Top 3 Tekno: Pesan Hacker Bjorka untuk Orang Indonesia Jadi Sorotan

Oleh Iskandar pada 01 Okt 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 11:30 WIB
Banner Infografis Buntut Aksi Hacker Bjorka & Prioritas RUU Perlindungan Data Pribadi. (Foto: Tangkapan Layar Akun Twitter @bjorkanism, Kolase: Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Banner Infografis Buntut Aksi Hacker Bjorka & Prioritas RUU Perlindungan Data Pribadi. (Foto: Tangkapan Layar Akun Twitter @bjorkanism, Kolase: Liputan6.com/Trieyasni)

Liputan6.com, Jakarta - Hacker Bjorka memberikan pesan kepada orang Indonesia yang mengakses Breached Forums untuk mengikuti peraturan forum. Informasi ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (30/9/2022) kemarin.

Berita lain yang juga menyita perhatian datang dari Traveloka yang menutup dua layanannya, yakni Traveloka Eats dan Send.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Pesan Bjorka untuk Warganet Indonesia di Forum Breached

Setelah sebelumnya sempat tidak aktif, hacker Bjorka kembali tampil di internet. Kali ini, dia memiliki hibauan atau pesan bagi warganet di Indonesia.

Lewat postingan thread di forum Breached berjudul "For All Indonesian", Bjorka memberikan tanggapan terkait kondisi forum setelah dia membuat gaduh di Indonesia.

Dia meminta, orang-orang Indonesia yang mengakses Breached harus mengikuti peraturan forum. Bjorka berpendapat, moderator forum sudah lelak dengan tingkah pengguna Indonesia yang melanggar aturan forum.

Adapun aturan tersebut adalah tentang pengguna bahasa Inggris bila ingin menulis, atau komentar di forum Breached.

Berikut ini adalah postingan lengkap thread milik hacker Bjorka di forum Breached.

Baca selengkapnya di sini 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Layanan Traveloka Eats dan Send Ditutup

Traveloka Eats
Perbesar
Travaloka Eats tutup. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Beredar informasi yang menyebutkan startup online travel agent (OTA) Traveloka menutup dua layanannya, yakni Traveloka Eats dan Send. Informasi ini pun dibenarkan oleh Perwakilan Traveloka.

Dalam pesan kepada Tekno Liputan6.com, Jumat (30/9/2022), Perwakilan Traveloka menyebutkan penghentian layanan Traveloka Eats dan Send merupakan bagian dari strategi bisnis dan prioritas perusahaan.

Pasalnya menurut Perwakilan Traveloka, kini sektor perjalanan telah bangkit pascapandemi. "Seiring dengan bangkitnya sektor perjalanan, kami sangat antusias menyambut hal ini ke depannya," katanya.

Sekadar informasi, layanan Traveloka Eats adalah layanan pesan makanan online yang ada di aplikasi Traveloka. Pantauan Tekno Liputan6.com, layanan yang hadir sejak 2021 ini masih tersedia di aplikasi Traveloka.

Begitu juga dengan Traveloka Send yang juga masih ada di aplikasi Traveloka. Layanan Traveloka Send pun terbilang baru kehadirannya, yakni dirilis pada September ini.

Saat ditanya bagaimana nasib karyawan yang mengelola Traveloka Eats dan Send, sumber kami menyebut, saat proses penutupan kedua layanan dilakukan, perusahaan tetap memastikan transisi yang baik, sesuai aturan yang berlaku.

Baca selengkapnya di sini 

 


3. Bjorka Sebar Data Pribadi Kepala BSSN hingga Sindir Anggaran Rp 624 Miliar

Kepala BSSN, Hinsa Siburian (Rahmat Baihaqi/Merdeka.com)
Perbesar
Kepala BSSN, Hinsa Siburian (Rahmat Baihaqi/Merdeka.com)

Setelah sempat menghilang sekitar dua minggu, Bjorka kembali beraksi lewat Telegram dan forum online Breached Forums.

Kali ini hacker Bjorka menyebarkan data pribadi atau melakukan doxing kepada Kepala BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Hinsa Siburian.

Dalam thread-nya di Breached Forums, sang hacker memajang foto Hinsa yang mengenakan seragam tentara.

Data pribadi Ketua BSSN yang dibocorkan Bjorka agak berbeda dari data-data pribadi pejabat atau tokoh publik Indonesia yang sebelumnya pernah dibocorkan. Ada satu data tambahan berisi profil kendaraan yang dimiliki Hinsa Siburian.

Data lainnya tetap sama, seperti nomor ponsel, NIK, KK, alamat rumah, tempat tanggal lahir, pendidikan, agama, dan nomor vaksin.

Tak hanya itu, Bjorka juga menyisipkan tangkapan layar berita online berjudul "Anggaran BSSN Naik Jadi Rp 624 M, 'Berkah' Bjorka?" dalam versi Bahasa Inggris.

"Mari kita tanya orang tua ini uang itu akan dipakai untuk apa," tulis Bjorka di Breached Forum.

Dalam postingan yang sama, hacker Bjorka juga mengumumkan grup Telegram yang baru. Namun, ia menekankan kalau sampai saat ini dirinya tidak memiliki akun Twitter baru.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis Klaim dan Ancaman Hacker Bjorka Bocorkan Data Bikin Gerah Kominfo hingga Istana. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Klaim dan Ancaman Hacker Bjorka Bocorkan Data Bikin Gerah Kominfo hingga Istana. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Klaim dan Ancaman Hacker Bjorka Bocorkan Data Bikin Gerah Kominfo hingga Istana. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya