Sukses

iOS 16.1 di iPhone 14 Hadirkan Fitur Satellite Connection Demo, Apa Itu?

Apple akan menghadirkan fitur percobaan panggilan darurat via satelit pada update iOS 16.1 untuk iPhone 14.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memperkenalkan fitur demo panggilan darurat melalui satelit yang dimiliki seri iPhone 14 dan iPhone 14 Pro, Apple akan menghadirkan fitur tersebut pada pembaruan software selanjutnya, iOS 16.1.

Perusahaan telah meluncurkan iOS 16.1 beta 3 pada Selasa lalu kepada para pengembang. Software ini nantinya akan memiliki Satellite Connection Demo yang memungkinkan pengguna iPhone mencoba koneksi satelit tanpa benar-benar melakukan panggilan darurat.

Mengutip informasi dari 9to5Mac, Rabu (28/9/2022), Apple diketahui tengah membuat lebih dari satu fitur berkaitan dengan komunikasi satelit untuk model iPhone 14. Namun, fitur tersebut belum bisa diaktifkan sampai November tahun ini.

Kendati demikian, kepastian mengenai hadirnya fitur Emergency SOS via Satellite pada software iOS 16.1 ini masih belum jelas.

Alasannya, pembaruan software dikabarkan akan rilis secara umum pada Oktober, sedangkan fitur tersebut disebut baru bisa diaktifkan pada November.

Untuk diketahui, Satellite Connection Demo merupakan fitur yang belum pernah disampaikan sebelumnya akan hadir di iOS versi 16.1 beta 3.

Fitur ini akan memberikan pengguna kemampuan bagaimana panggilan darurat melalui satelit bekerja, tanpa tersambung koneksi Wi-Fi atau sinyal seluler.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencoba panggilan darurat via satelit dengan Satellite Connection Demo

Demo ini diharapkan bisa membantu pengguna mengetahui cara melakukan panggilan darurat menggunakan satelit, sehingga bisa langsung dipraktikkan ketika mereka butuh menggunakan fitur tersebut di kehidupan nyata.

Nantinya, segera setelah diluncurkan, Satellite Connection Demo bisa digunakan kapan saja lewat menu Emergency SOS yang berada di dalam aplikasi Settings.

Untuk mencoba melakukan panggilan, pengguna perlu berada di luar ruangan dan di bawah langit untuk menemukan koneksi satelit. Panggilan yang dilakukan tidak akan langsung tersambung ke layanan darurat, jika pengguna masih menggunakan fitur demo ini.

Fitur ini ada untuk menghindari pengguna yang secara tidak sengaja melakukan panggilan darurat ke layanan darurat saat sedang melakukan percobaan.

3 dari 3 halaman

Tampilan baterai di iOS 16.1

Di iOS 16.1, Apple mengubah tampilan indikator baterai sehingga kini mempunyai ikon dinamis, saat tampilan persentase diaktifkan. Software ini munculnya persentase baterai pada model iPhone lain seperti iPhone 11 dan iPhone 13 mini.

Selain itu, update ini juga menambahkan opsi Clean Energy Charging, Live Activities API, mendukung protocol Matter, dan opsi untuk menghapus aplikasi Wallet.

Bagi pengguna iPad, versi beta dari iPadOS 16.1 akan membawakan Stage Manager untuk model iPad Pro lama yang memiliki chip A12X dan chip A12Z.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.