Apple Ubah Tampilan Persentase Baterai iPhone di iOS 16.1

Oleh Afifah Nur Andini pada 03 Okt 2022, 07:30 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 07:30 WIB
iOS 16 Lockscreen
Perbesar
iOS 16 Lockscreen (Photo by Penfer on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya komentar tidak puas dari para pengguna iPhone terhadap desain baterai yang tidak menampilkan persentase mendorong Apple melakukan perubahan desain. Akhirnya, perusahaan pun mengubah tampilan baterai dengan jumlah presentase di dalam ikon baterai lewat pembaruan iOS 16.

Akan tetapi, perubahan tersebut juga tidak langsung memuaskan keinginan penggunanya. Hal ini disebabkan dua alasan.

Pertama, beberapa iPhone tidak mendapatkan tampilan terbaru battery percentage meter tersebutsehingga baterai hanya tampil dengan jumlah persentase tanpa indikator baterai. Kedua, sebagian pengguna tidak menyukai desain baru baterai tersebut.

Sebagai informasi, perubahan tampilan baterai iPhone ini berawal dari kehadiran iPhone X. Ketika iPhone itu muncul dengan desain notch, bilah hitam di bagian atas layar digunakan sebagai tempat menampung kamera depan dan speaker, sehingga tampilan persentase baterai dihapus.

Dikutip dari CNET, Senin (3/10/2022), hal ini dilakukan karena ruang di bagian status bar tidak cukup untuk menampilkan persentase di bagian kiri ikon baterai.

Meskipun pengguna bisa melihat jumlah persentase baterai dengan cara mengusap layar ke bawah untuk mengakses Control Center, cara ini dianggap tidak cukup cepat dan efisien. Terlebih, ketika pengguna sedang membuka aplikasi lain.

Selain itu, pengguna juga sulit untuk memperkirakan sisa baterai yang tersisa hanya dari percentage meter yang ditampilkan. Untuk mengatasi hal ini, Apple pun mengembalikan tampilan jumlah persentase di dalam ikon baterai pada iOS terbaru.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Apple Desain Ulang Tampilan Persentase Baterai Lewat iOS 16.1

Baru Melirik iPhone, Kenali Perbedaan iPhone 11, XR, dan XS
Perbesar
iPhone11. (Shutterstock/Framesira)

Kendati demikian, beberapa pengguna iPhone tidak menyukai desain terbaru persentase baterai iPhone ini. Meskipun jumlah persentase muncul di dalam ikon, perusahaan tidak menampilkan battery percentage meter pada baterai.

Hal ini membuat ikon baterai selalu terlihat penuh dan status baterai hanya ditandai dengan perubahan warna ikon. Nantinya, ikon hanya berubah merah ketika baterai mulai kosong, yakni kapasitas baterai mencapai 20 persen atau lebih rendah.

Apple sudah menerima semua kritik yang disampaikan terhadap desain persentase baterai dan akan mendesain ulang ikon baterai di iOS 16.1. Namun untuk sekarang, fitur tersebut masih diproses oleh pengembang kedua.

Seorang desain bernama Mikael Johansson pun membuat mockup yang menunjukkan beberapa pilihan desain ikon baterai bersama dengan persentasenya di Twitter.

Dari desain pertama milik Apple, Mikael membuat tiga desain alternatif sesuai dengan yang diinginkan pengguna lainnya. Melalui mockup Mikael inilah, Apple akan mengubah ikon baterai sesuai dengan yang diinginkan para penggunanya.


Tidak Semua Model iPhoen Dapat Desain Battery Percentage Terbaru

iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16
Perbesar
iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Hanya perlu diingat, melansir Apple support page, tidak semua model iPhone dengan iOS 16 akan menerima tampilan persentase baterai ini.

Model iPhone yang tidak mendukung desain terbaru ini adalah iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12 Mini, dan iPhone 13 Mini. Namun, keempat mode tersebut akan menerima fitur persentase baterai setelah mengaplikasikan iOS 16.1.

Selain itu, salah satu cara agar bisa melihat jumlah persentase baterai adalah dengan menambahkan widget baterai di lock screen atau home screen perangkat.

Pengguna iPhone XR, 11, 12 Mini, dan 13 Mini juga bisa melihat jumlah persentase baterai dengan cara mengusap bagian kanan atas ke bawah untuk menampilkan jumlah persentase di sebelah ikon baterai.


Cara Tampilkan Jumlah Persentase Baterai di Status Bar di iOS 16

iPhone 12 Pro updating to iOS 16 Beta
Perbesar
iPhone 12 Pro updating to iOS 16 Beta (Photo by Azamat E on Unsplash)

Untuk menikmati tampilan baru jumlah persentase baterai di status bar iPhone, pengguna bisa memperbarui versi iOS 16 terlebih dahulu. Pengguna bisa buka menu Settings lalu General dan pilih Software Update untuk mulai pemasangan software iOS 16.

Setelah pembaruan berhasil dipasang, tampilan ikon baterai di bagian kanan atas layar akan segera menampilkan desain yang baru.

Meskipun pengaturan tampilan tersebut akan muncul secara otomatis, pengguna bisa mengaturnya secara manual. Masuk ke aplikasi Settings dan pilih menu Battery.

Dari menu tersebut akan menampilkan beberapa pilihan. Pilihan paling atas akan muncul Battery Percentage, geser switch opsi tersebut untuk mengaktifkan fitur dan jumlah persentase baterai muncul di dalam ikon baterai.

Desain baterai ini akan berubah warna berdasarkan statusnya. Ketika sedang mengisi daya iPhone, baterai akan berubah warna menjadi hijau, sedangkan saat jumlah baterai semakin rendah, warna ikon baterai akan menjadi kuning.


Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya