Sukses

Top 3 Tekno: Daftar HP Samsung yang Kebagian One UI 5.0 hingga iPhone 14 Segera Masuk Indonesia

Sejumlah HP Samsung yang disebut akan mendapatkan One UI 5.0 berbasis Android 13 sebelum tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Ada sejumlah HP Samsung yang disebut akan mendapatkan One UI 5.0 berbasis Android 13 sebelum tahun 2023. Daftar smartphone tersebut bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (26/9/2022) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari iPhone 14 yang akan segera masuk pasar Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Deretan HP Samsung yang Bakal Kebagian One UI 5.0 Sebelum 2023, Apa Saja?

Samsung diketahui tengah mengembangkan One UI 5.0 berbasis Android 13 saat ini. Beberapa model HP Samsung bahkan sudah mendapatkan One UI 5.0 versi beta.

Usai digulirkannya versi beta, Samsung kini dilaporkan bersiap untuk merilis versi stable-nya. Hal ini diketahui dari laporan terbaru SamMobile.

Berdasarkan laporan tersebut, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (26/9/2022), ada sejumlah smartphone Samsung yang disebut akan mendapatkan One UI 5.0 berbasis Android 13 sebelum tahun depan.

Menurut laporan, deretan HP Samsung yang akan mendapatkan One UI 5.0 versi stable sebelum tahun depan adalah lini Galaxy S21 dan Galaxy S22. Selain itu, model lain yang juga akan mendapatkannya adalah Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, Galaxy Z Fold4, dan Galaxy Z Flip4.

Tidak hanya deretan seri flagship, lini Galaxy A juga dipastikan akan mendapatkan One UI versi terbaru ini pada 2022. Namun dari laporan, hanya ada satu model yang akan mendapatkannya, yakni Galaxy A53.

Kendati demikian, perlu diingat, ada kemungkinan perubahan rencana mengingat akhir 2022 hanya tinggal beberapa bulan lagi. Karenanya, menarik untuk menunggu informasi lebih lanjut dari Samsung mengenai kehadiran One UI 5.0.

Samsung sendiri diketahui telah resmi menggulirkan One UI 5 Beta berbasis Android 13 untuk para pengguna Galaxy S22 di Amerika Serikat, Jerman, dan Korea Selatan pada bulan lalu.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. iPhone 14 Segera Masuk Indonesia, Sudah Dapat Sertifikat Ditjen SDPPI RI

Perilisan empat perangkat iPhone 14 Series di Indonesia tampaknya sudah di depan mata dan tinggal menunggu pengumuman resmi.

Hal ini bisa dipastikan setelah seri iPhone 14 telah resmi terdaftar dan mendapatkan sertifikat di Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kominfo.

Sebelumnya, deretan smartphone terbaru Apple ini sudah mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dalam situs Ditjen SDPPI di sertifikasi.postel.go.id, dikutip Senin (26/9/2022), tiga nama pemohon untuk perangkat-perangkat Apple ini yaitu PT Apple Indonesia, Mapple Mitra Adiperkasa, dan PT Erajaya Swasembada Tbk.

Nomor model HP iPhone 14 Series yang terdaftar juga sama dengan yang sudah terdaftar di situs TKDN.

Empat nomor model itu adalah A2882 (iPhone 14), A2886 (iPhone 14 Plus), A2890 (iPhone 14 Pro), dan A2894 (iPhone 14 Pro Max), seperti dikutip dari berbagai sumber.

Adapun, nomor sertifikat TKDN untuk produk-produk Apple ini bernomor 4615/SJ-IND.8/TKDN/9/2022, dengan semua jenis produk memiliki TKDN sebesar 35 persen.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. DJI Osmo Mobile 6 Resmi Hadir untuk Pasar Indonesia, Berapa Harganya?

Erajaya Active Lifestyle mengumumkan kehadiran gimbal smartphone generasi terbaru untuk pasar Indonesia, yakni DJI Osmo Mobile 6. Gimbal generasi baru ini hadir dengan fitur dan kemampuan yang ditingkatkan dari generasi sebelumnya.

"Sejumlah fitur menarik bisa dimanfaatkan untuk membantu menghasilkan gambar dan video yang tiada duanya. Dengan desain yang begitu menarik dan ringkas, saya yakin DJI Osmo 6 akan menjadi produk andalan para pembuat konten," tutur CEO Erajaya Active Lifestyle Djohan Sutanto dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (26/9/2022).

Dijelaskan lebih lanjut, DJI Osmo Mobile 6 memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya perangkat ini bisa dilipat, sehingga mudah disimpan dalam saku. Lalu, ada fitur extension rod yang memberi keleluasaan pengguna untuk mengatur bidikan kamera dengan posisi tinggi maupun rendah.

Gimbal ini juga dibekali dengan 3-axis Stabilization untuk menghasilkan rekaman video bebas guncangan. DJI Osmo Mobile 6 juga dibekali dengan fitur Active Track 5.0 untuk mengunci objek secara spesifik dan akurat.

Fitur-fitur yang juga tersedia di DJI Osmo generasi terbaru ini adalah Dynamic Zoom, Hyperlapse, Timelapse, Motionlapse, Panorama, Spin Shot, dan Story Mode. Ada pula teknologi magnetic attachment agar gimbal ini bisa menopang smartphone yang dipasangkan dengan kuat.

Pengoperasian gimbal ini juga mudah, karena bisa menggunakan tombol fisik pada perangkat termasuk aplikasi DJI Mimo. Nantinya, pengguna bisa menambahkan aksesoris yang dijual terpisah, seperti Fill Light Phone Clamp berupa lampu LED yang bisa diatur tingkat kecerahan dan suhu warnanya.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.