Krafton Klaim Sistem Anti-Cheat Baru di PUBG Mobile Sukses Berantas Cheater

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 27 Sep 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 17:00 WIB
PUBG Mobile dimainkan di Oppo Reno8 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
PUBG Mobile dimainkan di Oppo Reno8 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Liputan6.com, Jakarta - PUBG Mobile baru-baru ini memperkenalkan sistem anti-cheat baru mereka yang bernama Fog of War, di mana teknologi ini diklaim sukses memangkas jumlah cheater atau pemain curang di game itu.

Menurut Krafton, sistem anti-cheat Fog of War berhasil memberantas separuh jumlah cheater yang memainkan versi mobile dari PUBG: Battlegrounds itu.

Krafton mengatakan, Fog of War adalah "yang pertama dari jenisnya di game seluler" dan bekerja dengan membatasi "informasi game yang diterima pemain" saat menggunakan x-ray vision atau wall hacks.

Dikutip dari Gamesradar, Selasa (27/9/2022), saat diterapkan secara terbatas hingga saat ini, lobi yang menggunakan sistem anti-cheat menunjukkan cheat x-ray vision berkurang hingga lebih dari 50 persen.

"Fog of War adalah sistem anti-cheat canggih yang membatasi informasi game yang diterima pemain, mengurangi kemampuan mereka untuk melihat pemain di luar bidang pandang mereka atau menembus dinding dan benda," kata Krafton.

Krafton menjelaskan, sistem Fog of War memindah semua bangunan dan medan di map besar PUBG Mobile. Melalui perhitungan internal, sistem lalu menentukan apa yang seharusnya dapat dilihat pemain.

"Terakhir, hanya informasi spesifik yang dikirim dari server kembali ke pemain. Informasi yang tidak terlihat tidak akan dikirim, menghentikan cheater penglihatan x-ray," kata Krafton.

Krafton pun mengungkapkan bakal menggulirkan sistem anti-cheat baru mereka secara bertahap, ke semua mode di PUBG Mobile.

Perusahaan pun menegaskan mereka sama sekali tidak menerima kecurangan dalam PUBG Mobile, sehingga hal ini jadi langkah lain untuk menghentikan pemain menggunakan teknologi yang curang dan tidak adil.

"Tidak ada yang lebih penting bagi PUBG Mobile selain memastikan pemain memiliki pengalaman yang aman, menyenangkan, dan adil," pungkas Krafton.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


PUBG Mobile Gandeng Bintang Squid Game Jung Ho Yeon

PUBG Mobile menggandeng Jung Ho Yeon menjadi Nusa Commissioner
Perbesar
PUBG Mobile menggandeng Jung Ho Yeon menjadi Nusa Commissioner (Foto: PUBG Mobile).

Beberapa waktu lalu, PUBG Mobile menggandeng bintang film Squid Game Jung Ho Yeon. Ia akan bergabung di PUBG Mobile mengisi peran sebagai Nusa Commissioner dalam update versi 2.2.

Dalam update versi 2.2 ini, PUBG Mobile memperkenalkan map Nusa. Seperti diberitakan sebelumnya, Nusa merupakan peta baru di PUBG Mobile yang ukurannya paling kecil.

Lewat map Nusa yang terinspirasi keindahan Bali ini, pemain bisa menikmati pertempuran bertempo cepat sembari menikmati pemandangan indah, seperti berkunjung ke Bali.

Sebagai bagian dari perilisan map Nusa, Jung Ho Yeon hadir sebagai Nusa Commisioner. Mulai Jumat 23 September 2022, para pemain bisa mengoleksi serangkaian pernak pernik bertema Jung Ho Yeon dengan membeli peti spesial.

 


PUBG Mobile Perkenalkan Map Nusa

Map Nusa di PUBG Mobile yang terinspirasi dari keindahan Pulau Bali.
Perbesar
PUBG Mobile berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadirkan peta baru bernama Nusa di game. Peta tersebut terinspirasi keindahan Pulau Bali. Nusa menjadi peta terkecil, berukuran 1 x 1 di PUBG Mobile. (Foto: PUBG Mobile)

Adapun pernak pernik yang dimaksud mulai dari Ho Yeon Operation Erangel Set, Ho Yeon Purple Crown - Pan, Ho Yeon Queen of Thorns Ornament, dan Ho Yeon Deadly Kiss - Kar98K.

Bagi yang belum tahu, Jung Ho Yeon merupakan artis dan model Korea Selatan yang telah meraih pengakuan global atas perannya sebagai Kang Sae-byeok di Squid Game yang tayang di Netflix.

Popularitas dan capaiannya membuat Ho Yeon kini didapuk menjadi brand ambassador untuk berbagai merek fesyen, jam, hingga perhiasan. Ho Yeon juga memenangkan berbagai penghargaan berkat perannya di Squid Game.

Karena kepiawaiannya dalam berakting, Ho Yeon bakal kembali dalam proyek serial drama thriller berjudul Disclaimer di Apple TV+. Proyek ini digarap oleh Alfonso Cuaron yang sebelumnya memenangkan Academy Award untuk film Gravity dan Roma.

Peta baru Nusa di PUBG Mobile sendiri terinspirasi dari keindahan pulau Bali. Peta terkecil di game PUBG Mobile ini merupakan hasil kolaborasi antara PUBG Mobile dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 


Map Terkecil di PUBG Mobile

Tangkapan layar PUBG Mobile di Samsung Galaxy Z Fold4 5G (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Tangkapan layar PUBG Mobile di Samsung Galaxy Z Fold4 5G (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Ukuran peta Nusa hanya 1 x 1 sehingga jadi map terkecil di permainan yang digandrungi pengguna smartphone di Indonesia ini.

Untuk bisa memainkan game di map Nusa, para player harus meng-update aplikasi PUBG Mobile mereka ke versi terbaru di HP Android atau iOS masing-masing.

Nama Nusa pada map baru tersebut diambil dari kata Nusantara. Karena ukurannya yang kecil, dalam durasi 5 menit, para pemain sudah bisa menikmati indahnya panorama di Pulau Bali.

Country Manager PUBG Mobile Indonesia, Elvarica Noviyanti mengatakan, kolaborasi dengan Kemenparekraf ini merupakan komitmen PUBG Mobile dalam mempromosikan destinasi wisata dan budaya Indonesia.

"Sebuah kebanggaan bagi kami dapat berkolaborasi dengan Kemenparekraf, dengan satu misi yang sama, yakni mempromosikan keindahan destinasi pariwisata Indonesia, dalam hal ini pulau Bali," kata Elvarica.

Ia pun berharap, map Nusa tidak hanya dinikmati penggemar PUBG Mobile di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

(Dio/Isk)

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Perbesar
Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya