Hacker Remaja Peretas GTA 6 Ngaku Tak Bersalah

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 29 Sep 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 13:00 WIB
gta-v-130823c.jpg
Perbesar
Ilustrasi: GTA 6

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini GTA 6 jadi perbincangan seantero dunia. Pasalnya, game ini diretas dan si peretas membocorkan video gameplay-nya.

Peretasnya dikabarkan merusak komputer pengembang game GTA 6 dan mendapatkan banyak materi terkait game yang akan datang. Parahnya, si peretas ini mengunggah video gameplay di berbagai forum peretasan.

Kasus ini pun dianggap sebagai kebocoran terbesar dalam sejarah game. Namun tidak butuh waktu lama, kepolisian Inggris segera bertindak dan menangkap tersangka peretasan.

Polisi menanggap hacker remaja berusia 17 tahun, dan disebut sebagai salah satu pemimpin kelompok hacker Lapsus$.

Laporan terbaru mengungkap, hacker remaja ini mengaku tidak bersalah atas tudingan penyalahgunaan komputer. Demikian menurut Gizchina, Kamis (29/9/2022).

Disebutkan, remaja peretas berusia 17 tahun itu ditangkap di Oxfordshire pada Kamis lalu. Ia dituding atas dua kejahatan, yakni melanggar jaminan dan penyalahgunaan komputer.

Terbukti Bersalah?

Sebelumnya, Jaksa Valerie Benjamin mengatakan di pengadilan, hacker 17 tahun itu menggunakan smartphone untuk meretas perusahaan dan memerasnya, untuk software yang didapatkannya secara ilegal.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bantah Dirinya Bersalah

GTA V
Perbesar
Foto : gta5cheats.com

Namun, si hacker membantah dirinya memakai smartphone untuk meretas. Akibatnya, hakim mengumumkan bahwa dirinya akan mentransfer kasus tersebut ke pengadilan yang lebih tinggi. Hakim ingin mendengar kasus "serupa" nantinya.

Hingga kini, polisi belum berkomentar atas penangkapan hacker 17 tahun yang terkait dengan pembobolan data GTA 6, September ini. Namun, jurnalis Matthew Keys meyakini remaja tersebut dipenjara karena terkait peretasan GTA 6 dan Uber.

Sekadar informasi, hacker berusia 17 tahun ini terkait dengan kelompok hacker bernama Lapsus$. Kelompok hacker tersebut memiliki catatan kriminal yang cukup banyak.

Sebelumnya, polisi Inggris juga pernah menangkap beberapa anggota tim dari kelompok peretas ini. Mereka semua masih usia remaja. Kemungkinan besar, ada dua anggota lain kelompok hacker yang berpartisipasi dalam peretasan tersebut.

Jika informasi itu benar adanya, kemungkinan polisi akan melakukan penangkapan lainnya dalam waktu dekat.


Gameplay GTA 6 Bocor

Screenshot trailer GTA V dan GTA Online versi PS5 dan Xbox Series X/S (YouTube Rockstar Games)
Perbesar
Screenshot trailer GTA V dan GTA Online versi PS5 dan Xbox Series X/S (YouTube Rockstar Games)

Sebelumnya, awal pekan lalu dunia game dibuat terkejut dengan beredarnya sekitar 90 video gameplay GTA 6 (Grand Theft Auto 6) yang masih dalam tahap awal pengembangan.

Disebutkan, aset game GTA 6 tersebut diambil dari server Rockstar oleh hacker yang menyebut diri mereka "teapotuberhacker".

Dari 90 lebih video yang saat ini beredar di internet, terlihat bagaimana karakter di dalam gim ini melakukan aksi perampokan hingga tembak-menembak.

Video tersebut dikonfirmasi oleh laporan Jason Schreier dari Bloomberg, mengatakan GTA 6 berlatar di kota fiksi Miami--lanjutan cerita Vice City.

Selain itu, game baru Rockstar ini juga menampilkan karakter utama wanita untuk pertama kalinya.

Walau video tersebut masih sebatas gim dalam pengembangan, tetapi banyak fitur yang sudah berfungsi dan memperlihatkan lebih awal seperti apa gameplay GTA 6.

(Tin/Isk)

 

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya