Sukses

Fitur Baru WhatsApp Call Links Diluncurkan, Apa Itu?

WhatsApp akan menghadirkan fitur yang memungkinkan penggunanya melakukan panggilan melalui link yang dibagikan.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja memperkenalkan fitur baru bernama Call Links. Dengan fitur ini, pengguna dapat membagikan link undangan kepada pengguna lainnya untuk bergabung dalam panggilan telepon--seperti Zoom dan Google Meet.

Adapun fitur baru WhatsApp Call Links ini diungkap oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg lewat postingan di akun Facebooknya.

Ia menyebutkan, pengguna kini dapat berbagi link undangan panggilan telepon lebih mudah dengan hanya men-tap nammer di atas tab Calls atau Panggilan.

"Kami meluncurkan Call Links di WhatsApp mulai minggu ini sehingga Anda bisa membagikan tautan untuk memulai panggilan dengan sekali klik," tulis Mark di akun Facebook, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (28/9/2022).

"Kami juga sedang menguji panggilan video terenskripsi yang aman hingga 32 orang. Lainnya akan segera hadir," tambahnya.

Fitur Call Links ini dapat segera bisa dimanfaatkan oleh pengguna WhatsApp mulai minggu ini. Pastikan saja kamu sudah meng-update aplikasi ke versi yang baru, dimana nanti akan tampil Call Links di bagian atas tab Calls.

Hal yang membuat fitur baru WhatsApp ini berbeda dengan panggilan biasa, adalah pengguna dapat melakukan panggilan langsung ke banyak pengguna. Disebutkan, pengguna kini dapat melakukan panggilan bersama hingga 32 orang dan sudah mendukung panggilan audio ataupun video. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

WhatsApp bersaing dengan platform video call lainnya

Dengan hadirnya fitur Call Links yang memperluas kapasitas penggilan melalui WhatsApp, memasukkan platform ke dalam persaingan di antara aplikasi video call serupa, seperti Google Meet, Microsoft Teams, dan Zoom.

Platform kompetitor ini menawarkan kapasitas melakukan panggilan yang lebih besar dibandingkan fitur Call Links, yaitu 100 orang untuk Google dan Microsoft Teams, serta 300 orang untuk Zoom.

Untuk Zoom, yang termasuk sebagai aplikasi video call berbayar, platform ini membatasi durasi panggilan pengguna yang memiliki akun gratis.

Sementara itu, WhatsApp belum mengabarkan informasi lebih lanjut mengenai adanya batasan durasi panggilan. Platform ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk dimanfaatkan pengguna yang ingin melakukan panggilan grup kecil dan personal.

3 dari 5 halaman

Pengguna Bakal Bisa Pakai WhatsApp di iPad dan Tablet Android?

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Pengguna bakal bisa pakai WhatsApp iPad dan tablet Android. Saat ini, miliaran pengguna mengakses aplikasi pesan bikinan Facebook itu di perangkat Android, iOS, dan PC. Pengguna pun telah lama menanyakan kapan WhatsApp versi iPad dan tablet Android akan hadir di perangkat mereka.

Nah, baru-baru ini, Meta sebagai induk WhatsApp mengeluarkan sinyal bahwa pihaknya mulai mengembangkan layanan WhatsApp untuk iPad dan tablet. Bukti visual dan meyakinkan pertama bahwa fitur tersebut baru tersedia saat ini.

Mengutip Gizchina, Senin (26/9/2022), kehadiran fitur WhatsApp di iPad dan tablet Android hanya tersedia bagi pengguna yang mendaftar untuk program beta (pengujian). Perlu diketahui, informasi ini pertama diketahui oleh situs web WABetaInfo.

Sekadar informasi, versi software WhatsApp untuk tablet Android yang pertama ditemukan adalah versi 2.22.21.5 dan 2.22.21.6.

Kedua WhatsApp versi tablet ini menekankan pada penggunaan yang cukup mudah. Pengguna hanya tinggal menambahkan tablet sebagai perangkat baru yang ditautkan, dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelumnya informasi tentang kehadiran aplikasi WhatsApp di tablet Android dan iOS telah diungkap Mei tahun lalu. Namun informasinya menyebutkan, WhatsApp bisa dipakai di tablet sebagai bagian dari mode "Multi-perangkat" yang baru.

4 dari 5 halaman

Hubungkan WhatsApp dari Smartphone ke Tablet

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash

Meski begitu, rupanya WhatsApp terus mengerjakan pengembangannya dan kini berkembang lebih fungsional. Sumber menyebut, pengguna dimungkinkan untuk menghubungkan tablet ke smartphone yang memiliki nomor telepon. Oleh karenanya, di bawah dukungan baru ini, pengguna bisa memiliki akses ke fungsi komunikasi platform.

Perlu diingat, fitur ini baru tersedia di versi Beta dan kini hanya tersedia untuk tablet Android. Namun, ada kemungkinan bahwa iPad juga akan kebagian fitur tersebut melalui iPadOS.

Singkatnya, proses menghubungkan sebuah tablet sebanding dengan yang digunakan saat ini, yakni untuk mengakses versi WhatsApp di PC.

Dengan begitu, pengguna akan segera bisa membalas pesan WhatsApp dan melakukan panggilan di tablet juga. Saat ini, pengguna hanya perlu menunggu perilisan luas fitur WhatsApp di tablet Android dan iPadOS.

5 dari 5 halaman

Kemampuan Edit Pesan yang Sudah Dikirim

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash

Belum lama ini, aplikasi WhatsApp, mungkin akan menghadirkan fitur pengeditan terhadap pesan yang sudah dikirim. 

Mengutip Phone Arena, Kamis (22/9/2022), sebelumnya Juni lalu ada laporan yang menyebut WhatsApp mengembangkan cara baru yang memungkinkan pengguna mengubah atau edit pesan yang telah dikirimkan.

Kini bocoran baru dari WABetaInfo menyebut, WhatsApp belum melupakan ide membuat fitur edit pada layanan pesannya.

Hal ini terbukti dari versi WhatsApp beta untuk Android terbaru, yakni versi beta 2.22.20.12. Di mana, peneliti keamanan mendapati WhatsApp tengah mengembangkan cara baru yang memungkinkan aplikasi untuk mengganti pesan-pesan yang dikirim dengan versi editannya.

Lebih lanjut, untuk bisa menerima pesan yang telah diedit, WhatsApp akan meminta pengguna untuk menginstal versi terbaru aplikasi. Tentunya setelah fungsi edit keluar.

Saat ini, belum diketahui berapa banyak waktu yang diberi WhatsApp ke pengguna untuk mengedit pesan yang sudah dikirim. Perlu diingat juga, fitur tersebut sedang dalam pengembangan. Sayangnya, tidak ada informasi kapan WhatsApp merilis fitur edit pesan ini ke publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini