Sukses

MIUI Mungkinkan Pengguna Kustomisasi Tampilan Ikon Baterai di HP Xiaomi

MIUI menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengkustomisasi tampilan ikon baterai di smartphone Xiaomi dan Redmi.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi mengumumkan kehadiran fitur baru di software MIUI melalui jejaring sosial Weibo resminya. Fitur ini bisa dipakai oleh smartphone Xiaomi dan Redmi.

Mengutip Gizchina, Sabtu (1/10/2022), fitur tersebut memungkinkan pengguna mempersonalisasi ikon yang memperlihatkan persentase baterai di status bar melalui fungsi emoji ikon baterai.

Lewat fungsi tersebut, pengguna bisa dengan bebas mengganti tampilan ikon, bentuk, dan ukuran. Caranya dengan memilih tema MIUI sesuai keinginan. Ada sejumlah opsi yang bisa dipilih pengguna.

Lewat opsi ini, Xiaomi memberi kebebasan yang jauh lebih besar dibandingkan produsen lain dalam menentukan tampilan persentase baterai smartphone mereka.

Sebelumnya, Apple baru mengembalikan indikator baterai. Sementara di Android, indikator baterai sudah jadi opsi entah mau ditampilkan di layar ponsel atau tidak.

Perangkat baru Apple, iPhone 14 Pro series telah menjadi bahan perbincangan di internet sejak dirilis pertengahan bulan ini. Kehadiran persentase baterai hingga fitur notch Dynamic Island jadi sejumlah hal yang banyak dipuji warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mau Boyong Dynamic Island ke Smartphone Xiaomi?

Menyoal Dynamic Island, Xiaomi disebut-sebut berpeluang untuk memperkenalkan fitur tersebut ke perangkat Android. Meski Dynamic Island diramalkan jadi salah satu fitur Apple yang bakal ada di Android, vendor perangkat ZTE mengolok-olok keberadaannya.

Sebelumnya, pengembang independen MIUI membuat aplikasi yang memungkinkan MIUI memakai Dynamic Island.

Terlepas dari antusiasme dan keinginan masyarakat akan Dynamic Island, banyak orang yang skeptis bahwa fitur tersebut akan hadir di perangkat Android, baik itu Xiaomi maupun produsen lainnya.

Selama bertahun-tahun ini, banyak vendor Android yang menghilangkan notch atau poni berukuran besar dan mengadopsi punch hole untuk menempatkan kamera selfie.

Saat ini, smartphone Android seragam memiliki punch hole yang ditempatkan di bagian atas layar, baik itu tengah, kanan, atau kiri. Punch hole ini menjadikan tampilan smartphone Android agak mirip satu sama lain.

3 dari 3 halaman

Pengembang Pihak Ketiga Garap Dynamic Island

Kini, hanya beberapa hari sejak pengumuman iPhone 14 Pro series, tampaknya sudah ada smartphone Android pertama yang mengadopsi Dynamic Island.

Meski begitu, kehadiran Dynamic Island di smartphone Android ini bukan disediakan oleh manufaktur tetapi dari komunitas pengembang independen. Mengutip Gizchina, Kamis (15/9/2022), perangkat yang digunakan adalah smartphone Xiaomi.

Rupanya seorang di komunitas pengembang Xiaomi telah membuat tema baru untuk MIUI yang bisa menampilkan fungsi mirip Dynamic Island iPhone 14 Pro series.

Video tersebut diunggah melalui Twitter oleh pengguna dengan akun @vvaiibhav.

Dynamic Island Style Notifications / Now Playing on Xiaomi MIUI. Mi Theme Developers never disappoint 😎 pic.twitter.com/ImHmbkRZnb

— Vaibhav Jain (@vvaiibhav) September 11, 2022

Terlihat di video, pengguna tersebut memanfaatkan lubang kamera selfie (punch hole) di layar untuk menampung notifikasi dan kontrol pemutaran audio. Keduanya berada di sudut kiri atas layar.

Punch hole tersebut tidak terlihat karena latar belakang hitam 'Dynamic Island' ini memperluas panel notifikasi dan music player. Si pembuat topik menyebut, fitur tersebut tengah dipelajari oleh Xiaomi.

Jika disetujui nantinya fitur besutan pengembang itu bisa diakses melalui MIUI Themes. 

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.