5 Tips Percepat Jaringan Wifi Rumah, Anti Lemot-Lemot Klub!

Oleh Gilar Ramdhani pada 07 Okt 2022, 19:47 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 19:47 WIB
Ilustrasi Internet, Wifi, Jaringan
Perbesar
Ilustrasi Internet, Wifi, Jaringan (Photo created by macrovector on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Dewasa ini, ada beberapa hal yang dapat membuat orang menjadi kesal, salah satunya adalah jaringan internet yang lemot. Bayangkan saja, saat pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan dengan cepat, namun terkendala hanya karena masalah jaringan internet.

Internet merupakan jaringan yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lainnya. Untuk mendapatkan jaringan internet yang baik di rumah, banyak keluarga yang memilih menggunakan bantuan WiFi. Perangkat elektronik tersebut dapat terhubung dengan jaringan nirkabel atau gelombang radio. 

Di Indonesia ini, ada banyak pilihan provider atau penyedia jaringan internet WiFi. Masyarakat kita memilih paket dan kecepatan yang diinginkan. Karena semakin cepat kemampuan untuk upload maupun download, harga paketnya biasanya lebih mahal. 

Namun, tak jarang jaringan WiFi sering terjadi kendala, hingga membuat koneksinya menjadi lemot atau lambat. Untuk mengatasinya, ini beberapa cara untuk mempercepat jaringan WiFi di rumah seperti dilansir dari laman cnet.com:

1. Posisikan Router di Tempat yang Tepat 

Posisi yang tepat untuk menaruh router adalah di tempat yang terbuka, bebas dari dinding dan pintu yang menghalang. Hal itu karena router berguna sebagai alat pemancar sinyal WiFi. 

Makanya saat router ditaruh di tempat yang salah, akan berpengaruh pada kecepatan internet yang dihasilkan. Saran tempat terbaik untuk menaruh router adalah di tengah rumah, letakkan di atas meja atau rak. Perhatikan juga antenanya, arahkan antena router mengarah vertikal ke atas. Agar sinyal yang dipancarkan olehnya dapat menjangkau area lebih luas. 

2. Jauhkan dari Perangkat Elektronik 

Kebanyakan orang menaruh router WiFi di tempat yang berdekatan dengan perangkat elektronik lain, seperti TV, lemari es, dan speaker. Tahu nggak? Ternyata hal tersebut malah memperlambat jaringan internet yang dihasilkan lho. Alasannya, karena aliran listrik yang terdapat pada perangkat tersebut justru dapat menahan gelombang nirkabel yang dipancarkan router. Dampaknya kualitas koneksi internet yang dipancarkan pun berkurang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Amankan Jaringan WiFi

3. Gunakan Keamanan Kata Sandi  

Membiarkan jaringan WiFi di rumah tetap terbuka, tanpa menggunakan kata sandi bisa menyebabkan perlambatan pada koneksi internet yang dihasilkan. Sebab, akan terlalu banyak pengguna yang mengakses jaringan tersebut. 

Jika memasang WiFi di rumah pribadi, usahakan untuk selalu menggunakan kata sandi, dengan hanya penghuni rumah saja yang mengetahuinya. Jika pengguna luar menggunakannya untuk streaming video, instal aplikasi yang besar, tentu dapat memberi kerugian bagi penghuni rumah. 

4. Upgrade Routernya 

Saat sudah berlangganan untuk layanan internet rumah, tapi dirasa seperti tidak mendapatkan apa yang sudah dibayar, maka mungkin router-nya lah menjadi masalah.  Apalagi buat yang sudah menggunakan layanan internet tersebut lebih dari lima tahun, maka kalian harus mengganti perangkat keras tersebut ke yang lebih baru. 

Faktanya, teknologi nirkabel dan internet telah banyak mengalami perubahan dalam dekade terakhir ini. Mulai dari kecepatan dan kualitas jaringannya berubah ke teknologi yang lebih baru. 

5. Tambahkan Perangkat Repeater 

Repeater merupakan perangkat yang bisa memperluas sinyal WiFi. Seperti yang diketahui, apabila jarak pengguna dengan letak router terlalu jauh, biasanya sinyal jaringannya akan melemah. Maka penggunaan repeater adalah solusinya. Alat repeater ini bisa dibeli di marketplace, beberapa juga dikeluarkan dari brand-brand perangkat elektronik ternama. Sebelum membeli, ada baiknya kalian cari tahu dulu mana yang memiliki kualitas terbaik. 

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya