Aplikasi Dynamic Island Dipasang Lebih dari 1 Juta Kali di Android

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 04 Okt 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 17:00 WIB
Dynamic Island di Android
Perbesar
Dynamic Island di Android berkat aplikasi Dynamic Island yang dikembangkan oleh pengembang Jawomo. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - Apple memperkenalkan iPhone 14 Pro series yang didukung sebuah fitur baru bernama Dynamic Island. Tidak butuh waktu lama, fitur baru ini diadopsi pembesut aplikasi Android.

Salah satu aplikasi dimaksud adalah Dynamic Spot. Dynamic Spot adalah sebuah aplikasi baru dirilis tetapi langsung populer di kalangan pengguna Android karena fungsionalitasnya menghadirkan Dynamic Island di punch hole Android.

Mengutip Android Police, Selasa (4/10/2022), aplikasi Dynamic Spot sudah dipasang lebih dari 1 juta kali di perangkat Android. Ya, total aplikasi ini diunduh lebih dari satu juta kali di toko aplikasi Google Play Store.

Selain itu, aplikasi Dynamic Spot juga masuk dalam 10 besar aplikasi teratas di APKMirror. Melihat data ini, tampaknya pengguna ponsel Android ingin tahu bagaimana tampilan fitur Dynamic Island di ponsel mereka.

Sebelumnya, ketika pertama kali tim Android Police menjajalnya, aplikasi Dynamic Spot terrasa agak kasar di bagian tepinya, namun tetap bisa memberikan tampilan sebagai fungsinya.

Selanjutnya, sang pengembang, yakni Jawomo memberbaiki sebagian besar masalah yang ditemukan dan disoroti dalam pengujian langsung. Sejak itu, aplikasi Dynamic Spot juga memperbaiki bug, menghadirkan animasi baru, dan memberi dukungan untuk pilihan ikon baru.

Masa depan notch dan punch hole atau cutout di Android memang masih belum pasti. Selain itu, masih terlalu dini untuk adopsi teknologi yang masih dalam tahap perkembangan, seperti kamera di bawah layar.

Namun, dengan minat pengguna Android yang cukup tinggi pada aplikasi Dynamic Spot, aplikasi peniru Dynamic Island, bukan tidak mungkin nantinya ada vendor smartphone yang membuat versi Dynamic Island mereka sendiri.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Apa Fungsi Dynamic Island di iPhone 14 Pro?

iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch
Perbesar
iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Sebelumnya, Apple mengumumkan kehadiran iPhone 14 series dini hari tadi. Tak ada kejutan dari iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, versi terendah dari seri smartphone baru Apple.

Kejutan justru datang dari seri Pro. Ya, Apple merilis iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max belakangan. Yang bikin orang terkejut adalah kehadiran Dynamic Island.

Beberapa bulan belakangan memang ramai bocoran, Apple tak akan menggunakan poni alias notch di seri iPhone 14 Pro.

Ternyata desain notch ini digantikan dengan Dynamic Island yang punya kemampuan intuitif dan berguna ketimbang notch.

Dalam keterangannya, Apple menyebut, cutout di layar berbentuk mirip pil itu sebagai Dynamic Island. Dynamic Island memberi cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan iPhone.

"Tujuan kami adalah merancang ruang yang menampilkan notifikasi dan aktivitas latar belakang dengan cara menyenangkan. Saat pengguna menerima notifikasi, Dynamic Island akan memberi tahu mereka," kata Apple saat merilis iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Mengutip keterangannya, Dynamic Island memadukan hardware dengan software. Di mana bagian hitam di layar atas iPhone ini bisa secara realtime menampilkan notifikasi dan aktivitas yang dilakukan pengguna.


Realme Mau Bawa Dynamic Island?

Apple
Perbesar
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang kini tampil dengan desain punch-hole. (Dok: Apple)

Mengutip 9to5Google, Selasa (26/9/2022), Realme secara eksplist mengonfirmasi rencana mereka untuk mengerjakan fitur ala Dynamic Island untuk smartphone Android buatannya.

Hal ini diketahui dalam sebuah postingan di forum, di mana Realme menggelar "tantangan" untuk para penggemarnya, membantu menciptakan "Realme Island" yang mengembangkan kamera selfie hole-punch.

Realme mengatakan, ruang ini dapat digunakan untuk "menampilkan panggilan telepon masuk, peringatan, pemberitahuan, dan banyak lagi" karena berubah menjadi berbagai bentuk dan ukuran dari sekitar kamera.

Tentu saja, ini terdengar sangat mirip dengan Dynamic Island Apple, namun dengan elemen yang lebih sentral hadir di User Interface tersebut.

Di iPhone, Dynamic Island Apple menampilkan konten seperti tampilan aplikasi yang diperkecil, musik yang sedang diputar, dan lain-lain. Sementara berdasarkan deskripsi Realme, versi mereka mungkin akan dapat digunakan lebih sering.

(Tin/Ysl)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya