Sukses

Facebook Hadirkan Opsi 'Show More' dan 'Show Less', Apa Fungsinya?

Opsi Show More dan Show Less merupakan pembaruan untuk bagian Facebook Feed.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui update versi terbarunya, Facebook menambahkan pengaturan untuk memberikan pesan kepada pengguna akan konten seperti apa yang ingin mereka lihat lebih banyak.

Pengumuman ini disampaikan Meta dalam sebuah unggahan di dalam blog mereka. Opsi Show More dan Show Less merupakan pembaruan untuk bagian Facebook Feed.

Kedua opsi ini bisa ditemukan di bagian atas sebuah unggahan, dengan cara mengeklik tiga titik bertumpuk di sebelah kanan nama akun atau letak pengaturan menu Feed Preferences.

Mengeklik salah satu opsi ini akan membantu platform dalam meningkatkan atau mengurangi jumlah suatu konten untuk sementara yang akan disukai pengguna.

Show More dan Show Less dasarnya adalah feedback dari pengguna mengenai konten yang ingin mereka terima, supaya mereka tidak menghabiskan waktu terlalu banyak di dalam aplikasi.

“Dengan menawarkan lebih banyak cara untuk memberikan masukan secara langsung ke dalam peringkat Feed, kami berupaya membuat sistem dari Artificial Intelligence menjadi lebih cerdas dan responsif,” tulis perusahaan dalam blog Meta, dikutip Jumat (7/10/2022).

Selain itu, pengguna Facebook juga bisa mengubah apa yang tampil di Feed mereka dengan cara menambahkan Favorite friends atau mengetuk tombol Snooze untuk sebuah unggahan dari halaman atau pengguna lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Show More dan Show Less juga akan Hadir untuk Reels Instagram

Melalui pengumuman tersebut, Meta juga menyampaikan bahwa mereka sedang melakukan pengujian kedua opsi ini untuk Reels di Instagram.

Sebelumnya, pada Agustus 2022, Instagram sedang melakukan pengujian kustomisasi konten dengan cara membuat daftar kata kunci dan emoji yang tidak diminati, untuk menunjukkan preferensi konten.

Perusahaan menyatakan, mereka akan terus mengeksplorasi berbagai cara untuk membantu penggunanya menyesuaikan seberapa banyak konten yang ingin dilihat di Feed.

“Fitur-fitur seperti ini dapat membantu Anda menemukan lebih banyak konten yang berharga, supaya Anda bisa melihat lebih banyak konten yang diinginkan dan lebih sedikit yang tidak diiinginkan,” Meta memungkaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini