Sukses

3 Fitur Rahasia Facebook yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Ada Game Tersembunyi

Fitur Your Time dan Hidden Inbox, fitur yang sudah lama ada di media sosial lain juga hadir di Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Menurunnya tingkat popularitas Facebook tidak membuat media sosial tersebut menjadi kalah populer dibandingkan media sosial lainnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna aktif Facebook, yaitu sekitar 2,91 miliar tiap bulannya.

Jumlah tersebut terhitung cukup banyak dan mengartikan hampir seperlima dari semua orang di bumi mengakses Facebook dalam satu bulannya.

Walaupun banyak media sosial lain yang mulai menggeser posisi Facebook, kondisi ini tidak membuat Facebook berhenti memberikan penggunanya fitur-fitur menarik.

Terdapat tiga fitur tersembunyi di dalam platform yang menarik untuk ditelusuri para penggunanya.

Tiga fitur tersebut di antaranya adalah Hidden Box, fitur Your Time, dan game tersembunyi di dalam Messenger.

Fitur-fitur ini dimuat di dalam platform bertujuan agar pengguna menjadi lebih terhibur saat menghabiskan waktu di platform tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur Your Time

Fitur yang satu ini mirip dengan fitur Your Activity yang dimiliki Instagram. Fitur Your Time akan menunjukkan kepada pengguna berapa banyak waktu yang digunakan pengguna selama berada di dalam platform.

Fitur Your Time akan menunjukkan ketika pengguna menghabiskan waktu terlalu banyak di dalam platform. Akan tetapi, jika pengguna ingin mengatasi waktu yang terbuang sia-sia bermain Facebook, fitur ini juga bisa membantu.

Tidak hanya menampilkan data waktu yang dihabiskan bermain Facebook, fitur ini juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengatur batasan waktu penggunaan media sosial.

Dengan mengatur batasan waktu bermain media sosial ini, pengguna akan segera mendapatkan notifikasi ketika mereka bermain Facebook terlalu lama dari waktu yang sudah ditentukan.

3 dari 5 halaman

Game tersembunyi di Messenger

Belum banyak yang tahu kalau aplikasi Messenger juga menghadirkan beberapa game yang bisa dimainkan di dalam chat room. Hanya dengan mengirimkan kode pesan tertentu, permainan bisa langsung muncul untuk dimainkan di antara pengguna Messenger.

Misalnya, ketika pengguna mengirimkan emoji bola ke pengguna Messenger lain dan mengetuk emoji tersebut, sebuah game 'keepy-uppy' akan muncul dalam ruang chat. Cara bermainnya juga mudah, pengguna tinggal terus mengetuk bola untuk menjaganya agar tetap berada di dasar.

Selain permainan bola, ada juga permainan catur yang bisa dimainkan antara pengguna platform. Salah satu dari pengguna tinggal mengetikkan "@fbchess play" di dalam ruang chat untuk memunculkan permainan.

Sebagai alternatif, pengguna juga bisa mengklik tombol More yang terletak dalam toolbar, lalu pilih ikon controller. Dengan cara ini pengguna bisa menemukan daftar permainan yang bisa dimainkan bersama pengguna Messenger.

4 dari 5 halaman

Fitur Hidden Box

Fitur ini juga bisa disebut sebagai fitur pesan tersembunyi. Dalam fitur ini pemilik akun Facebook biasanya akan menerima pesan dari pengguna Facebook lain, tetapi tidak atau belum berteman dengan pemilik akun.

Karena di antara pengguna yang belum berteman inilah pesan yang dikirimkan akan masuk ke dalam folder Messages Request.

Sebagian besar pengguna tidak akan mengetahui adanya pesan masuk tersebut. Ini karena Facebook tidak akan menampilkan pesan yang diterima pengguna di dalam folder terserbut.

Untuk menemukan folder tersebut, pengguna bisa masuk ke dalam aplikasi Messenger dan pilih tulisan "people' yang terletak di bagian bawah layar.

Di bagian atas halaman, akan muncul sebuah pop-up dengan tiga titik kecil di dalamnya. Halaman ini merupakan folder Messages Request, dari sini pengguna tinggal memilih ruang pesan yang belum dibaca.

Perlu diketahui, pegguna juga perlu berhati-hati dalam membuka pesan yang berada di dalam folder tersebut, sebab beberapa pesan kemungkinan adalah spam.

5 dari 5 halaman

Infografis skandal kebocoran data Facebook

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.