Sukses

iPhone SE 4 Bakal Pakai Layar 6.1 Inci dan Notch

Meski begitu, bocoran tentang iPhone SE 4 bakal hadir dengan layar LCD 6.1 inci dan sebuah notch di atas layar sudah ramai di dnia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memang belum mengungkap rencana untuk merilis iPhone SE 4 atau generasi ke-4 dalam waktu dekat ini.

Meski begitu, bocoran tentang iPhone SE 4 bakal hadir dengan layar LCD 6.1 inci dan sebuah notch di atas layar sudah ramai di dunia maya.

Adalah Ross Young, leaker dan analis dari Display Supply Chain Consultants (DSCC) yang mengungkap kehadiran iPhone baru itu.

Ross mengatakan ke MacRumors, dia merevisi ekspektasinya untuk iPhone SE generasi keempat tersebut.

Pada Oktober 2021, Ross mengatakan Apple berencana untuk merilis model baru iPhone SE pada 2024 dengan ukuran layar LCD antara 5.7 hingga 6.1 inci.

Selain itu, dia juga menyebut iPhone baru milik Apple ini akan mengusung lubang di layar--tempat sensor dan kamera selfie.

Informasi ini juga menandakan kemungkinan, Apple sedang menjajaki untuk menyematkan Dynamic Island ke iPhone SE 4 ini.

Toh, jika ponsel ini melunucr pada 2024 maka Dynamic Island akan tampil di seluruh model iPhone, terutama di seri iPhone 15.

Meski sudah direvisi, masih belum diketahui secara pasti apakah Apple bakal menyematkan kamera TrueDepth di iPhone SE 4 untuk fitur FaceID.

Beberapa rumor menunjukkan, iPhone SE 4 tidak akan memiliki FaceID dan tetap mempertahankan Touch ID untuk menekan biaya produksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layar iPhone SE 4

Apple luncurkan iPhone SE 2022 dengan kemampuan 5G. (Doc: Apple)

Lebih lanjut, beberapa pihak Apple memilih untuk memindahkan tombol Home Touch ID yang biasanya di bawah layar ke sisi ponsel.

Hal ini dilakukan Apple untuk lini iPad Air dan iPad mini, sebagaimana diungkap oleh MyDri dan analis Apple, Ming-Chi Kuo.

Selain itu, masih belum diketahui ukuran notch di iPhone SE‌ generasi keempat ini. Namun, kemungkinan ukurannya akan lebih kecil daripada di iPhone‌ XR.

MyDrivers dan dan leaker Jon Prosser juga meyakini, iPhone SE‌ diatur agar serupa dengan iPhone XR dalam hal desain--tanpa tombol Home.

Informas, iPhone‌ XR tampil dengan layar LCD 6,1 inci. Ming-Chi Kuo mengatakan, Apple sedang mengerjakan iPhone SE‌ dengan ukuran layar ini.

3 dari 4 halaman

Apple Tak Akan Pakai Touch ID di iPhone 15

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang kini tampil dengan desain punch-hole. (Dok: Apple)

Belakangan ini, Apple dikabarkan ingin menggunakan kembali teknologi Touch ID untuk model flagship iPhone 15 mendatang.

Walau sedang melakukan uji coba secara intens, kecil kemungkinan Apple akan kembali memboyong teknologi tersebut ke seri iPhone baru dalam waktu dekat ini.

Seperti diketahui, Apple melakukan perubahan dari Touch ID ke Face ID untuk pertama kalinya ketika mengumumkan iPhone X pada 12 September 2017.

Sejak itu, perusahaan berbasis di Cupertino itu secara pasti menggunakan Face ID untuk model-model iPhone berikutnya.

Hal ini diungkap oleh Mark Gurman dari Bloomberg, dimana dia menyebutkan Apple saat ini sedang berdiskusi soal kemungkinan pakai Touch ID di iPhone flagship mendatang.

Mengutip laporan Bloomberg, Senin (3/10/2022), Apple juga saat ini sedang menguji fitur Touch ID di layar atau di tombol power--seperti di iPad Air 4.

Meski banyak diskusi tentang bagaimana mengimplementasikan Touch ID ke model iPhone baru, semuanya masih jauh teralisasikan.

"Pada titik ini, saya percaya Face ID akan tetap dipakai dan Touch ID tidak akan kembali hadir di iPhone flagship--setidaknya dalam waktu dekat ini," tulis Gurman.

Terlepas dari tidak adanya Touch ID di iPhone 15, bukan hal yang tidak mungkin Apple akan menggunakan fitur ini untuk ponsel lebih terjangkau, seperti iPhone SE.

4 dari 4 halaman

iPhone 15 Ultra

<p>Spesifikasi dan harga iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Doc: Apple)</p>

Lebih lanjut, salah satu model penerus iPhone 14 yang sudang banyak dibicarakan adalah iPhone 15 Ultra--tidak lagi pakai penamaan Pro Max.

Berdasarkan bocoran yang beredar saat ini, iPhone 15 Ultra akan tampil dengan dua kamera depan dan pilihan memori penyimpanan lebih besar dari iPhone 14 saat ini.

Adalah leaker dengan akun Twitter Majin Bu (@MajinBuOfficial) yang membagikan informasi tentang model premium iPhone 15 ini.

Dia menyebutkan, Apple akan melakukan perubahan besar terhadap desain iPhone 15 Ultra ketimbang model sebelumnya.

Adapun salah satu perubahan tersebut adalah iPhone 15 Ultra akan menjadi ponsel pertama Apple dengan dua kamera selfie.

Mengutip Android Authoriy, Rabu (28/9/2022), pengaturan dua kamera depan ini akan menjadi salah satu fitur yang membedakan model iPhone 15 Ultra dengan 15 Pro.

Selain menggunakan dua kamera depan, perusahaan bermarkas di Cupertino ini juga akan menyediakan opsi kapasitas penyimpanan di ponsel barunya itu.

Majin Bu mengklaim, iPhone 15 Ultra bakal hadir dengan kapasitas penyimpanan paling kecil di 256GB--iPhone 14 Pro Max mulai dari 128G.

Perubahan desain terakhir adalah mulai diadopsinya port USB-C. Namun, hal ini sudah diketahui sejak lama karena Apple diwajibkan menggunakan port universal ini bila ingin menjual iPhone-nya ke pasar Eropa.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.