Steam Ubah Jadwal Obral Game Musiman, Lunar New Year Sale Dihilangkan

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 02 Okt 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 16:00 WIB
Logo Steam
Perbesar
27 Juta Gamer Login ke Steam di Waktu Bersamaan. (Doc: Steam)

Liputan6.com, Jakarta - Steam mengumumkan bakal mengubah jadwal empat seasonal sales mereka, dimana biasanya platform distribusi game itu menggelar berbagai diskon untuk judul-judul yang mereka jual.

Mengutip laman resminya, Minggu (2/10/2022), mulai tahun 2023, jadwal untuk Lunar New Year Sale dihapus dari empat penjualan musiman besar, dan digantikan dengan Spring Sale.

Steam mengatakan, penambahan Spring Sale banyak diminta dari komunitas pengembang dan publisher mereka.

"Ini akan memungkinkan kami menciptakan lebih banyak ruang di antara empat seasonal sales utama kami dan memberikan lebih banyak peluang sepanjang tahun bagi pengembang untuk memperluas dan menjalankan kalender diskon mereka."

Berikut ini jadwal tiga Seasonal Sale Steam terbaru yang akan digelar mendatang. Kamu dapat memperhatikan jadwal ini jika berencana untuk memburu obral game dalam waktu dekat:

  • Autumn Sale: 22 November sampai 29 November
  • Winter Sale: 22 Desember sampai 5 Januari
  • Spring Sale: 16 sampai 23 Maret

Lebih lanjut Steam menjelaskan alasan dihilangkannya Lunar New Year Sale, yang biasanya digelar di sekitar jadwal Tahun Baru Imlek setiap tahunnya.

Perlu diketahui, Steam pertama kali menggelar Lunar New Year Sale pada tahun 2016, untuk merayakan masuknya pengembang game dan konsumen dari wilayah seperti Taiwan, Hong Kong, Tiongkok, dan Korea Selatan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Alasan Dihilangkannya Obral Tahun Baru Imlek

Ilustrasi Steam gelar diskon Tahun Baru Imlek 2022
Perbesar
Ilustrasi Steam gelar diskon Tahun Baru Imlek 2022

 

Namun menurut perusahaan, selama bertahun-tahun, mereka sering mendapatkan masukan yang menyebut, diskon Tahun Baru Imlek terlalu dekat dengan periode obral liburan di bulan Desember.

"Kami pikir banyak penerbit masih akan memilih untuk mendiskon game di sekitar liburan Tahun Baru Imlek, menggunakan alat diskon khusus," kata platform milik Valve itu.

"Tapi kami mengira pelanggan akan lebih baik dilayani dengan sedikit lebih banyak waktu antara penjualan musiman besar di seluruh Steam," kata mereka.

Untuk Spring Sale nantinya akan sama seperti obral musiman lain di Autumn, Summer, dan Winter. Selama periode ini, semua halaman depan di Steam akan memiliki tata letak yang berbeda, dengan fokus pada penawaran promosi yang disorot.

Pengembang dan penerbit akan tetap bisa merilis game selama penjualan musiman ini, namun kata Steam, visibilitas untuk rilis baru berkurang secara signifikan saat penjualan berjalan.


EA Umumkan Kehadiran Ted Lasso dan AFC Richmond di FIFA 23

FIFA 23
Perbesar
Penampilan Ted Lasso dan klub AFC Richmond dalam game FIFA 23. (Dok: FIFA 23).

Di sisi lain, EA telah mengumumkan Ted Lasso bersama AFC Richmond akan menjadi bagian dalam FIFA 23.

Dikutip dari situs resmi IGN, Kamis (22/9/2022), karakter Ted Lasso yang diperankan Jason Sudeikis bisa dimainkan sebagai manager di Career Mode. Sementara AFC Richmond tersedia untuk Career Mode, Kickoff, Online Friendlies, dan Online Seasons.

Menurut EA, konten terkait AFC Richmond akan hadir di FIFA 23 termasuk di antaranya seragam, tifo (pendukung tim), hingga item manager. Beberapa konten juga tersedia untuk di-unlock dalam FIFA Ultimate Team dan Pro Clubs.

Kendati demikian, AFC Richmond tidak bisa diakses melalui menu Premier League di mode Kickoff, Online Friendlies, maupun Online Seasons. Klub ini tersedia di bagian klub Rest of the World.

EA memastikan sejumlah karakter populer dari serial Ted Lasso, seperti Roy Kent, Jamie Tartt, Sam Obisanya, hingga Dani Rojas akan menjadi bagian dari klub AFC Richmond. Begitu juga dengan stadion kandang klub ini, yakni Nelson Road.

 


Serial Ted Lasso

Ted Lasso. (Foto: Dok. Apple TV+/ IMDb)
Perbesar
Ted Lasso. (Foto: Dok. Apple TV+/ IMDb)

"Saya benar-benar beruntung, dan sangat bersyukur memiliki banyak momen spesial dalam karir saya sejauh ini, dan saya menganggap pengalaman ini merupakan salah satu yang terbaik," tutur Jason dalam pernyataannya.

Jason menuturkan sebagai fans game FIFA sejak lama, hadirnya Ted Lasso dan AFC Richmond dalam game tersebut menjadi mimpi menjadi kenyataan. Tidak hanya bagi dirinya, tapi juga seluruh kru dan pemain.

Bersama dengan ini, EA juga merilis trailer kehadiran Ted Lasso dan AFC Richmond dalam game FIFA 23. trailer itu turut menampilkan Wayne Rooney, Jack Grealish, termasuk karakter di serialnya, seperti Roy Kent dan jurnalis Trent Crimm.

Perlu diketahui, Ted Lasso merupakan serial komedi-drama orisinal dari Apple TV yang rilis pada Agustus 2022. Serial ini menceritakan tentang kisah seorang pelatih American Football Ted Lasso yang harus pindah haluan menjadi pelatih klub sepak bola di Inggris.

Diceritakan, ia menangani sebuah klub fiksi asal London bernama AFC Richmond. Dengan segala keterbatasan pengetahuan yang dimilikinya mengenai sepak bola, Ted pun berusaha menunjukkan pada publik ia bisa melakukannya.

Serial ini diperankan oleh Jason Sudeikis sebagai Ted Lasso, Brett Goldstein sebagai Roy Kent, hingga Juno Temple sebagai Keeley Jones.

(Dio/Isk)

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19
Perbesar
Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya