iOS 16.1 Akan Tampilkan Persentase Baterai ke Semua Model iPhone

Oleh Yuslianson pada 25 Sep 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2022, 15:00 WIB
Tampilan iOS 16
Perbesar
Tampilan iOS 16 (Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja meluncurkan dua update iOS 16.1 beta sejak secara resmi merilis iOS 16 untuk seluruh pengguna iPhone dimanapun mereka berada.

Lewat iOS 16.1 beta ini, perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu akan memboyong persentase baterai ke semua model iPhone.

Yup, sebelumnya indikator persentase baterai ini hanya akan tersedia untuk pengguna iPhone model baru.

Bagi pemilik, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12 mini, dan iPhone 13 mini indikator persentase baterai ini tidak akan muncul meski sudah update ke iOS 16.

Apple menyebutkan, absennya persentase baterai di model ini dikarenakan agar ada ruang untuk berbagai sensor, seperti kamera dan mikrofon.

Selain itu, sejumlah pengguna iPhone juga tidak terlalu suka dengan desain ikon persentase baterai yang baru tersebut.

Setelah menerima banyak kritikan, Apple berniat untuk mendesain ulang ikon persentase baterai tersebut lewat update iOS 16.1, sebagaimana dikutip dari Cnet, Minggu (25/9/2022).

Tak hanya itu, perusahaan juga akan membawa tampilan persentase baterai ini ke seluruh model iPhone yang ada di pasaran saat ini.

Sayangnya, masih belum diketahui secara pasti kapan iOS 16.1 ini akan meluncur secara global.

Toh, Apple baru saja merilis update iOS 16.0.2 untuk memperbaiki sejumlah bug khususnya di iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Informasi, pekan ini sejumlah pengguna iPhone 14 Pro dan Pro Max mengeluhkan kamera utama di ponsel mereka bergerak tak terkendali ketika membuka aplikasi ketiga, seperti TikTok, Instagram, dan Snapchat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Apple Sebar Update iOS 16.0.2

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang kini tampil dengan desain punch-hole. (Dok: Apple)

Apple memenuhi janjinya untuk merilis update iOS 16.0.2 untuk mengatasi sejumlah bug bagi seluruh pengguna iPhone secara global.

Lewat update iOS 16.0.2 ini, Apple memperbaikin sejumlah bug tak hanya untuk pengguna iPhone 14 tetapi juga model lainnya.

Salah satu bug yang menjadi masalah adalah kamera di iPhone 14 Pro, dimana pengguna mendapati lensa bergerak tak terkendali saat membuka aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, update iOS 16 ini juga memperbaiki bug dimana muncul jendela copy dan paste setiap kali pengguna meng-highlight teks.

Berikut ini adalah deskripsi update iOS 16.0.2 yang baru saja dirilis oleh Apple.

Pembaruan ini menyediakan perbaikan bug dan update keamanan penting untuk iPhone Anda meliputi:

– Kamera bergetar sendiri dan menyebabkan foto buram saat memotret dengan beberapa aplikasi pihak ketiga di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

– Tampilan mungkin tampak benar-benar hitam saat proses setup.

– Copy dan paste antar aplikasi dapat menyebabkan permintaan izin muncul lebih dari yang diharapkan.

– VoiceOver mungkin tidak tersedia setelah reboot.– Mengatasi masalah ketika input sentuh tidak responsif pada beberapa tampilan iPhone X, iPhone XR, dan iPhone 11 setelah diservis.

 


Kamera iPhone 14 Pro Bermasalah Saat Buka IG dan TikTok

iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

Adapun laporan tersebut diungkap oleh banyak pengguna di platform media sosial, seperti Twitter, Reddit, TikTok, dan forum.

Dilansir Macrumors, Senin (19/9/2022), kamera belakang iPhone 14 Pro bergentar saat membuka aplikasi pihak ketiga, seperti Snapchat, TikTok, dan Instagram.

Karena hal tersebut, seluruh video yang diambil menggunakan kamera saat membuka aplikasi media sosial tersebut terlihat goyang.

Akan tetapi, masalah ini tidak mempengarui ketika pengguna membuka aplikasi kamera bawaan di iPhone 14 Pro.

Hingga kini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab utama lensa kamera di iPhone 14 Pro ini bergerak tak terkendali saat membuka aplikasi lain.

Diketahui, lensa utama di iPhone 14 Pro memiliki fitur stabilisasi gambar optik (OIS) generasi kedua dimana sensor kamera dapat bergerak ketika pengguna mengambil video dalam kondisi goyang atau berlari.

Diyakini, masalah utama kamera belakang iPhone 14 Pro ii terjadi karena ada bug di sisi software iOS 16.

Selain model Pro, iPhone 14 Pro Max kabarnya juga mengalami masalah serupa di kamera belakangnya.

Hal ini diungkap oleh YouTuber, Luke Miani. Dia mengatakan, lensa kamera belakang iPhone 14 Pro Max miliknya juga bergetar tak terkendali saat dipakai. 

(Ysl/Dam)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya