Sukses

Mengenal AREA31, Data Center 1.200 Rak yang Baru Beroperasi di Cimanggis

Data center AREA31 didesain dan dibangun di atas lahan seluas 20.000 m2 dengan kapasitas hingga 1.200 rak.

Liputan6.com, Jakarta Seiring pertumbuhan ekonomi digital dan penggunaan data di Indonesia, kebutuhan pusat data (data center) dinilai makin krusial.

Maka tak heran bila sejumlah perusahaan dari dalam dan luar negeri semakin gencar mengembangkan data center di Tanah Air.

Salah satu yang terbaru adalah AREA31, data center yang berlokasi di Cimanggis, Jawa Barat. AREA31 dapat ditempuh dengan waktu hanya 30-40 menit dari Jakarta Central Business District (CBD), sehingga diklaim cocok sebagai data center facility utama atau Disaster Recovery Center (DRC).

Fasilitas data center ini didesain dan dibangun di atas lahan seluas 20.000 m2 dengan kapasitas hingga 1.200 rak. Demikian menurut keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, Selasa (11/10/2022).

AREA31 membagi pengembangan data center menjadi dua fase, di mana pada fase pertamanya menyediakan empat data hall dengan total kapasitas 600 rak.

Dengan jumlah tersebut, AREA31 mampu menjadi jawaban atas kesiapan Indonesia menghadapi lonjakan pertumbuhan volume data dan memenuhi ekspektasi pasar data center.

Mengusung konsep yang berbeda dengan data center lainnya, AREA31 juga menawarkan solusi Teleport Facility, yakni alokasi lahan di area rooftop gedung sebagai tempat Colocation Stasiun Bumi penyedia layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bersertifikasi Rated 3 Design 

Soal keandalan, AREA31 dioprasikan oleh perusahaan penyedia data center berpengalaman sejak 2002. Selain itu, juga sudah bersertifikasi Rated 3 Design oleh ANSI TIA 942, di mana rencana peningkatan sertifikasi menjadi Rated 3 Facility dijadwalkan pada awal tahun depan.

Tidak hanya itu, AREA31 juga di dukung oleh kapasitas listrik premium sebesar 10 Megawatt untuk jaminan ketersediaan layanan 99,99% bagi pelanggan.

Berbicara terkait dengan layanannya, tidak hanya memasarkan layanan ke pasar retail melalui layanan Colocation 10U, 20U, hingga 45U, AREA31 juga menyediakan solusi Data Hall seluas 425 m2 dengan kapasitas hingga 150 Rack bagi industri dengan kebutuhan Hyperscale data center.

Layanan Data Hall dapat di-custom sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan hak istimewa “Naming Rights”, di mana pelanggan dapat menempatkan nama perusahaan maupun merek dagang di Data Hall-nya.

Semakin banyaknya penyedia data center yang berlomba-lomba membangun dan mengembangkan data center, AREA31 merasa perlu untuk dapat memberikan Value Added Service bagi para calon pelanggan, khususnya sektor Internet Service Provider (ISP).

Termasuk salah satunya adalah dapat melakukan interkoneksi dengan Indonesia Internet Exchange (IIX) secara cuman cuma dengan kapasitas hingga 2X100Gbps.

 

3 dari 4 halaman

Indonesia Internet Exchage

Hal tersebut akan disampaikan kembali oleh AREA31 pada acara grand launching yang di perkirakan akan diadakan pada awal tahun depan.

“Kami saat ini tengah mempersiapkan kerjasama dengan Indonesia Internet Exchage (IIX) yang mana Signing Ceremony-nya akan dilakukan pada saat grand launching digelar," ujar President Director AREA31, Michael Alifen.

Michael menambahkan AREA31 sangat terbuka untuk rekan-rekan Telco dan Internet Service Provider (ISP) yang ingin masuk ke AREA31.

Untuk diketahui, saat ini AREA31 telah memiliki lima diverse route Fiber Optic menuju IIX yang disediakan oleh beberapa ISP.

4 dari 4 halaman

Infografis Intip Data Kartu Kredit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.