Pengguna AirPods Max Keluhkan Fitur ANC Bermasalah Setelah Update Firmware

Oleh Afifah Nur Andini pada 27 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 08:00 WIB
White AirPods Max
Perbesar
White AirPods Max (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna AirPods Max menyampaikan keluhan mengenai fitur Active Noise Cancelling perangkat yang bermasalah, setelah melakukan pembaruan terhadap firmware AirPods. Update firmware 4E71 yang dirilis Apple sejak Mei lalu ini telah mendapatkan berbagai protes dari penggunanya, melansir dari unggahan di Reddit.

Sebelumnya, model max dari AirPods ini memang sudah menerima berbagai komplain. Model casing dari perangkat, misalnya, banyak pengguna yang kurang menyukai desain casing dari AirPods Max, karena tidak cukup aman untuk melindungi headphone dari benturan.

Bermasalahnya fitur Active Noise Cancelling menjadi salah satu masalah yang baru-baru ini disampaikan para penggunanya.

Dilansir 9to5mac, beberapa pengguna mengeluhkan bahwa fitur tersebut memburuk setelah mereka melakukan pembaruan firmware dari AirPods Max.

Belum ada pernyataan resmi mengenai pembaruan firmware 4E71 dari AirPods Max yang memengaruhi fitur yang berfungsi untuk meredam suara kebisingan tersebut. Namun, komentar-komentar keluhan dari pengguna perangkat tentang masalah tersebut ditemukan pada situs website Reddit.

Beberapa pengguna memberikan pernyataan bahwa saat sedang menggunakan AirPods Max, mereka masih bisa mendengar suara ketikan, suara mesin mobil, dan beberapa suara bising lain dari lingkungan sekitar mereka.

"Saya bisa mendengar diri saya mengetik, mobil-mobil yang lewat di jalan, dentingan beban di gym. Saya langsung menyadari hal tersebut. ANC bekerja jauh lebih baik sebelumnya, dan saya benci karena tidak ada cara untuk mengembalikannya," tulis salah satu pengguna AirPods melalui Reddit, dikutip Selasa (27/9/2022).

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kapan Apple akan memperbaiki fitur ANC AirPods Max?

Blue AirPods Max and Charging Case
Perbesar
Blue AirPods Max and Charging Case (Photo by Ravi Palwe on Unsplash)

Para pengguna AirPods Max juga sempat mengeluhkan masalah pada headphone yang tidak bisa 'berpegangan' dengan charging case-nya dengan baik. Namun, Apple sudah memperbaiki masalah ini.

Dampak berkurangnya kualitas fitur ANC dirasakan oleh hampir seluruh pengguna AirPods Max yang telah memperbarui firmware perangkat.

Sampai saat ini, belum ditemukan cara untuk mengembalikan kualitas ANC pada AirPods Max. Pengguna bisa mencoba untuk memperbaiki headphone atau mengatur ulang iOS 16 untuk opsi Personalized Spatial Audio.

Akan tetapi, hal ini tidak menjanjikan untuk memperbaiki masalah fitur ANC ini.

Kabar baiknya datang dari perusahaan yang beberapa bulan terakhir sedang melakukan pengujian terhadap firmware terbaru untuk AirPods Max.

AirPods Max nantinya akan menerima fitur baru codec LC3 untuk meningkatkan kualitas panggilan audio. Namun, belum bisa dipastikan apakah perusahaan juga berusaha untuk memperbaiki masalah fitur Active Noise Cancelling ini.


Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan. (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan
Perbesar
Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya