Pengguna Android Bisa Rasakan Fitur Dynamic Island Milik iPhone 14 Pro

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 24 Sep 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 10:00 WIB
Samsung Galaxy S22 Ultra
Perbesar
Ilustrasi menulis dengan S Pen di Samsung Galaxy S22 Ultra. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Android mungkin belum lama ini dibuat iri dengan kehadiran fitur baru iPhone yang bernama Dynamic Island.

Dynamic Island secara terbatas hadir di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, sementara iPhone 14 standar pun belum kebagian fitur tersebut.

Banyak pihak meramalkan vendor ponsel Android bakal meniru Dynamic Island di perangkat berikutnya. Pasalnya, Dynamic Island memungkinkan pengguna berinteraksi dengan iPhone via cutout berbentuk pil di iPhone dengan cara yang lebih interaktif.

Kini, tanpa perlu menunggu kehadiran smartphone Android yang dibekali fitur Dynamic Island, tampaknya sudah ada pengembang aplikasi yang menghadirkan Dynamic Island ke Android.

Aplikasi yang memungkinkan pengguna Android merasakan Dynamic Island bernama DynamicSpot. Aplikasi ini dikembangkan oleh pengembang Jamowo dan kini tersedia sebagai unduhan akses awal di Google Play Store.

Mengutip The Verge, Sabtu (24/9/2022), saat ini pengguna Android bisa memeriksa aplikasi tersebut secara gratis. Sekadar informasi, aplikasi DynamicSpot ini memungkinkan pengguna menyesuaikan posisi dan ukuran "Island" berdasarkan letak notch atau punch hole yang ada di perangkat Android masing-masing pengguna.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Ada Fitur Berbayar

iPhone 14 Pro
Perbesar
iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

Namun, untuk menambahkan beberapa fungsi yang lebih canggih seperti menampilkan Island di lock screen atau mengetuk ikon untuk membuka aplikasi, pengguna harus memerlukan pembelian tambahan (in-app purchase) sebesar USD 4.99.

Perlu diingat, seperti aplikasi lainnya yang masih dalam tahap akses awal, tidak semua fungsi bakal berjalan seperti yang dimaksudkan.

Selain itu, karena aplikasi ini bukanlah fitur natif pada OS Android, diperlukan kehati-hatian untuk membuat semuanya bekerja dengan mulus.

Sekadar informasi, aplikasi DynamicSpot sebagian terasa seperti hanya tambahan estetika dan kurang banyak fungsionalitas canggih seperti yang bisa dilakukan pengguna di Dynamic Island versi Apple. Namun versi berbayar dari aplikasi DynamicSpot ini menyertakan opsi untuk mengubah cara ketukan dan penekanan berinteraksi dengan notifikasi pengguna.


Apa Itu Dynamic Island?

Tampilan iPhone 14 Pro series
Perbesar
Tampilan iPhone 14 Pro series (Foto: Apple Newsroom)

Sebelumnya pertengahan September lalu, Apple mengumumkan kehadiran iPhone 14 series. Tak ada kejutan dari iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, versi terendah dari seri smartphone baru Apple.

Kejutan justru datang dari seri Pro. Ya, Apple merilis iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max belakangan. Yang bikin orang terkejut adalah kehadiran Dynamic Island.

Dalam keterangannya, Apple menyebut, cutout di layar berbentuk mirip pil itu sebagai Dynamic Island. Dynamic Island memberi cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan iPhone.

"Tujuan kami adalah merancang ruang yang menampilkan notifikasi dan aktivitas latar belakang dengan cara menyenangkan. Saat pengguna menerima notifikasi, Dynamic Island akan memberi tahu mereka," kata Apple saat merilis iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Mengutip keterangannya, Dynamic Island memadukan hardware dengan software. Di mana bagian hitam di layar atas iPhone ini bisa secara realtime menampilkan notifikasi dan aktivitas yang dilakukan pengguna.


Beri Notifikasi ke Pengguna dengan Cara Baru

iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch
Perbesar
iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Misalnya saat pengguna mendengarkan lagu, Dynamic Island bakal menampilkan lagu apa yang tengah diputar. Saat pengguna menelepon, Dynamic Island memperlihatkan panggilan berlangsung.

Dengan begitu, pengguna bisa mengakses kontrol aktivitas yang sedang dilakukannya di iPhone dengan lebih mudah dengan cara tap-and-hold sederhana.

Aktivitas di layar belakang yang sedang berlangsung dan bisa ditampilkan di Dynamic Island mulai dari Map, Music, timer, telepon, hingga aplikasi ketiga di iOS 16.

Kehadiran Dynamic Island jelas ditujukan untuk memberikan informasi notifikasi ke pengguna tanpa harus keluar dari aplikasi yang tengah dibuka.

Contohnya, pengguna bisa melihat dari Dynamic Island perjalanan Lyft (taksi online) mereka berjarak dua menit tanpa harus keluar dari pesan iMessage yang sedang dibukanya.

Penggunaan lain, ketika sedang terhubung ke AirPods, Dynamic Island bisa menunjukkan berapa persentase daya AirPods.

Ketika pengguna mendapatkan notifikasi di Dynamic Island, cutout hitam kecil di atas layar iPhone itu akan terlihat melebar dan memberikan informasi relevan dari aplikasi lain tengah berjalan di background.

(Tin/Ysl)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya