Sukses

Realme Ingin Adopsi Dynamic Island ala Apple di Ponselnya?

Realme menggelar "tantangan" untuk para penggemarnya, membantu menciptakan "Realme Island" yang mengembangkan kamera selfie hole-punch

Liputan6.com, Jakarta Dynamic Island jadi salah satu fitur inovatif yang dihadirkan Apple melalui iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max beberapa waktu yang lalu.

Tak ayal, fitur ini pun jadi salah satu yang banyak dilirik oleh pengguna, bahkan beberapa vendor smartphone Android, di mana salah satunya yang disebut-sebut adalah Realme.

Mengutip 9to5Google, Selasa (26/9/2022), Realme secara eksplist mengonfirmasi rencana mereka untuk mengerjakan fitur ala Dynamic Island untuk smartphone Android buatannya.

Hal ini diketahui dalam sebuah postingan di forum, di mana Realme menggelar "tantangan" untuk para penggemarnya, membantu menciptakan "Realme Island" yang mengembangkan kamera selfie hole-punch.

Realme mengatakan, ruang ini dapat digunakan untuk "menampilkan panggilan telepon masuk, peringatan, pemberitahuan, dan banyak lagi" karena berubah menjadi berbagai bentuk dan ukuran dari sekitar kamera.

Tentu saja, ini terdengar sangat mirip dengan Dynamic Island Apple, namun dengan elemen yang lebih sentral hadir di User Interface tersebut.

Di iPhone, Dynamic Island Apple menampilkan konten seperti tampilan aplikasi yang diperkecil, musik yang sedang diputar, dan lain-lain. Sementara berdasarkan deskripsi Realme, versi mereka mungkin akan dapat digunakan lebih sering.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bos Xiaomi Tanya Soal Dynamic Island di Redmi K60?

Diketahui, bukan hanya Realme yang penasaran untuk mengadopsi fitur Dynamic Island ala Apple.

Bos Xiaomi Lu Weibing, baru-baru ini juga menanyakan ke fans Xiaomi alias Mi Fans: "Apakah Anda benar-benar membutuhkan Dynamic Island di Redmi K60?".

Terkait pertanyaan sang President Xiaomi Group China Lu Weibing, ia tampaknya ingin tahu perlukah Redmi K60 mengadopsi fitur iPhone 14 Pro series tersebut.

Mengutip Gizchina, Senin (19/9/2022), berdasarkan informasi yang beredar, Redmi K60 series bakal dirilis di Tiongkok pada kuartal pertama 2023.

Varian Redmi K60 akan didukung chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan ada pula yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Sayangnya masih sangat sedikit informasi yang beredar mengenai perangkat ini.

 

3 dari 4 halaman

Dynamic Island Bakal Banyak Ditiru

Sebagai informasi, Dynamic Island adalah pengganti notch di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Berbeda dengan notch atau poni ponsel pada umumnya, cutout di iPhone 14 Pro series kini bernama Dynamic Island.

Dynamic Island memadukan hardware dan software yang membuat pengguna bisa berinteraksi dengan iPhone melalui cara baru. Fitur ini bisa menghasilkan latar hitam yang bisa memperlihatkan notifikasi dari aktivitas aplikasi iPhone yang berjalan di background.

Sejumlah YouTuber teknologi, termasuk Marques Brownlee (MKBHD) berpendapat, "dalam 18 bulan mendatang, Dynamic Island bakal jadi fitur yang paling banyak ditiru oleh vendor smartphone lainnya."

Sementara itu, Pembesut Smartisan and Hammer Technology Luo Yonghao menyebut, notch Dynamic Island sangatlah luar biasa, namun ia berkata perangkat Android tidaklah memerlukan Dynamic Island.

 

4 dari 4 halaman

Fitur Paling Signifikan di iPhone 14 Series

Terlepas dari ditiru atau tidaknya Dynamic Island, fans Xiaomi pun memberikan komentar atas pertanyaan Lu Weibing. Beberapa fans berharap Redmi K60 bakal hadir dengan Dynamic Island.

Dynamic Island banyak disebut sebagai fitur paling signifikan di iPhone 14 Pro series. Lebih dari 40 use case akan tersedia di Dynamic Island, termasuk untuk mendukung aplikasi pihak ketiga dan aplikasi asli dari iOS 16.

Dynamic Island sendiri akan membesar ketika pengguna menekannya agak lama. Pengguna bisa menjeda dan menghentikan timer langsung dari Dynamic Island. Hal sama juga berlaku untuk aplikasi FaceTime dan Apple Music.

Pada Dynamic Island, beberapa aktivitas sistem seperti mengaktifkan mode fokus atau mencolokkan iPhone bakal memunculkan animasi.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.