Sukses

Google Hadirkan Suara Baru pada Fitur Text-to-speech di Android

Speech Services dari Google memperbarui speech engine untuk meningkatkan kejernihan dan kejelasan suara text-to-speech.

Liputan6.com, Jakarta - Speech Services dari Google memperbarui speech engine-nya untuk meningkatkan kejernihan dan kejelasan suara text-to-speech. Update dari aplikasi text-to-speech ini sudah bisa diunduh pengguna Android melalui Google Play Store.

Dalam pembaruan ini Google mengubah suara dari speech engine. Perubahan dimaksudkan untuk memperbaiki kejelasan intonasi mesin ketika berbicara sehingga terdengar lebih alami.

Pengguna bisa mencoba mendengerkan perbedaan di antara suara lama dan suara mesin yang baru, melalui rekaman di website Android Developers Blog. Demikian sebagaimana dikutip dari The Verge, Sabtu (1/10/2022). 

Update ini akan diluncurkan secara bertahap selama beberapa minggu ke depan untuk semua perangkat Android 24-bit melalui Google Play Store.

Google mengungkapkan bahwa suara mesin text-to-speech yang baru dibuat menjadi lebih alami.

Akan tetapi, setelah mendengarkan suara baru dan membandingkannya dengan suara yang lama, tidak banyak perubahan yang bisa didengar selain suaranya menjadi lebih tinggi.

Selain itu, kalimat yang dikatakan kedua mesin suara juga masih agak sulit untuk ditangkap telinga.

Saat pertama kali mendengarkan rekaman suara, terdengar mesin mengucapkan kalimat seperti "is this my gun", padahal yang sebenarnya diucapkan adalah "is this mic on".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mesin Suara dari 67 Bahasa Lain juga Akan Diperbarui

Sekitar 421 suara dalam 67 bahasa di dalam aplikasi akan menerima model suara terbaru synthesizer yang baru. Contoh rekaman suara yang bisa didengar saat ini merupakan bahasa "English-US". Perusahaan mengubah suara sebelumnya menjadi sedikit lebih tinggi dan segar.

Untuk selanjutnya, pengguna bisa mencoba mendengarkan rekaman suara mesin text-to-speech dalam bahasa "Spanish-US" dan "Brazilian-Portuguese".

Melalui pengumuman pembaruan ini menyampaikan, jika para pengguna Android sudah menggunakan teknologi text-to-speech, mereka tidak perlu lagi mengunduh aplikasi untuk menerima suara mesin yang baru.

Pembaruan akan secara otomatis terpasang pada perangkat Android mereka melalui aktivitas di belakang layar.

Layanan mesin text-to-speech ini sudah digunakan oleh berbagai aplikasi Google yang lain, seperti Google Maps, Google Translate, sampai Android Recorder.

3 dari 3 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini