, jadi kalian harus menunggu hingga proses selesai ya! Jika proses tersebut sudah selesai, setiap saluran yang telah terpindai tadi akan tersimpan secara otomatis.

Itulah langkah-langkah pemasangan STB Evercross. Melalui pembahasan tadi, unik dan menarik bukan STB Evercross untuk menjadi perangkat wajib untuk menikmati siaran TV digital di rumah? So, langsung saja dapatkan produk STB Evercross ya! Mau belanja? Di Oshop aja!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini