Pengguna Keluhkan Baterai iPhone Cepat Habis Setelah Update iOS 16

Oleh Afifah Nur Andini pada 27 Sep 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 17:30 WIB
iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16
Perbesar
iPhone 14 Pro Max with Software iOS 16 (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone mengeluhkan baterai ponsel mereka cepat habis setelah memperbarui software ke iOS 16.

Saat diumumkan kehadirannya dalam ajang WWDC 2022, update iOS 16 membawa perubahan besar terhadap iPhone. Hal ini bisa menjadi alasan mengapa baterai perangkat menjadi cepat habis.

Walau hal ini umum terjadi setiap kali menginstal update software besar-besaran, ada beberapa hal yang membedakan pada pembaruan iOS yang digulirkan oleh Apple ke seluruh pengguna iPhone-nya ini.

Ketika update ke iOS versi terkini, biasanya software tersebut beroperasi di latar atau background menyedot daya baterai untuk mensortir ulang file, foto, aplikasi, dan lainnya yang terpasang di iPhone.

Kegiatan inilah yang memengaruhi kinerja baterai iPhone, apalagi mengingat pembaruan software kali ini merupakan update yang cukup masif. Akan tetapi, setelah proses penyortiran ulang ini selesai, masalah pun perlahan akan membaik.

Namun dalam kasus iOS 16, para pengguna terus menyampaikan keluhan mereka software yang diluncurkan sudah merusak kinerja baterai iPhone mereka.

Beberapa komplain disampaikan para pengguna iPhone melalui berbagai platform media sosial, seperti Twitter, TikTok, dan Reddit. Kebanyakan mereka memprotes baterai perangkat cepat habis sejak menginstal iOS 16 pada minggu lalu.

"Baterai saya terkuras lebih banyak dari biasanya. Saya bekerja di kantor dan tidak banyak menggunakan (iPhone) 13 PM di siang hari, tidak ada yang berubah dalam perilaku saya," tulis seorang pengguna iPhone dalam platform Reddit via 9to5Mac, Selasa (27/9/2022).

"Pada iOS 15 saya seringkali pulang ke rumah dengan sisa baterai 85% - 95%. Dengan iOS 16 sisa baterai saya 65% - 75%. Menurut saya jumlah tersebut cukup banyak mengingat saya tidak menggunakan handphone saya," ujarnya

Untuk saat ini, belum ada tanggapan dari Apple mengenai masalah iOS 16 yang memperburuk daya baterai iPhone. Perusahaan telah merilis iOS 16.0.2 belum lama ini ke publik, tetapi tanpa menyebutkan mengenai peningkatan daya baterai.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Apple Sebar Update iOS 16.0.2 untuk Atasi Masalah Kamera di iPhone 14 Pro

iOS 16 Lockscreen
Perbesar
iOS 16 Lockscreen (Photo by Penfer on Unsplash)

Apple memenuhi janjinya untuk merilis update iOS 16.0.2 untuk mengatasi sejumlah bug bagi seluruh pengguna iPhone secara global.

Lewat update iOS 16.0.2 ini, Apple memperbaikin sejumlah bug tak hanya untuk pengguna iPhone 14 tetapi juga model lainnya.

Salah satu bug yang menjadi masalah adalah kamera di iPhone 14 Pro, dimana pengguna mendapati lensa bergerak tak terkendali saat membuka aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, update iOS 16 ini juga memperbaiki bug dimana muncul jendela copy dan paste setiap kali pengguna meng-highlight teks.

Berikut ini adalah deskripsi update iOS 16.0.2 yang baru saja dirilis oleh Apple.

Pembaruan ini menyediakan perbaikan bug dan update keamanan penting untuk iPhone Anda meliputi:

 

– Kamera bergetar sendiri dan menyebabkan foto buram saat memotret dengan beberapa aplikasi pihak ketiga di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

– Tampilan mungkin tampak benar-benar hitam saat proses setup.

– Copy dan paste antar aplikasi dapat menyebabkan permintaan izin muncul lebih dari yang diharapkan.

– VoiceOver mungkin tidak tersedia setelah reboot.– Mengatasi masalah ketika input sentuh tidak responsif pada beberapa tampilan iPhone X, iPhone XR, dan iPhone 11 setelah diservis. 

 

Bagi pengguna iPhone yang belum update, kamu bisa mengecek pembaruan ini di menu Settings > General > Sofwtware update. 


Cara Mudah Update Otomatis Semua Aplikasi iPhone di iOS 16

<p>Deretan model iPhone yang akan kebagian update iOS 16. (Doc: Apple)</p>

Apple menggulirkan update software iOS 16 ke pengguna iPhone di seluruh dunia. Berbagai fitur dihadirkan di sistem operasi versi terbaru Apple ini.

Dengan update iOS 16, Apple ingin membuat berbagai hal makin mudah untuk pengguna iPhone. Salah satunya dalam meng-update aplikasi-aplikasi iPhone.

Pasalnya bagi sebuah smartphone, aplikasi adalah hal yang membuat ponsel jadi berguna, termasuk iPhone. Tanpa aplikasi, pengguna tidak bisa mengeksplor iPhone mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan aplikasi selalu up-to-date atau menggunakan versi terbaru. Selain untuk menjamin keamanan, update aplikasi juga memastikan fitur terbaru bisa dinikmati.

Untungnya iPhone bisa secara otomatis meng-update seluruh aplikasi untuk pengguna. Pengguna juga bisa memperbarui aplikasi mereka satu per satu secara manual.

Berikut cara update seluruh aplikasi secara otomatis di iOS 16:

1. Buka Setting di Home Screen iPhone

2. Scroll ke bawah dan ketuk App Store

3. Di bawah sesi Automatic Downloads, geser slider ke kanan (hingga warna hijau) untuk melakukan App updates 


Cara Update Aplikasi iPhone Secara Manual

<p>Apple baru saja mengumumkan iOS 16 di WWDC 2022, apa saja peningkatan dan fitur barunya? (Doc: Apple)</p>

Cara update manual aplikasi di iOS 16:

1. Masuk ke App Store di Home Screen iPhone

2. Click ikon profil Anda di sudut kanan atas

3. Pengguna bisa melihat apakah ada update yang tersedia untuk aplikasi-aplikasi yang terpasang di iPhone

4. Pengguna bisa memperbaruinya satu per satu dengan mengklik tombol Update di sebelah aplikasi

5. Pengguna bisa memperbarui semua aplikasi dengan mengklik opsi Update all berwarna biru tepat di bawah judul upcoming automatic updates

6. Pengguna kini bisa menikmati fitur baru dan update keamanan pada aplikasi. Ulangi proses ini di masa mendatang jika perlu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya