Begini Cara Amankan Akun Netflix dari Hacker

Oleh Afifah Nur Andini pada 05 Okt 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 09:00 WIB
Watching Netflix on TV
Perbesar
Watching Netflix on TV (Photo by Mollie Sivaram on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini sering terjadi kasus peretasan dialami berbagai pengguna layanan atau platform di internet, termasuk layanan video on demand (VOD) seperti Netflix.

Apalagi ketika pengguna sering log-in di beberapa perangkat berbeda, dan membuat akun dan password mereka tercatat dalam perangkat tersebut.

Tentunya dengan begini pengguna tak dikenal dapat mengakses informasi kamu dengan mudah, dan berpotensi melakukan berbagai bentuk kejahatan.

Karena itu, ada baiknya kamu sebagai pengguna Netflix dapat mengambil berbagai langkah untuk mengamankan akun dari aksi peretasan oleh orang tak dikenal tersebut.

Akan tetapi, password seringkali tidak cukup untuk melindungi akun Netflix kamu dari orang jahat seperti hacker dan lainnya.

Untungnya, Netflix menyediakan fitur PIN sebagai sistem keamanan tambahan untuk melindungi akun pelanggan dari hacker.

Pada umumnya, PIN ini digunakan sebagai sistem untuk melindungi akun bank. Sistem keamanan terdiri dari empat sampai enam digit ini juga biasa digunakan oleh banyak perusahaan teknologi.

Netflix meluncurkan sistem keamanan ini di 2020, sebagai cara mengunci profil dari orang selain pelanggannya. Setelah kunci diaktifkan, platform akan menanyakan kode PIN untuk mengakses profil Neflix tertentu.

Kode ini akan melindungi akun profil pelanggan Netflix dari pengguna lain, sehingga mereka tidak bisa mengacaukan rekomendasi tontonan.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tanda Akun Netflix Diretas

Netflix on TV
Perbesar
Netflix on TV (Photo by Thibault Penin on Unsplash)

Netflix mengizinkan penggunanya untuk membuat maksimal lima profil dalam satu akun Netflix. Hal ini dimaksudkan agar bisa memuat profil dengan rekomendasi tontonan berbeda sesuai selera pelanggannya.

Misalnya, satu keluarga memiliki genre tontonan berbeda. Mereka bisa berlangganan Netflix dengan sekali bayar lalu membuat profil masing-masing, untuk menyesuaikan rekomendasi tontonan diinginkan.

Jika sebuah akun biasanya memiliki dua profil atau kurang dari lima, lalu suatu hari ada penambahan profil, ini bisa menjadi tanda akun Netflix sudah diretas.

Tanda-tanda lainnya adalah ada tontonan baru tidak sesuai dengan apa yang biasa ditonton muncul sebagai rekomendasi.

Hal ini bisa terjadi ketika peretas memilih untuk menggunakan profil pengguna untuk menonton tayangan di Netflix daripada membuat profil baru.

Untuk memastikan adanya log-in di perangkat asing, pelanggan bisa memeriksanya pada menu Recent device streaming activity.

Jika menemukan ada perangkat lain yang menggunakan akun, pelanggan bisa segera mengganti password akun dan menghapus profil asing tersebut.

Setelah itu, tambahkan kode PIN untuk menghindari peretas untuk mengakses profil dan merusak tampilan rekomendasi tontonan.


Cara Mengatur Kode PIN Netflix

Netflix allows users to have up to 5 profiles on one account.
Perbesar
Netflix allows users to have up to 5 profiles on one account. (Photo by Malte Helmhold on Unsplash)

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasang kode PIN pada profil.

1. Melalui browser web, bukan halaman akun Netflix.

2. Buka pengturan Profile & Parental Controls pada profil yang ingin dikunci.

3. Ubah dengan memilih Profile Lock Setting dan masukkan kata sandi akun.

4. Klik pilihan Require a PIN pada profil yang akan dikunci.

5. Masukkan 4 nomor untuk membuat kunci profil.

6. Untuk menghindari munculnya profil asing, aktifkan menu Require PIN to add new profiles.

7. Simpan pengaturan.

Melalui pengaturan ini, meskipun ada orang lain yang bisa masuk ke dalam akun Netflix, mereka tidak bisa mengakses profil dan membuat profil baru kalau mereka tidak mengetahui kode PIN.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya