Xiaomi 12T Bakal Meluncur 4 Oktober 2022

Oleh Agustinus Mario Damar pada 28 Sep 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 10:30 WIB
Xiaomi 11T
Perbesar
Xiaomi 11T (Foto: GSM Arena).

Liputan6.com, Jakarta - Kepastian mengenai jadwal peluncuran Xiaomi 12T terjawab sudah. Melalui akun Twitter-nya, Xiaomi resmi mengumumkan jadwal kehadiran HP Android tersebut.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (28/9/2022), Xiaomi menyebut event peluncuran smartphone anyar ini akan dilakukan pada 4 Oktober 2022, dan ditayangkan melalui YouTube, Facebook, Twitter, termasuk situs web perusahan.

Rencananya, acara ini akan disiarkan pada pukul 14.00 GMT+2 atau sekitar pukul 19.00 WIB. "Bersiap untuk #MakeMomentsMega!" tulis Xiaomi dalam pengumuman di akun media sosialnya tersebut.

Kata-kata Moments Mega sendiri disebut merujuk pada penggunaan sensor kamera yang akan digunakan pada Xiaomi 12T. Menurut kabar, HP Xiaomi ini akan menggunakan sensor kamera 200MP ISOCELL HP1 dari Samsung.

Selain smartphone, Xiaomi dikabarkan juga akan meluncurkan Redmi Pad yang sudah lama dirumorkan kehadirannya. Laporan lain juga menyebut event ini akan menjadi debut dari Redmi TWS versi terbaru.

Di sisi lain, spesifikasi soal Xiaomi 12T sendiri sudah sempat beredar di internet. Informasi ini diketahui dari bocorannya di situs benchmarking, Geekbench.

Berdasarkan informasi tersebut, Xiaomi 12T dan 12T Pro akan hadir dengan layar AMOLED 6,67 inci beresolusi 1220 x 2712 piksel. Layar perangkat ini memiliki refresh rate 120Hz dan sudah dilapisi Gorilla Glass 5.

Sementara untuk dapur pacu, Xiaomi dilaporkan akan menggunakan chipset yang berbeda untuk Xiaomi 12T dan 12T Pro.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Spesifikasi Xiaomi 12T

Xiaomi 11T
Perbesar
Xiaomi 11T (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Xiaomi 12T Pro disebut memakai chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1, RAM LPDDR5 8/12GB, dan memori sebesar 256GB, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Rabu (21/9/2022).

Di Xiaomi 12T, perusahaan menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8100 Ultra dengan RAM 8GB dan dua opsi memori, yaitu 128GB dan 256GB.

Selain menggunakan chipset yang berbeda, kedua HP Xiaomi ini juga memiliki lensa kamera dengan kemampuan berbeda.

Untuk Xiaomi 12T Pro, perusahaan bakal menyematkan sensor kamera Samsung HP1 berkemampuan 200MP dengan bukaan lensa F/1.69, dan OIS.

Sementara untuk model standarnya, Xiaomi hanya menyematkan kamera beresolusi 108MP dengan bukaan lensa F/1.65--tanpa teknologi OIS.

Selain kamera utamanya, lensa lainnya memiliki kemampuan sama mulai dari kamera ultrawide 8MP, macro 2MP, dan selfie 2MP.


Bos Xiaomi Tanya Pengguna, Mau Dynamic Island Milik iPhone 14 Pro di Redmi K60?

iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch
Perbesar
iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Di sisi lain, bos Xiaomi Lu Weibing menanyakan ke fans Xiaomi alias Mi Fans "Apakah Anda benar-benar membutuhkan Dynamic Island di Redmi K60?".

Terkait pertanyaan sang President Xiaomi Group China Lu Weibing, ia tampaknya ingin tahu perlukah Redmi K60 mengadopsi fitur iPhone 14 Pro series tersebut.

Mengutip Gizchina, Senin (19/9/2022), berdasarkan informasi yang beredar, Redmi K60 series bakal dirilis di Tiongkok pada kuartal pertama 2023.

Varian Redmi K60 akan didukung chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan ada pula yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 2. Sayangnya masih sangat sedikit informasi yang beredar mengenai perangkat ini.

Bagi yang belum tahu, Dynamic Island adalah pengganti notch di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Berbeda dengan notch atau poni, cutout di iPhone 14 Pro series kini bernama Dynamic Island.

Dynamic Island memadukan hardware dan software yang membuat pengguna bisa berinteraksi dengan iPhone melalui cara baru.

Dynamic Island bisa menghasilkan latar hitam yang bisa memperlihatkan notifikasi dari aktivitas aplikasi iPhone yang berjalan di background.

Sejumlah YouTuber teknologi, termasuk Marques Brownlee (MKBHD) berpendapat, "dalam 18 bulan mendatang, Dynamic Island bakal jadi fitur yang paling banyak ditiru oleh vendor smartphone lainnya."


Fans Bilang Mau Dynamic Island

Sementara itu, Pembesut Smartisan and Hammer Technology Luo Yonghao menyebut, notch Dynamic Island sangatlah luar biasa, namun ia berkata perangkat Android tidaklah memerlukan Dynamic Island.

Terlepas dari ditiru atau tidaknya Dynamic Island, fans Xiaomi pun memberikan komentar atas pertanyaan Lu Weibing. Beberapa fans berharap Redmi K60 bakal hadir dengan Dynamic Island.

Dynamic Island banyak disebut sebagai fitur paling signifikan di iPhone 14 Pro series. Lebih dari 40 use case akan tersedia di Dynamic Island, termasuk untuk mendukung aplikasi pihak ketiga dan aplikasi asli dari iOS 16.

Dynamic Island sendiri akan membesar ketika pengguna menekannya agak lama. Pengguna bisa menjeda dan menghentikan timer langsung dari Dynamic Island.

Hal sama juga berlaku untuk aplikasi FaceTime dan Apple Music. Pada Dynamic Island, beberapa aktivitas sistem seperti mengaktifkan mode fokus atau mencolokkan iPhone bakal memunculkan animasi.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya