3 Fitur Rahasia Facebook yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Ada Game Tersembunyi

Oleh Afifah Nur Andini pada 27 Sep 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi Facebook
Perbesar
Ilustrasi Facebook. (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Menurunnya tingkat popularitas Facebook tidak membuat media sosial tersebut menjadi kalah populer dibandingkan media sosial lainnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna aktif Facebook, yaitu sekitar 2,91 miliar tiap bulannya.

Jumlah tersebut terhitung cukup banyak dan mengartikan hampir seperlima dari semua orang di bumi mengakses Facebook dalam satu bulannya.

Walaupun banyak media sosial lain yang mulai menggeser posisi Facebook, kondisi ini tidak membuat Facebook berhenti memberikan penggunanya fitur-fitur menarik.

Terdapat tiga fitur tersembunyi di dalam platform yang menarik untuk ditelusuri para penggunanya.

Tiga fitur tersebut di antaranya adalah Hidden Box, fitur Your Time, dan game tersembunyi di dalam Messenger.

Fitur-fitur ini dimuat di dalam platform bertujuan agar pengguna menjadi lebih terhibur saat menghabiskan waktu di platform tersebut.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Fitur Your Time

Ilustrasi Facebook
Perbesar
Ilustrasi Facebook (Photo by Joshua Hoehne on Unsplash)

Fitur yang satu ini mirip dengan fitur Your Activity yang dimiliki Instagram. Fitur Your Time akan menunjukkan kepada pengguna berapa banyak waktu yang digunakan pengguna selama berada di dalam platform.

Fitur Your Time akan menunjukkan ketika pengguna menghabiskan waktu terlalu banyak di dalam platform. Akan tetapi, jika pengguna ingin mengatasi waktu yang terbuang sia-sia bermain Facebook, fitur ini juga bisa membantu.

Tidak hanya menampilkan data waktu yang dihabiskan bermain Facebook, fitur ini juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengatur batasan waktu penggunaan media sosial.

Dengan mengatur batasan waktu bermain media sosial ini, pengguna akan segera mendapatkan notifikasi ketika mereka bermain Facebook terlalu lama dari waktu yang sudah ditentukan.


Game tersembunyi di Messenger

Cara Mengaktifkan Dark Mode pada Facebook Messenger
Perbesar
Tampilan Facebook Messenger / Sumber: iStock

Belum banyak yang tahu kalau aplikasi Messenger juga menghadirkan beberapa game yang bisa dimainkan di dalam chat room. Hanya dengan mengirimkan kode pesan tertentu, permainan bisa langsung muncul untuk dimainkan di antara pengguna Messenger.

Misalnya, ketika pengguna mengirimkan emoji bola ke pengguna Messenger lain dan mengetuk emoji tersebut, sebuah game 'keepy-uppy' akan muncul dalam ruang chat. Cara bermainnya juga mudah, pengguna tinggal terus mengetuk bola untuk menjaganya agar tetap berada di dasar.

Selain permainan bola, ada juga permainan catur yang bisa dimainkan antara pengguna platform. Salah satu dari pengguna tinggal mengetikkan "@fbchess play" di dalam ruang chat untuk memunculkan permainan.

Sebagai alternatif, pengguna juga bisa mengklik tombol More yang terletak dalam toolbar, lalu pilih ikon controller. Dengan cara ini pengguna bisa menemukan daftar permainan yang bisa dimainkan bersama pengguna Messenger.


Fitur Hidden Box

Cara Mengetahui Pesan yang Telah Dibaca di Facebook Messenger
Perbesar
Bingung mengetahui bagaimana jika pesan Anda sudah dibaca di Facebook Messenger? Berikut caranya.

Fitur ini juga bisa disebut sebagai fitur pesan tersembunyi. Dalam fitur ini pemilik akun Facebook biasanya akan menerima pesan dari pengguna Facebook lain, tetapi tidak atau belum berteman dengan pemilik akun.

Karena di antara pengguna yang belum berteman inilah pesan yang dikirimkan akan masuk ke dalam folder Messages Request.

Sebagian besar pengguna tidak akan mengetahui adanya pesan masuk tersebut. Ini karena Facebook tidak akan menampilkan pesan yang diterima pengguna di dalam folder terserbut.

Untuk menemukan folder tersebut, pengguna bisa masuk ke dalam aplikasi Messenger dan pilih tulisan "people' yang terletak di bagian bawah layar.

Di bagian atas halaman, akan muncul sebuah pop-up dengan tiga titik kecil di dalamnya. Halaman ini merupakan folder Messages Request, dari sini pengguna tinggal memilih ruang pesan yang belum dibaca.

Perlu diketahui, pegguna juga perlu berhati-hati dalam membuka pesan yang berada di dalam folder tersebut, sebab beberapa pesan kemungkinan adalah spam.


Infografis skandal kebocoran data Facebook

Infografis skandal kebocoran data Facebook
Perbesar
Infografis skandal kebocoran data Facebook
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya